Tempat Wisata apa yang harus dikunjungi ketika berada di Miyajima?

Miyajima adalah pulau di laut dalam Jepang, terletak di barat laut pelabuhan Hiroshima. Nama asli pulau ini adalah Itsukushima, tetapi lebih popular dengan nama Miyajima yang berarti pulau kuil-kuil. Sejak dulu penduduk Miyajima sangat menghormati alam. Lansekap pulau ini dan gunung Misen dikelilingi oleh hutan alam yang lebat, yang bahkan tetap gelap di siang hari, memberikan nuansa kebesaran alam yang dirasakan oleh penduduk setempat. Sampai sekarang pun di pulau ini tidak terdapat kota besar, hanya kota kecil dengan rumah-rumah yang sederhana serta toko-toko kecil. Namun, adakah wisata yang bisa dikunjungi saat kita pergi ke Miyajima?

Berikut tempat yang harus dikunjungi ketika berada di Miyajima:

  1. Kuil Itsukushima
    Jika membicarakan tempat wisata di Miyajima, tempat paling populer yang terlintas di kepala adalah Kuil Itsukushima, yaitu kuil yang terdaftar sebagai salah satu warisan budaya dunia. Sejarah Kuil Itsukushima sudah ada sejak zaman dahulu, tetapi tatanannya menjadi seperti ini sejak abad ke-12. Sambil menyusuri lorong di atas pantai, pengunjung dapat melihat bangunan utama yang ada di dalam kuil dan panggung seni noh (teater klasik Jepang). Di dalam area Kuil Itsukushima pun terdapat banyak tempat untuk mengambil foto kenang-kenangan yang cantik.

  2. Senjokaku dan Gojunoto
    Nama formal dari Senjokaku adalah “Kuil Hokoku". Hideyoshi Toyotomi, pemimpin militer pada zaman Sengoku, membangun tempat ini sebagai kuil Buddha pada tahun 1587. Kuil ini menjadi kuil Shinto karena adanya pemisahan kepercayaan Buddha dan Shinto pada zaman Meiji. Sejak saat itu, kuil ini dikenal sebagi Kuil Hokoku. Terdapat kuil kecil di dalam bangunan utama. Bagian langit-langitnya dihiasi dengan lukisan yang disenangi orang-orang pada zaman dulu. Gojunoto yang menjulang tinggi di depan Senjokaku adalah pagoda yang dibangun pada abad ke-15, yaitu pada masa dinasti Ming dan masa diselenggarakannya perdagangan, dan juga pertukaran budaya.

  3. Kuil Daishoin
    Kuil Daishoin yang terletak di gunung yang terpisah dari Pantai Miyajima adalah kuil Buddha aliran Shingon (aliran yang eksis sejak zaman Heian). Kuil ini memiliki hubungan yang dalam dengan Kuil Itsukushima. Setelah melewati gerbang besar dan menaiki tangga, susunan beberapa bangunan utama kuil dan bangunan lainnya berjajar mencapai area Kuil Daishoin yang luas. Silakan coba lihat dengan baik ciri khas bangunan yang mewakili arsitektur kuil Jepang. Pengunjung dapat juga memasuki kannondo. Di sini pengunjung juga bisa melihat barang-barang yang digunakan untuk upacara peringatan dan suna mandala (bentuk paling formal dari skema visual pencerahan pikiran Buddha) langka dari Tibet. Pemandangan pantai dan Kota Hiroshima yang terlihat dari area dalam Kuil Daishoin juga menjadi salah satu daya tarik kuil ini.

Sumber: