Teknik apa saja yang digunakan untuk melakukan estimasi durasi waktu aktivitas dalam manajemen proyek ?

melakukan estimasi berapa lama-nya waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan setiap pekerjaan, atau aktivitas proyek merupakan salah satu pekerjaan proyek yang menantang dan menarik. Estimasi waktu menjadi sangat penting di dalam proyek, dengan estimasi waktu kita bisa membuat perencanaan dan sebagai dasar membuat penjadwalan (schedule) proyek.

Pada PMBOK edisi 5, terdapat 6 teknik yang dapat digunakan, yaitu sebagai berikut:

  1. Expert Judgement
    Berdasarkan para ahli praktisi manajemen proyek dapat menyediakan informasi data historis untuk estimasi durasi aktivitas proyek beserta dengan cost-nya, berapa durasi maksimum dari satu aktivitas dari proyek yang sama. Expert Judgement bisa juga menggunakan kombinasi teknik untuk melakukan estimasi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu aktivitas atau pekerjaan proyek.

  2. Analogous Estimating
    Pada teknik Analogous Estimating, estimasi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu aktivitas atau pekerjaan proyek dilakukan dengan cara menggunakan historikal data berdasarkan proyek-proyek sebelumnya yang serupa. Dengan teknik ini akan menghemat waktu di dalam membuat estimasi waktu proyek,.

  3. Parametric Estimating
    Teknik yang menggunakan pola matematika untuk menghitung estimasi durasi aktivitas proyek. Menghitung estimasi dengan menggunakan model hubungan statistik beberapa variabel yang digunakan. Contoh sederhana untuk menggambarkan teknik ini adalah sebagai berikut: seorang pengembang akan membangun 3 menu tampilan yang berbeda. Apabila A bisa menyelesaikan 4 jam untuk 1 tampilan. Berapa waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan semua tampilan? Dengan teknik ini, maka untuk menyelesaikan 3 tampilan, seorang pengembang memerlukan waktu sebanyak 12 jam.

  4. Group Decision-Making Techniques
    Teknik estimasi durasi waktu proyek dengan cara mengumpulkan orang-orang teknikal yang biasa mengerjakan pekerjaan proyek, melakukan brainstorming dan komitmen berapa lama durasi yang diperlukan untuk dapat menyelesaikan satu aktivitas atau pekerjaan proyek.

  5. Reserve Analysis
    Teknik untuk menyediakan cadangan waktu (reserve time) yang dimasukkan ke dalam jadwal proyek untuk meng-antisipasi ketidakpastian.

  6. Three-Point-Estimating (PERT Method)
    Teknik yang menggunakan 3 estimasi durasi waktu, kemudian diambil angka berapa jumlah rata-ratanya. Rumus yang dapat digunakan adalah sebagai berikut : Beta Distribution (PERT technique). tE = (tO + 4tM + tP) / 6

Referensi:
http://manajemen-proyek-ti.com/bagaimana-cara-melakukan-estimasi-durasi-waktu-aktivitas-proyek/