Teknologi pintar (Smart technology) membuat kita bodoh (dumb)

  • Agree
  • Not Agree

0 voters

Dengan semakin mudahnya informasi diakses oleh siapa pun dan kapan pun – setiap saat menjadikan informasi tak lagi berharga. Sekali klik, sebuah informasi dalam hitungan detik telah tersebar ke seluruh penjuru dunia. Itu lah dampak dari era globalisasi – tak ada sekat ruang dan masa.

Seperti hal nya dalam mengedit poto jaman sekarang banyak aplikasi pengedit foto seperti Camera 360 ,Prisma,Picsart dan lain sebagai nya .Padahal jaman sebelum mengenal aplikasi pengedit foto seperti aplikasi pengedit foto yang sekarang sedang eksis kebanyakan para editor foto menggunakan sebuah aplikasi profesional seperti Photoshop

Di era jaman sekarang banyak Smartphone yang menggunakan teknologi mutakhir sebagai pendongkrak penjualan mereka lantas itu juga membuat para pengguna atau biasa disebut USER merasa dimanjakan dengan ada nya teknogi pintar saat ini
bukan hanya itu saja sekarang media informasi yang menggunakan teknologi pintar tersebut, tetapi bukan halnya dampak positif yang diperoleh melainkan dampak negatif seperti berita berunsur SARA,clickbait,bahkan berita palsu yang tentu tidak jelas asal usul nya.

Apakah anda setuju bahwa teknologi pintar (Smart technology) membuat kita bodoh (dumb) ?

:negative_squared_cross_mark: Not Agree


SMART TECHNOLOGY

Saya pribadi tidak setuju bahwa teknologi membuat kita bodoh (dumb). Mengapa?
Pertama, sebelum saya mengutarakan argumen saya, lebih baik kita telusur dulu apa itu SMART TECHNOLOGY.

Teknologi sendiri menurut kbbi mempunyai arti metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis. Lalu, seiring perkembangan zaman kata smart juga seringkali muncul di depan kata teknologi. Apakah yang membedakan teknologi yang dulu dan smart technology? Menurut blog ini, kata smart sendiri menambahkan fungsi teknologi untuk bisa mendapatkan masukan dari suatu tempat dan menerapkan “brainpower” sehingga mampu melakukan beberapa tindakan.

Berikut adalah alasan mengapa saya tidak setuju bahwa smart technologi membuat kita menjadi bodoh (dumb):

  • Manusia yang Well-Informed

Fitur internet yang sekarang sudah tertanam di dalam smartphone ini memudahkan kita terhubung dengan internet secara praktis dan mudah. Hal ini tentu saja membuat kita menjadi manusia yang well-informed.

  • Melatih Bepikir dengan Kritis

Menurut Vint Cerf – selaku “the father of the internet”, mendapatkan informasi dari internet justru mengharuskan kita sebagai pengguna mengembangkan kemampuan berpikir secara kritis. Jika kita sebagai pengguna tidak mengembangkan kemampuan ini, kita malah akan menjadi “korban” kebohongan yang sering tersebar di berbagai media.

Dengan alasan diatas, saya tidak setuju jika smart technology dikatakan membuat kita bodoh(dumb).

Sumber:

Are Smart Phones Making Us Dumb? - Vint Cerf
http://kbbi.web.id/teknologi
https://www.quora.com/What-makes-a-smartphone-smart-1

:white_check_mark: Agree

Kemajuan Teknologi Membuat Manusia Semakin Bodoh

Semangkin majunya teknologi yang ada saat ini malah membuat otak manusia menjadi bodoh, teknologi yang ada saat ini membuat manusia malas melakukan sesuatu untuk berpikir.

Kemajuan teknologi yang mengakibatkan manusia menjadi bodoh diteliti oleh seorang seorang profesor Stanford University hasil penelitianya menunjukan bahwa semangkin maju teknologi mengakibatkan otak manusia bermutasi menjadi semangkin bodoh.

“Kemampuan intelektual tertinggi pada manusia terjadi saat manusia berada di era nonverbal dan liar. Saat itu, mereka harus memikirkan cara-cara untuk tidak dimakan oleh binatang liar,” kata Gerald Crabtree, peneliti utama dari studi yang diterbitkan dalam jurnal Trends in Genetics, seperti dilansir New York Daily News.

Pada jaman dahulu manusia berusaha untuk mempertahankan diri untuk tetap bertahan dari kerasnya alam namun karena perkembangan jaman dan teknologi yang ada saat ini membuat manusia sudah tidak harus takut dengan ancaman alam, teknologi yang ada saat ini sudah membuat hidup manusia lebih mudah banyak hal yang bisa dilakukan oleh teknologi inilah yang membuat manusia semagkin malas untuk berpikir.

“Mutasi ini akan membahayakan fungsi intelektual manusia dan kita harus tahu bagaimana masing-masing mutasi dapat berinteraksi antara satu sama lain dan adanya proses lain, seperti pengaruh lingkungan,”kata Gerald Crabtree.

Para ilmuan menciptakan benda benda cangih yang ada saat ini bukanlah untuk membuat manusia menjadi semngkin bodoh melainkan untuk membatu manusia agar lebih mudah untuk menjalani hidup hal ini bukan berati manusia harus tergantung dengan teknologi dan membuat manusia malas untuk berpikir jika hal ini terus terjadi maka kedepanya kehidupan manusia akan digantikan oleh teknologi yang akan menguasai manusia.

sumber:https://id.crowdvoice.com/posts/kemajuan-teknologi-membuat-manusia-semakin-bodoh-2f3H

:white_check_mark: Agree

Semakin majunya teknologi yang ada saat ini malah membuat otak manusia menjadi bodoh, teknologi yang ada saat ini membuat manusia malas melakukan sesuatu untuk berpikir.

Nicholas Carr, penulis buku The Shallows berpihak kepada sisi yang pro bahwa teknologi pintar membuat kita bodoh: “Kita di sini untuk membicarakan tentang tingkat kecerdasan kita dan apakah smartphone, aplikasi pada gadget dan akun media sosial dapat memperluas atau mengurangi tingkat kecerdasan kita,” katanya.

“Bagaimana teknologi mempengaruhi cara pikiran kita bekerja?” Tanya Carr. "Saya pikir kita semua tahu cukup baik bagaimana kita menggunakan gadget kita. Kita menggunakannya terlalu sering. Penelitian membuktikan ini. Rata-rata orang yang mempunyai smartphone akan mengeluarkan dan melihat ponsel mereka sekitar 150 kali sehari. "

Semua pesan-pesan, pemberitahuan dan pencarian Google menciptakan lingkungan yang mengganggu, yang mengganggu proses dalam pengumpulan ingatan, katanya. Kunci untuk membangun pengetahuan adalah yaitu dengan mampu memindahkan informasi yang masuk dari pikiran sadar anda ke dalam memori jangka panjang anda. Melalui pengumpulan ini, kita membuat koneksi dan hubungan antara apa yang kita pelajari sekarang dan apa yang sudah kita ketahui. Yang merupakan dasar untuk pemikiran konseptual, kritis dan kreatif. Masalahnya sekarang adalah bahwa kita terus melampaui kapasitas ingatan kita bekerja.

Dan juga ahli syaraf Michael Merzenich menjelaskan bagaimana teknologi membuat manusia menjadi bodoh. Menurut Merzenich, dampak dari teknologi yang mempengaruhi manusia bisa mematikan.

Dari sudut pandang neurologis ada delapan cara, katanya seperti dikutip dari Huffington Post, yang digunakan teknologi untuk membuat manusia.

Pertama, teknologi mengacaukan jam tidur manusia. Cahaya biru yang diperkaya yang ada di gadget dapat membatasai melatonin yang dilepas oleh tubuh pada malam hari.

Melatonin adalah hormon kunci yang bertugas sebagai pengatur waktu di dalam tubuh. Dia yang memberitahu kita kapan saatnya malam, dan kapan harus tidur.

Sinar biru tadi dapat mengganggu dan membuat kita tidak mampu mengikuti pola tidur normal.

Masalahnya, kehilangan waktu tidur membawa dampak negatif bagi otak. Bila Anda tidak tidak bertemu dengan jaringan internet selama tujuh atau lebih dari jam tidur, Anda bisa kehilangan mood dan kehilangan fokus kerja. Ini juga akan mempengaruhi kemampuan memori otak.

Referensi

:negative_squared_cross_mark: Not Agree

Saya sendiri kurang setuju dengan pernyataan bahwa teknologi dapat membuat manusia menjadi lebih bodoh. Teknologi adalah salah satu ciptaan manusia yang bertujuan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Dengan adanya teknologi, maka pekerjaan yang harusnya dilakukan manusia dengan jangka waktu yang lama dan beban yang berat menjadi lebih ringan dan jauh lebih cepat. Namun bukan berarti manusia selalu bergantung dengan teknologi tersebut dan menjadi manja, justru sebagaimana adanya seperti sekarang, kemajuan teknologi yang sangat cepat malah membuat manusia harus memiliki inovasi dan kreativitas yang besar agar mereka tidak tertinggal dan bisa meningkatkan ekonomi & mendapatkan keuntungan dari perkembangan teknologi tersebut dengan mengintegrasikan teknologi tersebut dengan berbagai aspek kehidupan manusia.

Dan perkembangan terknologi terus menerus tersebut juga dapat mengubah mindset manusia. Seperti informasi dari yang saya dapat dari website news www.makeuseof.com , menjelaskan hal yang dijabarkan oleh Nicholas Carr dalam bukunya yang berjudul “IS GOOGLE MAKING US STOOPID?” , ia menjelaskan bahwa salah satu efek adanya informasi yang mudah didapat dan sangat banyak dari salah satu mesin pencari seperti google, hal tersebut dapat mengubah pola pikir manusia untuk menyaring informasi menjadi lebih teliti, terstruktur, pemikiran yang lebih dalam dan kritis

Sumber : http://www.makeuseof.com/tag/smarter-technology-dumbing-human-race-2/
http://www.theatlantic.com/magazine/archive/2008/07/is-google-making-us-stupid/306868/?single_page=true