Tanaman Apa yang Cocok untuk Bonsai?

Macam-Macam Tanaman Bonsai

Tidak semua tanaman akan cocok dijadikan sebagai bonsai. Dimana untuk menghasilkan ilusi realistis pohon dewasa atau tua, organ tanaman pada tanaman bonsai yang harus diperhatikan adalah batang, cabang, ranting, daun, bunga, buah-buahan, kuncup, dan akar. Bagian-bagian tersebut haruslah memiliki proporsi yang sesuai dengan ukuran pohon. Pada umumnya, tanaman yang digunakan untuk bonsai harus memiliki daun kecil atau daun yang menjadi kecil akibat dari perlakuan bonsai. Sebab, tanaman dengan daun terlalu besar akan terlihat tidak proporsional jika dipilih untuk bonsai.

1 Like

Setiap tanaman yang akan dijadikan bonsai harus dapat beradaptasi dengan pot dangkal dan pertumbuhan terbatas yang diperlukan bonsai. Sebagian besar bonsai adalah tanaman outdoor yang kuat dan membutuhkan masa dormansi di musim dingin untuk berkembang. Adapun menurut Yuji Yoshimura dan Giovanna M. Halford dalam bukunya yang berjudul The Japanese Art of Miniature Trees and Landscapes; Their Creation, Care and Enjoyment, beberapa jenis tanaman yang paling populer di antara penggemar bonsai antara lain:

1. Azalea (Rhododendron)
Tanaman jenis ini memiliki karakter yang mudah dilatih dalam bentuk pohon dan dapat digunakan untuk sebagian besar gaya bonsai. Di akhir musim semi, tanaman azalea akan menghasilkan bunga yang spektakuler. Dimana bunga azalea memiliki beberapa warna.

2. Beech (Fagus)

Spesies beech merupakan tanaman yang biasa tumbuh di United Kingdom. Tanaman beech cenderung akan tumbuh dan terlihat bagus dalam gaya bonsai informal. Biasanya bonsai beech digunakan sebagai display saat musim dingin di Inggris. Tanaman ini membutuhkan teknik yang sangat istimewa dan rumit dalam penataannya.

Beech Bonsai

3. Fig (Ficus)

Famili tropis ini mencakup beberapa spesies yang telah dilatih untuk tumbuh sebagai bonsai dalam ruangan. Namun, tanaman ini harus ditempatkan di luar saat cuaca memungkinkan agar mendapatkan cahaya yang lebih banyak.

Fig Bonsai

4. Juniper (Juniperus)

Tanaman Juniper adalah tanaman termudah untuk pemula ketika berencana ingin membuat bonsai. Jenis tanaman juniper yang paling terkenal adalah juniper evergreen sudah tersedia dan dapat dilatih dalam sebagian besar gaya.

5. Maple (Acer)

Adapun dua spesies utama maple yang biasa digunakan dalam bonsai adalah maple Jepang (Acer palmatum) dan trisula maple (Acer buergerianum). Tanaman ini memiliki karakter yang mudah dirawat, dan dapat menunjukkan warna yang menakjubkan saat musim gugur.

6. Pinus (Pinus)

Pinus akan tampak tetapi tidak ideal untuk bonsai karena sulit untuk dibentuk. Namun dengan teknik yang tepat dan kreatif, pinus dapat memberikan tampilan yang sangat indah ketika dijadikan bonsai. Pinus terbaik adalah varietas dengan jarum pendek karena dapat menampilkan ilusi pohon berukuran penuh.

Pinus Bonsai

Tanaman yang dipilih untuk bonsai harus memiliki kulit kayu yang menarik, dan batangnya harus memberikan ilusi kedewasaan atau ilusi pohon tua. Batang pohon harus memiliki ketebalan yang proporsional dengan seluruh ukuran pohon, serta meruncing secara bertahap ke arah puncak pohon. Batang yang ideal di dalam seni bonsai akan menjadi penopang yang indah dan bagus dalam bonsai. Dimana cabang-cabang yang muncul lebih rendah di bawah batang harus menjadi cabang yang terpanjang dan berdiameter terbesar. Kemudian, cabang-cabang yang tumbuh lebih tinggi di batang harus menjadi lebih pendek dan lebih kecil diameternya. Bentuk ini adalah tiruan penampilan alami sebuah pohon yang menunjukkan bahwa cabang terendah adalah yang tertua (terbesar/terpanjang), dan cabang yang lebih tinggi adalah cabang baru (lebih kecil dan lebih pendek).

Referensi

Yoshimura, Yuji and Giovanna M. Halford. (1996). T The Art of Bonsai: Creation, Care and Enjoyment. Rutland, Vt.: Charles E. Tuttle Co., Inc.

1 Like

Bonsai diukur dari tepi atas pot sampai ke puncak mahkota. Berdasarkan ukurannya, bonsai dikelompokkan menjadi lima kategori sebagai berikut:

  • Kecil sekali (mame bonsai): memiliki tinggi s/d 15 cm
  • Kecil (small bonsai): memiliki tinggi > 15-30 cm
  • Sedang (medium bonsai): memiliki tinggi > 30-60 cm
  • Besar (large bonsai): memiliki tinggi > 60-100 cm
  • Besar sekali (extra large): memiliki inggi > 100-150 cm

Berdasarkan ukuran tanaman di alam, jenis tanaman yang dapat dijadikan bonsai digolongkan menjadi 3 kelompok, yaitu sebagai berikut:

1. Tanaman belukar (tinggi sampai 2 m)
Tanaman dalam kelompok ini cocok dibuat bonsai ukuran mame dan kecil . Contoh tanamannya yaitu mirten dan soka.

soka fix

2. Tanaman perdu (tinggi sampai 5 m)
Tanaman dalam kelompok ini cocok dibuat bonsai ukuran sedang dan besar . Contoh tanamannya yaitu jeruk kelingkit dan kemuning.

jeruk fix

3. Tanaman pohon (tinggi lebih dari 5 m)
Tanaman dalam kelompok ini cocok dibuat bonsai ukuran besar atau besar sekali . Contoh tanamannya yaitu beringin dan podocarpus (lohansung).

beringin fix

Adapun jenis-jenis tanaman yang sering dijadikan bonsai di Indonesia karena dapat tumbuh dengan baik yaitu:

1. Asam
Kelebihan dari tanaman asam untuk dijadikan bonsai yaitu akan terlihat seperti tanaman tua yang berumur puluhan tahun karena memiliki akar dan batang yang keras dan kokoh. Beberapa jenis tanaman asam yang umumnya sering dijadikan sebagai bonsai yaitu asam jawa, asam belanda.

asam fix

2. Beringin
Beringin merupakan jenis tanaman yang sangat digemari oleh para pecinta bonsai pemula, karena pohon ini mempunyai daya tahan dan kemampuan adaptasi yang cukup kuat, tidak mudah mati, mempunyai perawatan yang tidak terlalu sulit dan tekstur dari batang yang cukup berkarakter. Beberapa jenis beringin yang umumnya sering dijadikan sebagai bonsai yaitu beringin karet ( Ficus retusa ), beringin korea ( Ficus koreana ), beringin ampelas ( Ficus hampelas ), beringin cantigi ( Ficus disticha ).

karet fix

3. Cemara
Merupakan jenis tanaman yang terkenal cukup baik untuk dijadikan bakalan bonsai, serta mudah dibentuk sedemikian rupa karena mempunyai batang yang cukup lentur. Tanaman ini juga sangat diminati karena berdaun kecil dan tetap indah walaupun ditanam secara terpisah maupun grouping .

cemara

Referensi

Abdullah, F. 2019. Perancangan Informasi Seni Bonsai Melalui Media Motion Graphic. [skripsi]. Bandung: Universitas Komputer Indonesia.

Pratiwi, S. 2011. Bonsai. Medan: Universitas Sumatera Utara.