Tanaman hias apa saja yang cocok di letakan dalam kamar tidur dan mampu mengusir nyamuk?

Tanaman hias tentu memiliki banyak manfaat selain untuk mendekorasi kamar/ruangan menjadi lebik bagus dan menarik. Ada banyak manfaat dari tanaman hias indoor salah satunya sebagai penyejuk ruangan karena mampu memperbaiki kualitas udara. Namun di lain sisi ternyata ada salah satu ruangan yaitu kamar tidur ternyata terdapat masalah denngan adanya serangga nyamuk yang sangat merugikan penghuni kamar. Nah tanaman hias apa saja yang mampu menangani masalah tersebut? Terimakasih :grin:

1. Lavender ( Lavandula latifolia )

Lavender termasuk dalam suku lamiaceae yang memiliki 25-30 spesies. Bunga ini telah lama dikenal sebagai anti nyamuk karena mengandung linalool dan linalil asetat. Penggunaan bunga levender untuk anti nyamuk adalah dengan cara meletakkan bunga maupun tanamannya di dalam ruangan. Bunga ini cukup mempunyai nilai ekonomis yaitu harga tanaman per polybag adalah Rp. 10.000 – Rp. 15.000 sehingga berpeluang untuk dibudidayakan.

Tumbuhan lavender merupakan jenis tumbuhan semak paling tinggi 1 m dengan daun bertulang sejajar, bunga berwarna ungu kebiruan di ujung daun. Penyebarannya termasuk tumbuhan liar di beberapa tempat di Indonesia. Tempat tumbuh pada ketinggian 500-1300 mdpl. Perbanyakannya dapat dilakukan secara vegetatif melalui stek batang dan secara generatif melalui biji. Perbanyakan tanaman lavender biasanya menggunakan biji yang sudah tua dan sehat kemudian disemaikan.

lavender

2. Zodia ( Evodia suaveolensi )

Tanaman ini termasuk dalam keluarga Rutaceae dan mengandung zat evodiamine dan rutaecarpine. Menurut Balai Penelitian tanaman Rempah dan Obat (Balitro), tumbuhan ini jika didestilasi maka destilatnya mengandung linalool 46 persen dan apinene 13,25 persen. Zodia mampu menghalau nyamuk selama 6 jam dengan daya proteksi sebesar lebih dari 70 persen. Tumbuhan ini dapat ditanam di dalam pot dan dapat digunakan sebagai tanaman dalam ruangan (indoor plant) dan dapat juga ditanam di luar ruangan. Tumbuhan zodia mudah dibudidayakan yaitu dengan cara stek ranting maupun dengan bijinya. Jika tumbuhan zodia telah berbunga dan menghasilkan biji maka biji yang tua ini akan jatuh di sekitar tumbuhan tersebut dan menhasilkan tumbuhan baru.

zodia

3. Rosemary ( Rosmarinus officinalis )

Tanaman ini termasuk dalam suku lamiaceae seperti lavender. Aromanya menyerupai minyak telon sehingga dapat berfungsi sebagai anti nyamuk . Bunga rosemary berwarna ungu dan beukuran kecil, daun berbentuk jarum tapi lembut dan mempunyai panjang 2-2,5 cm. Tanaman ini dapat tumbuh dengan bagus meskipun ditempatkan di dalam ruangan. Agar tanaman ini tumbuh dengan baik sebaiknya diposisikan dekat dengan jendela agar memperoleh matahari yang cukup.

Rosemary merupakan salah satu tanaman yang termasuk kedalam tanaman aromatik karena mempunyai aroma yang khas. Minyak atsirinya yang sering disebut quita essenta mengandung karnosol, rosmasol, isorosmasol, epirosmasol, rosmaridifenol dan rosmariquinon. Senyawa kimia yang terdapat dalam minyak atsirinya yang sering digunakan sebagai penolak serangga antara lain sineol, kapur barus, cam-phene, linalool, limeon, borneon, mir-cene, terpineol dan caryophyllene.

rosemary 2

Referensi:
Marwati, S. 2011. Pengenalan dan Pelatihan Budidaya Tumbuhan Anti Nyamuk di Kelompok PKK Kricak Kidul Tegalrejo Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

1 Like