Tanda-tanda Pisau Rusak

Tanda-tanda Pisau Rusak

Pisau yang mulai rusak harus segera diganti dengan yang baru, bagaimana tanda-tandanya?.

Tanda-tanda Pisau Rusak

  1. Mata pisau yang tumpul atau cacat
    Apakah butuh berkali-kali iris sampai bahan makanan terpotong? Coba cek mata pisau anda! Bisa jadi mata pisau sudah tumpul atau cacat. Hal ini terjadi karena pisau terlalu sering dipakai atau seperti yang saya lakukan, memotong bahan terlalu cepat dan keras secara asal. Bahkan ada salah satu pisau di rumah saya yang bengkok mata pisaunya. Kalau sedikit rusak sih masih bisa digunakan, tapi kalau cacatnya besar sebaiknya diganti saja.

  2. Ujung pisau bengkok atau patah
    Perhatikan juga ujung pisau, apakah masih lancip atau tidak. Ujung pisau bisa bengkok atau patah karena sering jatuh atau harus memotong bahan makanan yang sangat keras. Atau jangankan bahan makanan, saya juga pernah membuka kaleng makanan dengan pisau dan palu. Alhasil, ujung pisau yang tadinya lancip pun jadi terkikis. Oleh karena itu, segera ganti pisau tersebut karena ternyata mempengaruhi hasil potongan juga, lho.

  3. Paku sumbat melonggar
    Paku ini berada di pangkal yang menghubungkan handle atau gagang pisau dengan mata pisau. Sederhananya, paku sumbat adalah bulatan kecil yang umumnya terdapat di gagang pisau kayu. Nah paku sumbat ini bisa longgar tanpa kita sadari, lho. Jika posisi mata pisau tidak rapat dengan gagang, berarti paku sumbat telah melonggar. Sebaiknya langsung ganti pisau dengan yang baru atau minta tukang pisau untuk mengencangkan paku tersebut.

  4. Gagang pisau yang rusak dan tidak nyaman digunakan
    Genggam gagang pisau dan coba iris sebuah bahan. Apakah seimbang saat digunakan? Atau justru terlalu berat? Ada gagang pisau yang tidak enak digenggam karena kualitasnya kurang bagus. Faktor lainnya adalah umur pisau yang sudah lama dan terlalu sering digunakan. Buat saya, bagian ini sangat penting diperhatikan agar masak memasak jadi nyaman. Kalau terasa kurang enak dipakai, langsung saja ganti dengan pisau baru.

Referensi

https://resepkoki.id/2017/03/25/4-tanda-pisau-rusak-harus-diganti-yang-baru/