Tahun 2020 Terjun Ke Dunia Politik? Gak asik!

Sebagaimana dikutip pada laman resmi Kementerian Dalam Negeri oleh Pikiran-Rakyat.com, Bahtiar mengatakan bahwa di Tahun 2020, kondisi politik akan sangat dinamis.

“Indeks Demokrasi Indonesia memiliki tren terus naik dan di Tahun 2020 akan ada perbaikan sistem politik dan pendidikan politik yang berjalan di masyarakat sehingga di tahun mendatang kondisi politik akan sangat dinamis,” ujar Bahtiar pada Selasa 31 Desember 2019, di Jakarta.

Ia juga menjelaskan, pendidikan politik masyarakat akan meningkat dengan dilaksanakannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 mendatang. Tantangan yang pertama adalah tantangan Integritas, profesionalisme dan manajemen tata kelola Pemilu. Tantangan yang kedua adalah media sosial sebagai potensi sumber konflik. Tantangan yang ketiga adalah politik identitas sebagai sumber konflik selanjutnya. Penyederhaaan regulasi di bidang politik bertujuan untuk menata sistem politik agar lebih baik dan lebih sehat.

Jadi, tahun 2020 terjun ke dunia politik gak asik? Tentu tidak, beragam tantangan dan kondisi politik yang kian dinamis membuat ketertarikan tersendiri untuk terjun ke dalam dunia politik. Lalu tunggu apa lagi? Yuk aktif dalam dunia politik! Mulai dari menulis artikel, berdiskusi, dan beropini.

Betul, menurut saya politik akan terus dibutuhkan, tidak bisa kita berdiri tanpa adanya politik di dalamnya.