Tempat tinggal dewa di Gunung Batur

Hai dictioners, kali ini aku mau membahas cerita misteri dari salah satu gunung di Pulau Bali, yaitu Gunung Batur. Gunung Batur merupakan sebuah gunung berapi aktif di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, Indonesia. Gunung batur tidak terlalu tinggi. Untuk sampai puncaknya butuh waktu 2-3 jam. Lokasinya berada di daerah kintamani. Gunung batur termasuk gunung berapi yang masih aktif. Dulu sudah sering meletus. Orang bali percaya, gunung batur sebagai tempat tinggal para dewa yang menguasai jagat raya ini. nama dari gunung ini juga banyak sekali. Ada yang menyebutnya dengan gunung kembar, gunung inrakila, gunung ideran dan lain sebagainya. Memang tidak ada misteri khusus yang ada di gunung batur ini. tapi banyak orang yang merasa ada sesuatu yang aneh di gunungnya dan harus tetap dijaga dengan baik. sebenarnya apa yang ada di gunung batur ini? Apa kalian mengetahui kisahnya?

menurut sumber yang saya baca, Pada suatu masa, saat pulau Bali masih sunyi tak berpenduduk, mengapung di tengah samudera yang luas. Kala itu, pulau Bali hanya memiliki 4 gunung saja. Di antaranya adalah.

  1. Gunung Karu di sebelah barat
  2. Gunung Andakasa di sebelah selatan
  3. Gunung Beratan di sebelah utara
  4. Gunung Lempuyang di sebelah timur

Sejatinya 4 gunung tersebut belum mampu memaku pulau Bali, sehingga masih belum stabil dan mengambang di atas samudera luas. Kemudian hal ini diketahui oleh para Dewa yang bernaung di gunung Semeru. Sekedar informasi, sampai saat ini masyarakat Bali percaya bahwa gunung Semeru merupakan Pura utama.