Tanaman kaktus. Bagaimana cara kaktus beradaptasi dengan lingkunganya dan kapan waktu yang tepat tanaman kaktus di budidaya?

Bagaimana cara kaktus beradaptasi dengan lingkunganya dan kapan waktu yang tepat tanaman kaktus di budidaya?

1 Like

Secara umum tanaman kaktus dan sukulen menyukai tempat yang memiliki kelembapan rendah dan bersuhu tinggi. Hal itu dikarenakan kedua tanaman ini telah berevolusi sehingga mampu beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang kering. Akar kaktus dan sukulen mampu menyerap air secara optimal lalu menyimpannya dalam waktu lama. Untuk waktu penanaman yg sesuai kapan sebenernya tidak begitu “ketat”. Asalkan penempatannya sesuai. Umumnya, kaktus atau sukulen membutuhkan udara sangat panas dan matahari bersinar sepanjang hari (50-80%). Lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan kaktus adalah bersuhu 16-34 derjat Celcius dan kelembapan udara 30-90%.

Berdasarkan pengalaman dan sepengetahuan saya kaktus beradaptasi dengan lingkungan dengan beberapa cara atau sebut saja ciri ciri diantaranya kaktus tersebut mengkerut, dan berubah warna contohnya kaktus yg warnanya hijau tua jadi hijau pucat, atau yg berwarna keunguan jadi kehijauan, jangan panik biasanya kaktus seperti ini karena adaptasi tadi, yg penting kondisi batang tidak ada yg busuk dan perakaran baik. Ini juga bisa dijadikan tanda kalau kaktus itu kurang cocok dengan lingkungannya, contoh kalau berubah warna menjadi hijau pucat itu tandanya dia kurang cahaya matahari, kalau dari keunguan menjadi kehijauan itu tandanya terlalu banyak sinar matahari. Kalau kaktus yg mengkerut itu tandanya kekurangan air, coba tambah intensitas penyiraman asal tetap diletakkan outdoor dengan penyinaran cahaya matahari yg baik
Jika budidaya yg dimaksud itu perbanyakan, baiknya melakukan perbanyakan kaktus di pagi hari dan di tempat yg teduh, jangan lupa setelah distek sebelum ditanam kering anginkan terlebih dahulu kaktus selama 1-2 hari untuk mengeringkan getahnya. Semoga membantu :blush:

1 Like