Tabir surya apa yang baik ketika kita melakukan olahraga bersepeda?

Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat luas saat ini. Permasalahannya adalah sering kita bersepeda di pagi hari hingga siang hari, dan sering terpapar oleh sinar matahari. Cara yang paling efektif untuk meminimalkan efek sinar matahari adalah dengan menggunakan tabir surya (sunscreen atau sunblock). Pertanyaannya, Tabir surya apa yang baik untuk pesepeda ? Karena banyak sekali jenis tabir surya yang ada di pasaran.

Sebelum saya menjawab tabir surya yang baik ketika Anda bersepeda, pertanyaan dasarnya adalah mengapa pengendara sepeda butuh tabir surya (sunscreen) ?

Karena ketika kita bersepeda (outdoor) akan menjadikan tubuh berkeringat dan menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari langsung, dimana efeknya bisa terjadi sunburn (terbakar matahari) dan lama kelamaan bisa memicu kanker kulit.

Terkait dengan sunscreen, terdapat beberapa jenis suncreen yang ada, antara lain :

  • Physical Sunscreen. Sunscreen jenis ini mengandung zinc oxide dan titanium dioxide yang memberikan penghalang untuk kulit dan tidak diserap oleh kulit.

  • Chemical Sunscreen. Sunscreen jenis ini mengandung avobenzone dan diserap oleh kulit.

Lalu jenis apa yang baik untuk digunakan ketika bersepeda ?

Ketika bersepeda, sebaiknya Anda menggunakan chemical sunscreen, karena tidak meninggalkan bekas putih di kulit.

Selain jenis sunscreen diatas, yang perlu diperhatikan lagi adalah Sun Protection Factor-nya, atau biasa ditulis SPF. Apakah SPF 20, SPF 50 atau SPF 100 ?

Sunscreen SPF 50 yang diaplikasikan dengan benar akan memblokir 98% sinar UVB sedangkan sunscreen dengan SFP 100 akan memblokir 99%. Daripada membeli SPF yang lebih tinggi, disarankan untuk lebih dari 30 hingga 50 produk SPF setiap dua jam, karena SPF 50 tidak jauh berbeda.

Pertanyaan berikutnya adalah menggunakan tabir surya jenis Spray atau Cream ?

Untuk tabir surya jenis cream, butuh waktu sekitar 15-30 menit sebelum bisa digunakan untuk beraktivitas, sedangkan sunscreen jenis spray bisa langsung digunakan untuk beraktivitas. Jadi untuk bersepeda, sebaiknya menggunakan yang jenis spray.

Bagian tubuh mana yang harus diberi sunscreen ?

Bagian tubuh yang diberi sunscreen adalah punggung, tangan, paha, betis dan bagian tubuh lain yang terekspos sinar matahari.

Sebagai penutup, saran saat bersepeda, selalu gunakan longsleeves, helm, masker, pelindung siku, lutut dan hindari bersepeda pada jam 11 siang hingga jam 3 sore, mengingat pada jam segitu sinar matahari sangat kuat.

Stay Safe and Healthy