Tapi adakah tips agar tetap bisa nyaman travelling saat bulan puasa?

Travelling

Travelling di bulan puasa itu nggak enak. Tapi adakah tips agar tetap bisa nyaman travelling saat bulan puasa?

1. Jangan lewatkan sahur!
Meskipun kamu sudah terbiasa untuk berpuasa seharian penuh tanpa sahur, tapi untuk momen kali ini yaitu sedang travelling, cobalah untuk tidak melewatkan sahur. Nggak mau kan lagi jalan-jalan, eh, kamu malah lemas karena nggak sahur. Sahur itu jadi kewajiban utama buat kamu yang travelling saat sedang berpuasa.

2. Makan sahur yang bergizi
Karena kamu lagi jauh di rumah, jadi, pastikan kondisi tubuh selalu dalam keadaan fit saat sedang berpuasa. Selain menjaga waktu istirahat, pastikan juga kamu mengkonsumsi makanan sahur yang bergizi untuk menjaga stamina selama travelling. Dengan menjaga gizi makanan sahur, kamu bisa tetap fit jalan-jalan walau sedang berpuasa.

3. Cari lokasi tempat bermukimnya warga Muslim
Meskipun kamu travelling ke negara yang mayoritas penduduknya non muslim, tapi coba deh cari tempat yang banyak penduduk Muslimya. Di sana bisa jadi tempat kamu cari menu berbuka puasa untuk menemukan berbagai makanan halal. Lagipula, kamu juga bisa punya pengalaman berbeda dengan ngerasain sensasi kehangatan dan tradisi bulan Ramadan di tempat baru, kan?

4. Rasakan momen berbuka puasa bersama di masjid setempat
Selain mengunjungi daerah Muslim, ada cara lain juga untuk merasakan sensasi Ramadan yang berbeda, yaitu dengan mengunjungi masjid-masjid setempat yang sangat ikonik. Selain bisa memperkaya pengetahuan, kalau beruntung, kamu juga bisa mendapatkan ta’jil gratis dan bisa merasakan berbuka puasa dengan tradisi berbuka puasa yang baru dari tempat asalmu. Tawaran menarik, kan?

5. Alokasikan budget jajan untuk hal menarik lainnya
Salah satu keuntungan travelling saat berpuasa adalah ada budget yang tersisa. Jadi, budget jajan di siang hari yang udah kamu tentukan bisa dialokasikan untuk ngabuburit atau mempersiapkan menu berbuka atau bahkan mengunjungi tempat yang lebih banyak lagi. Biasanya, salah satu godaan saat berpuasa adalah membeli jajanan yang ditemukan sepanjang perjalanan. Kalau lagi berpuasa, kamu pasti nggak bakalan deh tergoda untuk beli ini itu, jadi budget-nya bisa untuk yang lain, deh!

Sumber:

Mantap deh tipsnya berguna banget buat kita pas puasa nantii semoga tidak menghalangi hobi travelling kita yaa