Tanah seperti apa yang cocok untuk dijadikan taman?


(Maulida Sabrina) #1

Karena tanah merupakan elemen yang sangat penting untuk membangun taman maka ada baiknya menggunakan tanah yang subur. Tanah yang subur akan meningkatkan kualitas hidup komponen tanaman yang akan digunakan pada saat membuat taman.


(Bibin) #3

Tanah Meditaeran

Tanah ini mudah ditemukan pada daerah yang beriklim lembab. Ia terbentuk dari batuan berkapur yang banyak mengandung karbonat. Ternyata tanah mediteran memiliki banyak kandungan air, Al, Fe dan bahan organik lainnya. Sehingga tanah ini termasuk cocok untuk dipersawahan. Keberadaannya tersebar di Jawa, Sulawesi, Sumatra dan Nusa Tenggara.

Itu tadi sembilan jeni-jenis tanah yang baik untuk tumbuhan. Beragamnya macam tumbuhan, jenis-jenis akar tumbuhan, kebutuhan tumbuhan dan lingkungan hidup yang disukai oleh tumbuhan, memungkinkan berbagai tanah untuk ditanami dengan tanaman yang berbeda-beda. Seperti pada tanah lempung yang baik untuk padi, ia tergolong subur. Namun akan menjadi seperti tanah yang tidak subur jika kita tanami palawija yang tidak terlalu membutuhkan banyak air.

Karena bukan hanya resiko atau Akibat kurang air untuk tumbuhan yang mungkin terjadi, kelebihan kandungan air pada tanah dapat mengekibatkan resiko terhadap tumbuhan tertentu yang tidak menyukai tanah berair. Sehingga yang paling penting dalam memilih jenis tanah yang baik untuk tanaman, yang pertama harus kita pertimbangkan adalah masuk pengelompokan tumbuhan apakah tanaman yang akan kita tanam? seperti apa jenis tanamannya, apakah dia menyukai air atau tidak, dan lain-lain. Barulah kita carikan tanah yang cocok. Karena tidak semua tanah yang kita anggap subur akan menyuburkan berbagai jenis tanaman.

Bagi tumbuhan, tanah berfungsi sebagai tempat bekerjanya fungsi akar pada tumbuhan. Seperti untuk menopang, mencari makanan dan lain-lain. Pencemaran tanah, dampak sampah plastik, dampak pencemaran udara, dan macam-macam pencemaran lingkungan lannya juga akan menimbulkan akibat yang buruk pada tumbuhan.