Tantangan Apa Kalau Kita Terjun Ke Dunia Pertanian Sejak Usia Muda?

Sekitar tahun 2030-2040, Indonesia diprediksi akan mengalami bonus demografi, kondisi dimana penduduk usia produktif lebih banyak daripada yang tidak produktif. Siap atau tidak, masa tersebut tetap akan datang. Sektor yang paling penting untuk di siapkan ialah sektor pertanian yang menjadi salah satu sumberdaya terbesar di indonesia. Kira-kira apa yang perlu kita siapkan? Lalu tantangan apa aja sih kalau kita terjun ke dunia pertanian sejak usia muda?

1 Like

Menurut saya yang perlu disiapkan utama yaitu pandai dalam berbahasa Inggris, karena ketika kita punya skill yang memadai belum cukup kalau kita tidak bisa berbahasa inggris.

2 Likes

Hal yang perlu dipersiapkan adalah pengetahuan dan juga kesabaran kak, pengetahuan diperlukan agar usahatani yang dilakukan dapat berjalan lancar dan dan kesabaran diperlukan untuk menjalankan usaha pertanian yang memiliki resiko tinggi (terutama faktor iklim yang tidak dapat dikendalikan)

Tantangan yang akan dihadapi adalah bagaimana caranya agar sektor pertanian dapat berjalan secara berkelanjutan dimana saat ini fenomena alih fungsi lahan masih menjadi hal yang sulit dikendalikan

1 Like

Bismillah…Saat ini perkembangan zaman sudah semakin maju. Semua kegiatan di berbagai bidang sudah memasuki era digital. Tak terkecuali pertanian. Menurut saya hal yang menjadi tantangan adalah teknologi. Sebagai generasi muda sebaiknya melek terhadap teknologi agar dapat memberikan sumbangsih terhadap negara. Selain itu juga kemampuan berbahasa inggris. Yang sama-sama diketahui bahwa sebagian besar kegiatan diperlukan kemampuan berbahasa inggris. Begitu juga dengan bidang pertanian. Dengan bekal kemampuan berbahasa inggris, dapat memberikan peluang besar untuk saling bertukar informasi dan ide dalam kemajuan bidang pertanian. Terimakasih🙏

1 Like