Teknologi komputer apa yang anda gunakan untuk membantu mengerjakan tugas?

belajar saat ini tidak harus bertatap muka dengan guru disekolah maupun kelas, tetapi saat ini bisa dilakukan secara online melalui forum online maupun video.

Banyak pemanfaatan teknologi informasi yang saya gunakan untuk mengerjakan tugas sehari-hari. Seperti saat saya membuat laporan praktikum, saya biasa menggunakan Microsoft Word untuk menulis laporan, saya juga menggunakan aplikasi Snipping Tool untuk mengambil gambar di layar. Pemanfaatan teknologi tidak hanya sebatas itu untuk mengerjakan tugas. Saya juga pernah memakai Google Classroom dan juga Edmodo yaitu sebuah web aplikasi yang menjadi perantara guru dan murid untuk memberi dan mengumpulkan tugas. Untuk Google Classroom sendiri didukung fitur deadline pengumpulan tugas dan juga attach file seperti .pdf atau .rar yang tentu sangat membantu bila diterapkan di Filkom.

Untuk pemanfaatan teknologi informasi yang menunjang saya dalam mengerjakan tugas adalah fitur video call dari Skype atau Line. Dengan adanya video call dari skype atau line saya dapat bertukar informasi, bertanya tentang tugas dan juga mencari penyelesaian atas masalah yang terjadi saat mengerjakan tugas. Aplikasi seperti JOOX atau pemutar musik juga sering saya gunakan untuk membantu saya rileks dalam mengerjakan tugas.

Pemanfaatan Teknologi Dalam Mengerjakan Tugas

  • Microsoft Word
    Aplikasi ini sudah menjadi aplikasi yang wajib dimiliki oleh setiap pelajar. Siswa ataupun mahasiswa seperti saya, biasa menggunakannya untuk membuat karya tulis, mengutip artikel atau mengerjakan karya tulis. Selain mudah digunakan semua kalangan, aplikasi ini juga dapat membantu kita untuk membuat format penulisan yang mudah dibaca, dan juga gaya penulisan yang bervariasi.

  • WPS Office
    Aplikasi ini hampir sama fungsinya dengan aplikasi - aplikasi Microsoft Office, hanya saja aplikasi ini merupakan aplikasi mobile.

  • WhatsApp, dan LINE
    Aplikasi messenger juga dibutuhkan dalam mengerjakan tugas. Bertanya hal yang tidak dimengerti, berdiskusi, ataupun hanya sekedar basa - basi dapat dilakukan secara online menggunakan aplikasi ini. Saya juga menggunakannya untuk melihat berita - berita yang sedang panas, lewat group chat, fitur LINE yaitu LINE TODAY, atau berita dari Official Account.

  • SHAREIt
    Berfungsi seperti Bluetooth, namun aplikasi ini memanfaatkan koneksi hotspot penerima, dan Wi-Fi pengirimnya. Kecepatan transfer dari SHAREIt melebihi kecepatan transfer dari Bluetooth, sehingga dapat menghemat waktu penggunanya.

  • WinRAR
    Aplikasi ini saya gunakan dalam proses kompres maupun dekompres data - data, entah itu materi atau tugas.

  • UC Browser, Mozilla Firefox, dan Google Chrome
    Aplikasi browser ini digunakan untuk mengakses internet, karena hampir semua informasi yang dibutuhkan telah tersedia di internet.

  • AIMP3 dan Google Play Music
    Aplikasi untuk mendengarkan koleksi musik saya supaya lebih bersemangat dalam mengerjakan tugas, atau bisa juga digunakan untuk menenangkan pikiran.

  • Instagram
    Salah satu aplikasi sosial media yang digunakan hampir seluruh lapisan masyarakat ini, saya gunakan untuk hiburan dan media informasi.

Teknologi informasi yang digunakan untuk membantu dalam mengerjakan tugas saya adalah

  • Web Browser
    aplikasi ini paling sering saya gunakan untuk mencari informasi tentang apa yang saya butuhkan dalam mengerjakan tugas dan referensi baik berupa visual, maupun audio.
  • Microsoft Office
    Aplikasi kedua ini menurut saya yang paling berjasa dalam membantu saya menyelesaikan tugas, walaupun sebenarnya masih banyak aplikasi untuk mengetik yang lain, tetapi bagi saya Office ini yang paling sering saya gunakan.
  • Messenger
    Saat ini pesan singkat mulai tergantikan dengan aplikasi messenger online seperti Whatsapp, Line, dan BBM karena berbagai kemudahan yang bisa kita dapat untuk memudahkan komunikasi satu sama lain. Contoh nya ketika saya mendapatkan tugas dari dosen, kita bisa dengan mudah membagikannya kepada grup chatting sehingga teman satu grup bisa menerimanya.
  • Spotify
    Aplikasi satu ini saya gunakan sebagai media dalam membantu saya dalam belajar, mengapa? karena saya termasuk orang suka keramaian pada saat belajar sehingga aplikasi musik ini saya gunakan sebagai backsound saja dan media refleksi pada saya kelelahan dalam belajar.

Teknologi Komputer yang membantu saya dalam mengerjakan tugas =

  1. Microsoft Office Word/Powerpoint/Outlook/Excel
    Ini adalah salah satu software yang musti dipake dalam mengerjakan tugas
  2. Mozilla firefox/Chrome/Edge
    yang kedua adalah tipe aplikasi browser, nah untuk browser ini saya
    gunakan untuk browsing di internet dalam mencari keperluan tugas
  3. WhatsApp
    untuk berkomunikasi dengan teman sekelompok ataupun dosen