Tali pocong tidak dilepas?

Mitos pertama yang masih berkembang ditanah Jawa adalah tali pocong yang lupa dilepas. Dalam menguburkan mayat secara Islam, talinya harus dilepas. Mitosnya, bila tali lupa tidak dilepaskan pocong akan bergentayangan. Orang-orang percaya bila tali lupa dilepas maka arwah juga tidak bisa lepas dan mereka bergentayangan hingga 40 hari disekitar kampung untuk melepaskan tali pocongnya. Bagaimana menurut kalian?

menerut sumber yang saya baca, Mitos yang satu ini diperkuat pula dengan berbagai tayangan film misteri yang menyajikan kisah seperti itu. Padahal pocong yang dilihat di film hanya rekaan manusia semata dan bukanlah yang sebenarnya. Meski kita diwajibkan percaya dengan adanya alam gaib seperti jin dan setan, namun mitos tentang pocong bukanlah kepercayaan yang harus diyakini. Itu hanyalah sebuah mitos yang memiliki tujuan agar manusia menjadi takut pada hal gaib selain Allah. Untuk itu perlu adanya peranan agama dalam hal ini.

Mitos tentang kisah awal munculnya makhluk gaib bernama pocong ternyata cukup meraih sukses di kalangan masyarakat Indonesia. Sejak dari dulu hingga sekarang, mitos tersebut seperti terpupuk dengan subur sehingga imajinasi manusia mulai menakuti diri mereka sendiri.Itulah yang membuat produsen film banyak membuat film tentang misteri seperti pocong. Semakin kuatlah pula kepercayaan masyarakat tentang kisah tali pocong yang lupa dilepas tersebut.