Tanaman apa saja yang dapat menjadi alternatif padi untuk mewujudkan ketahanan pangan?

Ketahanan dan kemandirian pangan

Tanaman apa yang menjadi alteratif makanan pokok seperti padi dan masa panennya relatif singkat? Untuk mewujudkan ketahanan dan kemandirian pangan Terimakasih

1 Like

Indonesia punya beberapa makanan pengganti nasi/padi sebagai sumber karbohidrat diantaranya jagung, sagu, dan umbi-umbian…

Indonesia bisa memiliki ketahanan pangan yang bagus jika sumber karbo yang lain juga betul-betul di kembangkan tanpa harus bertumpu atau hanya mengandalkan hasil dari tanaman padi…
Menurut saya seperti itu …

1 Like

Gandum, jagung, kedelai atau bisa juga dengan sorgum. Sorgum adalah tanaman dari keluarga rumput-rumputan, masih satu keluarga dengan padi, jagung dan gandum. Biji sorgum memiliki kandungan karborhidrat tinggi sehingga dimanfaatkan sebagai makanan pokok oleh lebih dari 500 juta penduduk bumi. Namun sebagian besar produksi sorgum digunakan untuk pakan ternak.

Sorgum termasuk dalam tanaman serealia tropis tapi bisa tumbuh dalam rentang iklim yang luas dan termasuk tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri. Sebagai bahan pangan, sorgum berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi, dan kedelai. Sorgum merupakan makanan pokok penting di Asia Selatan dan Afrika.

Beras masih menjadi sumber karbohidrat utama. Sebagai contoh, masyarakat belum dianggap sarapan kalau belum memakan nasi.

Ketergantungan terhadap beras harus dikurangi sebagai antisipasi makin menyempitnya area lahan pertanian. Salah satu upaya yang dilakukan dengan terus mengembangkan potensi pangan lokal yang dimiliki seperti ubi, ketela, garut, uwi hingga gembili serta tanaman umbi-umbian lainnya seperti ganyong, talas dan lain-lain.

Beberapa pangan yang dapat dijadikan sebagai Diversifikasi Bahan Pangan sumber kalori yaitu:

Jagung
Di Indonesia, jagung memegang peranan kedua setelah padi (beras). Jagung cukup mengandung gizi dan serat kasar, sehingga memadai untuk dijadikan makanan pokok sebagai pengganti beras atau dicampurkan dengan beras.

Umbi-Umbian
Umbi-umbian merupakan hasil tanaman sumber karbohidrat selain padi-padian. Jenis umbi-umbian diantaranya ubi kayu, ubi jalar, talas, ganyong, erut, kimpal dan lain-lain. Ubi kayu atau ubi jalar dapat digunakan langsung sebagai bahan pangan. Ubi kayu mempunyai banyak variasi untuk dapat dibuat sebagai bahan pangan atau bentuk lain sedangkan ubi jalar sedikit variasi dalam pengolahannya. Ubi kayu dapat dimakan dalam berbagai bentuk olahan. Di Indonesia ubi kayu dimakan setelah dikukus, dibakar, digoreng, diolah menjadi berbagai macam panganan atau diragikan menjadi tapai.

Sedangkan ubi jalar menempati urutan kelima setelah ubi kayu sebagai pengganti bahan makanan pokok, kecuali di Papua dan Maluka yang dikonsumsi sebagai makanan utama. Kelebihan dalam ubi rambat adalah dapat bertahan hidup dalam kondisi iklim yang kurang baik dan tidak memiliki tipe tanah dan mempunyai nilai ekonomi yang penting untuk masa depan.

Sagu
Salah satu jenis tepung yang memiliki potensi mensubstitusi terigu adalah tepung sagu. Tepung sagu dapat diolah menjadi bermacam-macam makanan ringan atau panganan. Sagu merupakan sumber karbohidrat yang sangat potensial di Indonesia khususnya dalam usaha penganekaragaman pangan. Jika dilihat dari komponen makro nutrien pati sagu maupun komposisinya dibandingkan dengan tepung beras maupun terigu, sagu merupakan sumber karbohidrat baik.

Sorghum
Berdasarkan susunan kimiawi, jika dibandingkan dengan jagung putih, sorghum memiliki karbohidrat yang hampir sama dengan jagung putih sehingga dapat dijadikan sebagai sumber kalori pengganti beras. sorghum juga mengandung protein yang lebih tinggi dan mineral serta vitamin A dan B dibandinkan dengan jagung putih.

Referensi

Wil, D. K. et al. 2006. Pemanfaatan Komoditas Non Beras dalam Diversifikasi Pangan Sumber Kalori. Jurnal Penelitian. 4(1): 47-56.

1 Like