Sumber: Tadashi Yanai & family
Nama: Tadashi Yanai
Umur: 67
Penghasilan: Fashion Retail
Tempat tinggal: Tokyo, Japan
Status: Menikah
Pendidikan Akhir: Bachelor of Arts/ Science, Waseda University
Total Kekayaan: 18,3 billion dollars - 245.512.800.000.000 Rupiah
Published Works:
One win, Nine Losses (1991)
Throw away your success in a day (2009)
Peringkat berdasarkan Forbes:
#1 Japan’s 50 richest(2016)
#1 in 2015
#57 Billionaires(2016)
#1 in Japan
Tadashi Yanai adalah CEO dari Fast Retailing Co, dan owner dari Uniqlo clothing, dan Tadashi Yanai juga chairperson dari chairman,G.U.CO.,LTD. Fast Retailing Co, sendiri adalah . Misi dari Fast Retailing Co, sendiri adalah untuk membuat pakaian dengan cara unik dan untuk memperkayai kehidupan orang dengan aktivitas unik perusahaan Fast Retailing itu sendiri. Uniqlo sendiri adalah sebuah toko online yang menjual pakaian-pakaian dan aksesoris. Uniqlo sendiri sudah tersebar di berbagain negara, contoh seperti Indonesia sendiri, Korea, Malaysia, United Kingdom, dan lain-lain.
Riwayat Karir
Tadashi Yanai lahir pada 7 febuari tahun 1949, Yanai lulus dari Waseda University pada tahun 1971 di political science. Setelah Tadashi Yanai lulus, Ia mulai menjual pakaian pria dan peralatan memasak di Jusco Supermarket. Pada akhirnya, Tadashi keluar dari Jusco dan mulai bekerja di bisnis menjahit milik ayahnya yang bernama Ogori Shoji. Sejak Tadashi Yanai mewariskan toko ayahnya, Ogori Shoji mempunyai toko pakaian pria yang bernama Unique Clothing Warehouse, yang sekarang bernama Uniqlo, pada tahun 1984 di Hiroshima, Japan. Dan pada tahun 1991, Ogori Shoji mengubah namanya menjadi Fast Retailing co. Karena Tadashi Yanai memiliki intuisi dan memiliki kepribadian bebas bertindak di bawah wewenangnya sendiri, pada 10 tahun kemudian, Ia telah membuka toko-toko kecil dan memimpin IPO pada tahun 1994. Pada tahun 1998, terdapat 300 toko uniqlo di seluruh Jepang. Sekarang, Perusahaan Utama Tadashi Yanai, Fast Retailing co, mempunyai lebih dari 2000 toko dibawah namanya dan menjadi 4 toko pakaian terbesar di Jepang. Brand yang berada di naungan Fast Retailing co, ini termasuk Uniqlo, Helmut Tang, Comptoir des Cotonniers, dan lain-lain. Uniqlo sendiri sudah mempunyai lebih dari 1600 toko dalam 16 negara, lebih dari 800 toko berada di Jepang, 400 di China, 49 berada di Amerika, dan 10 toko berada di London, UK.
Fakta-fakta
Tadashi yanai mempunyai beberapa fakta-fakta yang keren. Fakta pertama adalah Tadashi Yanai senang dalam kegagalan. Kebanyakan orang takut akan kegagalan, tapi tidak dengan Tadashi Yanai. Sejak Uniqlo gagal ke china, Britain, dan America, Tadashi Yanai berpikir bagaimana dia akan sukses kedepannya. Tadashi Yanai berpikiran kalau kegagalan jangan dilihat sebagai sebuah kegagalan, melainkan sebuah tantangan.
Fakta yang kedua adalah Tadashi Yanai mempelajari brand-brand terkenal di dunia untuk membuat uniqlo. Tadashi Yanai pertama mempelajari brand -brand terkemukau, seperti Marks and Spencer, next, limited dan Gap. Sampai sekarang, Tadashi Yanai tetap mempelajarinya, seperti brand h&m dan Zara. Karena sekarang uniqlo mempunyai kategori pakaian olahraga, Tadashi Yanai mempelajari brand yang terkemukau seperti Nike dan Adidas. Tadashi Yanai sendiri memprediksi Uniqlo akan menjadi brand pakaian terbesar dan terkenal pada tahun 2020.
Fakta yang ketiga adalah bos yang berkepribadian Tough. Tadashi Yanai sendiri mengatakan, jika dirinya tidak berkepribadian Tough, bawahannya tidak akan bisa berkembang. Jika Tadashi Yanai sendiri tidak meminta banyak kepada bawahannya, uniqlo tidak akan bisa mencapai greatness.
Fakta yang terakhir adalah Tadashi Yanai khawatir siapa yang akan menggantikan dia sebagai ceo fast retailing co, dan uniqlo. Tadashi Yanai berpikir kalau sekarang, Ia tidak membutuhkan sebuah pengganti seperti dia. Tapi idealnya, Tadashi Yanai ingin membuat sebuah tim yang bisa membagi tugas kepada ceo yang baru.
Quotes
“Opening new stores outside of Japan is important, but training our employees is even more important.” – Tadashi Yanai
“In general, the apparel industry isn’t about continual process improvement or making the perfect piece of denim; it’s about chasing trends. – Tadashi Yanai
“At Uniqlo, we’re thinking ahead. We’re thinking about how to create new, innovative products… and sell that to everyone.” – Tadashi Yanai
Refrensi
https://www.businessoffashion.com/articles/people/uniqlo-fast-retailing-ceo-tadashi-yanai-management-principles
https://www.businessoffashion.com/community/people/tadashi-yanai
http://video.toggle.sg/en/video/series/conversation-with-s12/ep11/438681