Tantangan apa saja yang mungkin dihadapai oleh seorang manajer produk dalam mengembangkan sebuah produk ?

Menjadi seorang manajer produk bukanlah hal yang mudah. Seorang manajer produk bertanggung jawab terhadap keberhasilan dan kegagalan suatu produk. Pekerjaan seorang product manager terbilang menantang karena dia adalah orang yang akan mengawal visi sebuah produk dengan tuntutan perkembangan zaman. Lalu apa saja yang tantangan yang mungkin akan dihadapi dalam pengembangan sebuah produk?

Bagi seorang manajer produk, setiap tugas, setiap detail dan setiap perubahan harus didasarkan pada sasaran bisnis yang ada pada organisasi atau perusahaan. Seorang manajer produk dituntut untuk cukup cepat dan tepat dalam mengembangkan sebuah produk. Dalam kehidupan seorang manajer produk sering kali terasa seperti mereka bertempur melawan dirinya sendiri.

Manajer produk bekerja dengan semua orang, terlibat dalam segala hal, dan dicari di mana-mana. Sehebat apapun seorang manajer produk, pasti akan ada tantangan yang mereka hadapi setiap harinya dan tidak ada pekerjaan yang terbebas dari rintangan.

Berikut ini adalah 6 tantangan yang mungkin dihadai oleh seorang manajer produk

1. Kendala Waktu yang Luar Biasa

Salah satu hal yang banyak diperhatikan oleh beberapa manajer produk baru adalah tuntutan yang begitu banyak yang membuat mereka merasa bahwa waktu yang ada dirasa tidak akan pernah cukup.

Ada banyak hal yang perlu dipelajari oleh seorang manajer produk dalam waktu singkat untuk memenuhi permintaan manajemen dan tim. Harapannya adalah manajer akan cepat menjadi ahli pada produk dan pasar.

Semakin cepat belajar menyeimbangkan kebutuhan dan harapan, mengidentifikasi peluang pasar yang menjanjikan dan menciptakan visi yang kuat untuk masa depan produk, maka seorang manajer produk akan semakin menikmati pekerjaannya.

2. Godaan untuk Menjadi Manajer yang Reaktif

Dengan begitu banyak anggota tim yang berbeda pasti akan menarik perhatian ke arah yang berbeda, mudah terjatuh ke dalam pola menyelesaikan masalah satu persatu, memadamkan keadaan darurat saat mereka meletus. Untuk menjadi manajer produk yang efektif, perhatikan sasaran secara menyeluruh dan fokus pada hal-hal yang akan memberi dampak besar bagi perusahaan dan pribadi anda di masa depan .

Aturan praktis yang bagus adalah mencurahkan 80 persen waktu ke 20 persen aktivitas yang secara material akan memengaruhi kesuksesan produk dan organisasi.

3. Kurangnya Kontrol dalam melakukan Manajemen Produk

Untuk memaksimalkan keefektifan sebagai manajer produk, ada baiknya manajer produk memperoleh tanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang dihasilkan. Namun, banyak perusahaan yang tidak memberi manajer produk hal tersebut. Seorang manajer produk harus bisa membangun konsensus dan dukungan dari orang lain di dalam organisasi atau perusahaan.

Bentuklah hubungan saling menguntungkan dengan orang lain di posisi kunci sebaik mungkin.

4. Ketegangan antara Tujuan Manajemen Produk Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Untuk mencapai hasil terbaik, manajer produk yang efektif akan beroperasi dengan menggunakan strategi produk berwawasan ke depan dan rencana taktis jangka pendek untuk menangani lebih banyak masalah secara langsung.

Manajer produk harus menyadari deadline yang lebih pendek dan rasa urgensi yang lebih kuat. Proyek taktis jangka pendek dapat mencuri waktu yang berharga dan mempengaruhi visi jangka panjang.

Sebagai manajer produk yang terlibat penuh, diperlukan pembelajaran untuk menyeimbangkan waktu dan kewajiban serta mengembangkan keterampilan kolaboratif dan resolusi konflik yang kuat.

5. Berbagai Pendapat Tentang Arah untuk Mengambil Produk

Semua orang dalam tim akan memiliki pendapat tentang cara terbaik untuk mengembangkan produk dan membawanya ke pasar. Banyak karyawan merasa bergairah dengan pendekatan mereka dan akan mempertahankannya dengan segala cara.

Sebagai manajer produk harus menjaga tim dan membuat keputusan yang berdasarkan pada fakta-fakta yang ada.

Fakta harus selalu mengalahkan opini dalam pengambilan keputusan. Belajarlah untuk berurusan dengan ide dan kepribadian yang berbeda, dan selalu buat tim kembali pada fakta yang pada akhirnya akan menentukan arah dalam membuat produk.

6. Mengubah Dinamika Pasar yang Mempengaruhi Manajemen Produk

Satu hal yang dapat diandalkan dalam manajemen produk dan dalam hidup adalah perubahan. Semuanya bersifat dinamis dan akan berubah seiring berjalannya waktu.

Pesaing baru muncul, kemajuan produk muncul dari sumber baru dan kebutuhan pelanggan berubah. Semua ini bisa berdampak pada kesuksesan produk dan juga pada perusahaan. Selalu waspada untuk hal yang tak terduga sehingga saat dibutuhkan, bisa cepat menyesuaikan.

Sumber : https://www.actuationconsulting.com/six-challenges-product-managers-face/