Tak Punya Odol, Gigi Manusia Purba Ternyata Lebih Sehat

image

Jaman sekarang untuk membersihkan gigi kita dapat menggunakan odol, sikat gigi bahkan mouthwash. Nah! Tahukah kalian manusia purba yang belulm mengenal barang tersebut giginya jauh lebih sehat loh!

Fakta tersebut muncul dari hasil penelitian Dr. Christina Adler, peneliti Australian Center for Ancient DNA, University of Adelaide. Riset dipublikasikan di jurnal Nature Genetics baru-baru ini.

Adler dan timnya mengekstrak DNA dari plak gigi 34 manusia purba di Eropa bagian utara. Mereka kemudian meneliti keragaman bakteri yang ada, membandingkan antara manusia yang hidup di era berburu, meramu, Neolitik, pertanian, dan akhirnya di era industri. Peneliti menemukan, komposisi bakteri mulut berubah seiring waktu. Perubahan terjadi saat memasuki era pertanian serta permulaan era industri 150 tahun lalu. Berbeda dari era berburu dan meramu, bakteri pada manusia modern cenderung lebih homogen.

“Yang kami temukan, manusia masa berburu dan meramu memiliki lebih sedikit frekuensi penyakit terkait bakteri daripada hari ini. Dan, jumlah spesies per mulut, atau keragamannya, lebih banyak pada manusia masa lalu,” kata Adler.

http://klinikjoydental.com/tak-punya-odol-gigi-manusia-purba-ternyata-lebih-sehat/