Teknologi apa saja yang anda inginkan pada mobil pintar (smart car)?

Mobil di masa yang akan datang akan mengalami evolusi sama seperti yang terjadi pada teknologi telepon.

Masa lalu teknologi telepon hanya berpikir terkait bagaimana komunikasi (suara) menjadi lebih mudah dan mobile. Saat ini, dengan adanya smartphone, telepon sudah berevolusi tidak hanya sekedar alat telekomunikasi, tetapi mencakup ke hampir semua aspek.

Beberapa konsep teknologi yang sudah dikembangkan oleh perusahaan, baik perusahaan otomotif maupun perusahaan teknologi informasi, antara lain :

:oncoming_automobile: Google Self-Driving Car Project

Projek ini adalah mambuat sebuah kendaraan dimana kendaraan tersebut didesain untuk dapat mengantakan anda kemanapun hanya dengan menekan tombol, tanpa membutuhkan kemampuan mengendarai kendaraan.


:oncoming_automobile: Toyota Fun Vii Concept Car

Vii" adalah kepanjangan dari Vehicle, Interactive, Internet. Teknologi ini dapat membuat mobil menjadi lebih personal. Kita dapat merubah tampilan mobil kita, baik dari sisi dalam maupun sisi luar.

Dengan adanya teknologi ini, mobil dapat mengenali anda ketika anda masuk kedalam mobil, Teknologi ini juga memungkinkan mobil untuk mengenali jalan yang dilalui, infrastruktur dan mobil lain yang menggunakan teknologi yang sama.

Toyota Fun Vii Concept Car mengadopsi teknologi augmented reality pada teknologi informasi.


:oncoming_automobile: Smart Dasboard

Dashboard merupakan display utama dalam mengontrol fitur-fitur yang ada pada mobil. Mobil dimasa yang akan datang tidak hanya mempunyai fitur-fitur standar tentang mobil itu sendiri, tetapi juga mempunyai fitur yang sangat luas. Seperti halnya dengan smartphone.

Oleh karena itu, desain dari dashboard itu sedniri akan menyesuaikan dengan jumlah fitur yang ada pada mobil. Walaupun saat ini untuk mengoperasikan fitur-fitur yang ada di mobil tidak perlu menggunakan tombol, tetapi cukup dengan menggunakan perintah suara. Seperti Honda yang bekerjasama dengan Apple untuk pengembangan teknologi Siri yang diaplikasikan pada mobil.


:oncoming_automobile: Telekomunikasi

Sumber gambar : Alcatel Lucent

Telekomunikasi di masa yang akan datang tidak hanya dimonopoli oleh manusia saja, tetapi semua benda akan dapat berkomunikasi satu dengan lainnya. Sesuai dengan konsep Internet of Things (IoT) yang sedang populer saat ini.

Mobil masa depan membutuhkan komunikasi yang bagus, digunakan untuk berkomunikasi dengan segala hal. Berkomunikasi dengan pemiliknya, berkomunikasi dengan mobil lainnya, server dan lain sebagainya.

Fitur GPS, live traffic updates, internet radio dan video, Wi-Fi hotspot akan menjadi hal yang normal untuk mobil masa depan.

Saat ini Audi sudah menggunakan teknologi 4G LTE pada mobilnya.

Bagaimana menurut anda ? Teknologi seperti apa yang akan ada pada mobil masa depan menurut imajinasi anda ?

Referensi :

[details=Summary]* https://www.audiusa.com/technology/intelligence/mmi.html

1 Like

Kalau berbicara imajinasi, saya membayangkan jika saya adalah bos dari perusahaan manufaktur mobil pintar, maka saya ingin membuat mobil yang self cleaning dan self repairing.

Bayangkan sebuah mobil yang dapat membersihkan dan memperbaiki dirinya sendiri, cost yang dibutuhkan untuk biaya maintenance mobil pun dalam jangka panjang pasti berdampak cukup besar.

Menurut web Popular Science, self repairing cars sedang diusung yang dibuat dengan bahan baku bubbloy (bubble alloy) , dimana body mobil yang penyok karena suatu hal dapat dengan sendirinya “membal” kembali ke bentuk semula. Walaupun untuk saat ini mungkin belum ada cara untuk membuat mobil mereparasi mesinnya sendiri jika rusak ( karena mungkin sangatlah kompleks -tapi dapat dicapai dengan teknologi 3d printing-) tapi kita tetap bisa berangan-angan karena tidak ada batasan untuk perkembangan teknologi .

Self cleaning cars ternyata juga sudah diwacanakan oleh manufakturer mobil Nissan(sumber), dimana body mobil dibuat dengan bahan yang hydrophobic ( anti air) dan oleophobic ( anti minyak ) , sehingga pemilik tidak perlu khawatir lagi dengan noda akibat beceknya hujan atau noda lainnya.

Walaupun sebenarnya desain mobil Nissan yang “self-cleaning” ini tidak benar-benar “self-cleaning” karena pada dasarnya mobil ini hanya anti noda . Akan tetapi bayangkan bila mobil yang kotor dapat membersihkan dirinya sendiri sebagaimana orag-orang membersihkan mobilnya, dengan air, sabun, dan pengering sendiri yang sudah built-in didalam mobil tersebut, dan tidak hanya membersihkan bagian luar mobil, tetapi juga bagian dalam.

Mungkin jika imajinasi saya terjadi, manusia di bumi sudah tidak perlu melakukan apa-apa lagi untuk mengurus segala benda yang mereka miliki, karena semuanya sudah bisa self cleaning dan self repair.

1 Like