Tahukah Anda tentang Lukisan The Scream ?

Ada banyak alasan mengenapa sebuah lukisan dihargai sangat mahal. Kebanyakan karena memiliki gambar yang memang bagus atau nama dari pelukisnya yang mungkin sudah terkenal. Seperti lukisan The Scream yang abssurd ini, bagaimana gambarnya ?

“The Scream”


The Scream ini bisa dibilang salah satu karya yang paling terkenal. Lukisan ini sering dikaitkan dengan hal-hal mistis, walaupun sebenarnya tak ada yang lebih mistis dari karya ini selain harganya yang edan. Lukisan yang dibuat oleh Edvard Munch ini memang nggak karuan banderol harganya. Bill Gates pun bakal pikir-pikir untuk membelinya.

Harganya sendiri adalah sekitar $119 juta atau sekitar Rp. 1,5 triliun. Lukisan ini sendiri banyak ceritanya memang. Salah satunya bahkan dikorelasikan dengan tragedi meletusnya gunung Kratau. Katanya, Munch terinspirasi oleh kejadian mengerikan tersebut kemudian menumpahkannya lewat lukisan.

Jujur saja sebagai orang awam kita pasti menganggap lukisan “The Scream” sangat biasa. Bahkan kalau dibandingkan dengan lukisan pemandangan, lukisan tersebut seolah tidak ada apa-apanya. Tetapi siapa kira jika lukisan seperti itu justru memiliki harga jual yang fantastis. Menurut saya, hal yang membuatnya mahal adalah karena pelukis sendiri yang memang sudah sangat terkenal serta makna yang begitu mendalam di baliknya.