Tempat wisata apa saja yang bagus saat liburan ke Banten?

Saya ingin pergi ke luar kota untuk traveliing, yang saya pilih pada travelling kali ini saya ingin travelling ke daerah Banten, ada yang tahukah apa saja tempat wisata yang bagus di daerah Banten?

Waahhh Banten memiliki banyak tempat wisata yang tidak boleh terlewatkan jika travelling ke Banten. Banten merupakan bagian dari pulau jawa juga loh. Di Banten banyak tempat wisatanya, ini dia tempat wisata yang ada di Banten:

1. Pantai Sawarna

Pantai-Sawarna

Tempat wisata di banten yang pertama adalah pantai sawarna yang sudah tak asing di telinga masyarakat. Salah satu wisata pantai yang ada di Banten adalah Pantai Sawarna yang menjadi wisata utama kota banten. Di sini kita dapat menyaksikan keindahan alam yang masih terjaga dan begitu alami, dengan pasir putih luas terbentang dan air laut yang warnanya biru bening.

Ditambah perbukitan hijau mengelilinginya, obyek wisata yang satu ini menjadi tempat wisata yang cocok untuk bersantai bersama keluarga atau sekedar memanjakan mata. Alamat : Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten.

2. Tanjung Lesung

Tanjung-Lesung

Lagi, wisata pantai dengan batuan karang dan panorama alami yang ada di Banten bernama Tanjung Lesung. Pantai ini mempunyai pasir berwarna putih dengan bentuk karangnya yang unik. Rancangan pantai ini bernuansa khas Bali.

Wisatawan lokal bahkan turis mancanegara banyak yang datang berkunjung untuk menikmati indahnya obyek wisata Tanjung Lesung. Pantai tanjung lesung terkenal dengan pantai dengan angin sedang, sehingga sangat cocok untuk melakukan olahraga baik, seperti berselancar dengan ombak yang pas. Tak hanya itu, pantai yang ditumbuhi pohon-pohon kecil di sekitarnya ini menambah nilai plus pantai dengan kerindangannya dan lingkungan yang masih asri.
Alamat : daerah Labuan, Banten.

3. Pulau Burung

Pulau-Burung

Tempat wisata di banten selanjutnya ada pulau burung. Pulau Burung atau Pulau Dua adalah tempat wisata bahari di Banten yang memiliki laut yang indah. Keunikan pulau yang satu ini adalah, tiap tahun banyak jenis burung yang berkunjung kemari. Ada sekitar 60 jenis burung dari bermacam negara yang datang pada bulan April-Agustus.

Selain beraneka ragam burung, di sini pun terdapat bermacam jenis ikan laut. Luas wilayah Pulau Burung yaitu sekitar 30 hektar. Ribuan burung yang datang, asalnya dari Benua Afrika, Australia, dan Asia. Untuk sampai ke obyek wisata Pulau Burung, anda dapat menyewa perahu motor atau perahu tradisional. Jika anda senang berjalan kaki, ke Pulau Burung juga dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama 15 sampai dengan 30 menit melewati daerah pertambakan yang ada di Desa Sawah Luhur, Kasemen. Pulau ini kini telah menyatu dengan daratan Jawa karena adanya proses sedimentasi.

4. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan kawasan konservasi alam yang ada di Indonesia dan berperan penting untuk dunia. Beberapa daya tarik obyek wisata ini adalah adanya hutan tropis dataran rendah yang mempesona serta badak bercula satu.

Taman Nasional Ujung Kulon adalah habitat alami dari bermacam hewan yang dilindungi. Contoh hewannya yaitu badak jawa, banteng, babi hutan, kukang, beraneka ragam burung dan primata, rusa, sampai dengan kijang. Untuk menuju lokasi ini bisa menggunakan perahu. Fasilitas yang ada di Ujung Kulon antara lain jaringan listrik, air, telekomunikasi yang baik, penginapan, pusat informasi, sampai dengan sarana transportasi juga lengkap.

5. Pulau Umang

Pulau-Umang

Pulau Umang terkenal dengan keindahan pantainya. Pulau ini letaknya tak jauh dari obyek wisata Tanjung Lesung. Ada sebuah resort yang memiliki sentuhan artistik alami di Pulau Umang. Fasilitas yang ditawarkan oleh resort tersebut antara lain ruang pertemuan, spa, sunset lounge, kolam renang, dan lain-lain.

Luas lokasi wisata ini kurang lebih 5 hektar. Pengelola lokasi wisata adalah perusahaan swasta yang melengkapinya dengan beragam fasilitas rekreasi dan hiburan untuk pengunjung yang tengah liburan di sini. Untuk dapat sampai ke lokasi wisata, cukup mudah. Tersedia penyewaan mobil dari Jakarta ke Pulau Umang yang memang khusus disediakan pihak pengelola. Selain itu, akan mudah menjangkaunya dari Ujung Kulon.

6. Pantai Sambalo

Pantai-Sambolo

Apabila anda menyukai olahraga air, anda bisa memilih Pantai Sambolo sebagai destinasi wisata. Mengajak keluarga untuk berlibur di sini, tentu akan sangat menyenangkan.

Aktivitas yang bisa dilakukan tatkala berada di sini antara lain adalah berenang, selancar, menikmati kuliner di sekitar kawasan Sambolo. Keindahan pantai yang mempesona dengan pasir putihnya, membuat kita betah untuk tinggal lebih lama. Maka tek heran bila pengunjung pantai ini akan selalu bertambah dan tak pernah sepi setiap harinya.

7. Pantai Marbella

Pantai-Marbella

Wisata pantai ini dinamakan Pantai Marbella karena lokasinya memang tepat ada di depan hotel bintang lima tepi pantai bernama Hotel Marbella. Pantai Marbella memiliki suasana yang bersih dengan saung yang banyak di tepi pantainya.

Pantai yang dekat dengan Pantai Sambolo ini ramai dikunjungi terlebih ketika liburan tiba. Dan tempat ini pun cocok untuk wisata romantis pengantin baru. Bagi pasangan pengantin baru dapat melakukan bulan madu ke tempat ini, yang akan ditemani pemandangan yang indah dari birunya air laut dan pasir pantai yang lembut dan putih.

8. Perkampungan Suku Baduy

Suku asli Banten yang telah bertahun-tahun menetap di sini adalah suku baduy. Keunikan dari Perkampungan Suku Baduy adalah kita akan disuguhi pemandangan betapa murninya budaya suku tersebut serta adat istiadatnya.

Di sini kita tak hanya bersenang-senang saja, melainkan juga dapat mempelajari dan mengenal lebih jauh adat istiadat suku baduy. Lingkungan yang asri menjadi fokus utama wisatawan dalam berkunjung ke tempat ini. Alamat : Kabupaten Pandeglang, Banten.

Sumber :