Taubat nasuha membentuk akhlak yang mulia

Assalamualaikum sahabat sahabat muslim.puji syukur kehadirat Allah swt, tuhan seluruh alam yang mana telah memberikan kita nikmat iman dan nikmat sehat sampai hari ini.dan tidak lupa juga tak henti hentinya salam senantiasa tercurah kepada nabi Muhammad saw, keluarganya, serta sahabat-sahabatnya.

Sahabat muslim, bagi hamba yang mengerti berjalan diatas *shiratal mustaqim,*jalan yang lurus adalah sebuah keniscayaan yang menafikan selainnya demi keselamatan dirinya dunia akhirat.sebab itu,jalan ini tidak akan pernah bisa ditempuh seorang hamba kecuali dengan hidayah dari Allah dan dengan membentuk akhlak yang mulia yaitu hamba pilihan yang mengenal Allah beserta hak-hak Nya,beribadah dalam keistiqamahan yang terjaga, serta membebaskan diri dari kebodohan tentang dosa yang membuatnya gagal mengenali petunjuk,juga pelaksanaan maksiat yang bertentangan dengan tujuan membentuk akhlak yang mulia.hamba yang memenuhinya dengan sekuat tenaga meninggalkan jalan mereka yang dimurkai, juga jalan mereka yang sesat.

Kita harus tahu bukan amal shalih semata yang akan menyelamatkan kita.untuk itu kita harus menegakkan salah satu pilar kepantasan itu,yang insyallah adalah taubat.tentang keutamaan bertobat ini banyak disebutkan ayat-ayat alquran diantaranya adalah, firman Allah swt;"

dan bertobatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung. (QS.An-nur;31).

Diriwayatkan oleh jamaah bahwa apabila orang mukmin melakukan satu dosa,maka hatinya terkena noda hitam, jika ia bertobat dan mencabut segala kesalahan tanpa mengulanginya lagi, maka noda hitam yang ada dalam hatinya itu menjadi bersih kembali.

Sebuah jalan kemenangan dimana Rasullulah yang ma’shum pun melakukannya tujuhpuluh sampai seratuskali, bahkan lebih setiap harinya. Hingga Allah memerintahkan kaum muslimin untuk bertaubat, bukan semata karna dosa, namun bahkan setelah mereka beriman, bersabar, berhijrah, bersabar, dan berjihad, karna taubat merupakan kunci utama sahabat muslim menuju akhlak yang mulia dan hati yang suci.karna taubat bukanlah merupakan permintaan maaf biasa, ia baru sah hukumnya jika disertai dengan pengenalan kita akan dosa,kemudian mengakuinya sebagai kesalahan, berjanji untuk tidak mengulangi, serta mengimpaskan kezhaliman yang pernah kita perbuat.kita memohon kepada Allah agar dia membebaskan kita dari pengaruh buruk.sebab bagaimanapun,dosa dan maksiat tidak akan pernah berjalan diatas kebenaran.

Sahabat muslim, taubat merupakan faktor utama agar hati kita menjadi suci.taubat artinya menjalankan dengan sungguh sungguh rukun islam serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari hari.diantara rukun islam yang harus kita amalkan adalah sholat dan zakat.

Allah swt berfirman;

“sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang orang yang beriman”(QS.annisa;103)

Nabi saw bersabda:

"sesungguhnya shalat lima waktu itu sebagai kafarat/pelebur doa yang terjadi diantaranya, selama ia menjauhi dosa besar.

Sebagaimana firman Allah swt

" sesungguhnya, perbuatan perbuatan yang baik itu menghapuskan dosa perbuatan perbuatan buruk. (QS.Hud;114).

Kemudian taubat yang untuk kita amalkan adalah zakat bersedekah. Rasulullah saw bersabda:

“barang siapa yang bersedekah, semisal satu butir kurma dari hasil kerja yang baik dan halal dan Allah tidak akan menerima kecuali yang baik, maka Allah akan menerima dengan tangan kanan Nya.”

yakni Allah akan menerimanya, memberkatinya serta memeliharanya untuk pemiliknya.sebagaimana firman Allah swt:

" tidaklah mereka mengetahui bahwasannya Allah menerima tobat dari hamba -hambaNya dan menerima sedekah. (QS.At-taubah:104).

Sesungguhnya sedekah benar-benar akan memadamkan kemurkaan tuhan dan menjadi penghalang mati dalam keadaan jahat.dalam suatu riwayat lain; sesungguhnya Allah menolak tujuh puluh pintu dari kematian yang buruk dengan sedekah.

Didalam sebuah riwayat At-thabrani; " perbuatan-perbuatan yang baik dapat menjadi pelindung yang menjaga terjadinya peristiwa yang buruk, sedekah secara rahasia akan memadamkan kemurkaan tuhan, menyambung kerabat dapat memperpanjang umur,dan setiap perbuatan yang ma’ruf adalah termasuk sedekah. Pelaku kebaikan di dunia adalah pemilik kebaikan di akhirat. sementara orang yang ahli kemungkaran di dunia, dialah juga ahli kemungkaran di akhirat.sedang orang yang pertama kali masuk surga ialah orang yang yang melakukan ma’ruf.

Maka, mari meraih pertolongan dan perlindungan Allah dengan bertaubat, agar kita tidak sendirian menghadapi masalah kehidupan yang kompleks dan berat, yang rumit dan sulit, hingga semua menjadi mudah dan sederhana.serta menjadi penopang kepantasan kita memperoleh rahmat dan fadhilah Allah swt. Yaitu dengan berpegang teguh kepada agamaNya, menjalankan perintah Allah dan menjauhi laranganNya sepenuh cinta, keikhalasan dan ketundukan.sebab dengan itulah kita membangun tameng dan benteng pertahanan menghadapi berbagai godaan dan rintangan yang mengahadang.dimana taubat kita, sesungguhnya sangat bergantung kepada penjagaan kita akan agama Allah,dan perlindungan Allah kepada kita.

Mari bertaubat! Pada seluruh masa hidup kita, di permulaan, di pertengahan, hingga pada akhirnya, sebab kehilangannya adalah kezhaliman. setelah itu, baru kita boleh berharap, bahwa kita pantas mendapatkan kemenangan memperoleh hati yang suci dan berahlak mulia.

wassalam