Tempat Belanja Oleh-Oleh Murah di Objek Wisata Terkenal

Traveling dan belanja oleh-oleh bagai siang dan mataharinya. Keduanya selalu ada bersama-sama dan tidak bisa dilepaskan satu dengan lainnya. Kalau kamu hobi berpergian ke tempat wisata pastinya kamu ingin membawa oleh-oleh yang berasal dari lokasi wisata tersebut. Nah, apabila orang yang sedang berwisata memiliki anggaran sedikit tetapi pastinya ia ingin tetap membeli oleh-oleh. Berikut tempat belanja oleh-oleh murah di objek wisata terkenal.

1. Yogyakarta

Yogyakarta memiliki cukup banyak tempat belanja murah yang cukup mengasyikkan. Bahkan ada banyak orang sengaja beli suvenir di sini lantaran harganya terpaut jauh. Oh ya, kalau kamu ingin belanja murah meriah, coba datangi kawasan Jalan Maioboro tidak jauh dari Stasiun Tugu. Di sana banyak sekali toko oleh-oleh yang menjajakan barangnya mulai dari gantungan kunci hingga aneka baju batik.

Sebelum kamu membeli barang di sekitaran Malioboro, usahakan untuk pandai menawar. Jika pedagang memberikan harga pangkas hingga 50%. Jangan mau dipaksa untuk membeli dan pura-puralah untuk jual mahal. Selanjutnya, jangan berlagak seperti wisatawan. Bagi yang bisa Bahasa Jawa bisa menggunakan bahasa itu untuk menawar agar lebih murah. Percayalah penampakan menentukan harga dari barang.

2. Bandung

Tidak bisa disangkal lagi kalau Bandung adalah surganya wisata belanja di kawasan Jawa Barat. Kawasan ini memiliki cukup banyak spot belanja yang tidak hanya murah meriah tapi juga banyak pilihan barang. Bagi yang menyukai barang-barang distro, Bandung adalah surganya, terutama di kawasan Cihampelas dan juga Cibaduyut.

Bagi mereka yang suka dengan tas dan juga sepatu buatan tangan, silakan datang ke Cibaduyut. Di kawasan ini banyak sekali pedagang yang menawarkan tas dan juga sepatu dari kulit. Sebelum membeli oleh-oleh dari kawasan ini, pastikan untuk melihat harga dan kualitasnya. Jika susuai, beli, jika tidak jangan. Jangan mudah terbuai rayuan dari pembeli yang ada di sana. Oh ya, kalau kamu ingin sepatu atau tas sesuai dengan desain sendiri, pedagang bisa membuatkannya, api butuh 1-2 minggu hingga selesai.

3. Malang

Sebagai kota nomor dua terbesar di Jawa Timur, Malang memiliki cukup banyak tempat wisata yang menarik. Jika Anda berada di Malang, jangan lupa untuk berbelanja oleh-oleh di beberapa kawasan terkenal yang murah meriah. Misal untuk aneka keripik bisa ke kawasan Sanan. Untuk oleh-oleh yang lebih lengkap bisa pergi ke kawasan Pasar Besar yang letaknya tidak jauh dari alun-alun.

Saat berada di Pasar Besar Malang, usahakan untuk pandai menawar harga. Meski harganya cukup murah dibandingkan dengan yang lain, jika bisa dapat separuh harga kan lumayan. Kemampuan menawar juga akan lebih prima jika menggunakan Bahasa Malangan yang suka dibolak-balik. Oh ya, disarankan untuk membawa teman dari Malang jika ingin harga yang jauh lebih murah.

Bali

Begitu mendengar Bali mungkin kita bakalan ketar-ketir dengan harga barangnya yang selangit. Akhirnya kalau mau beli oleh-oleh jadi suka was-was. Kalau uangnya tidak cukup bisa saja kamu tidak ada ongkos untuk pulang. Kalau tidak beli kok ya eman-eman sekali. Sudah jauh-jauh dari Bali kok tidak membeli apa-apa.

Kalau kamu ingin belanja dengan harga yang murah, disarankan untuk datang ke Pasar Sukawati saja. Di tempat ini, banyak sekali oleh-oleh dijajakan dengan harga murah, tapi kamu harus pandai menawarnya. Biasanya pedagang memang sengaja memasang dengan harga tinggi. Tugas kamu adalah menawarnya dengan harga serendah-rendahnya. Jangan berfokus pada satu penjual saja. Berkelilinglah seolah-oleh jual mahal. Beberapa orang menyarankan untuk datang pada pagi hari saja. Biasanya saat masih sepi, penjual lebih mudah ditawar. Saat siang, pedagang akan gantian jual mahal karena pengunjung sudah membludak.

Lombok

Sebelah dua belas dengan Bali, Lombok juga dikenal cukup mahal untuk oleh-oleh. Namun, jika tahu tempat belinya, kamu bisa mendapatkan apa saja yang diinginkan dengan murah dan tanpa ribet. Salah satu tempat belanja oleh-oleh di Lombok yang terkenal murahnya adalah Oleh-Oleh dan Kerajinan Bayan.

Di toko ini, kamu tidak perlu lagi tawar-menawar lagi. Semua harga sudah dibanderol dengan nominal yang cukup murah meriah. Oh ya, saat berbelanja di sini usahakan membeli sesuatu yang kecil dan mudah dibungkus ya. Tidak mau kan jauh-jauh beli barang kalau ujung-ujungnya rusak di jalan.