Svalbard Global Seed Vault, Norwegia: 'berangkas' kehidupan

Lokasi ‘berangkas’ ini terletak di Spitsbergen ini merupakan sebuah tempat konservasi bibit tanaman yang ada di dunia, dan menjadi salah satu tempat terlarang di dunia untuk didatangi. Svalbard Global Seed Vault sendiri didirikan oleh Conservationist Cary Fowler dan Consultative Group on International Agricultural Research (CGIAR) dengan tujuan untuk menlindungi sejumlah spesies flora dari krisis global. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai tempat ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, lokasi yang terletak di Spitsbergen ini merupakan sebuah tempat konservasi bibit bunga. Svalbard Global Seed Vault sendiri didirikan oleh dua buah organisasi yaitu Conservationist Cary Fowler dan Consultative Group on International Agricultural Research (CGIAR). Bank Benih Svalbard ini dirancang untuk menahan pemanasan global, gempa bumi dan bahkan serangan nuklir. Hingga sekarang terdapat kurang lebih sebanyak 500.000 total jenis benih yang berbeda di dalam brangkas tersebut

Referensi:

Saya pernah membaca di artikel Time yang membahas tentang berangkas ini. Dari artikel tersebut disebutkan bahwa berangkas ini menyimpan bibit-bibit tanaman yang usianya mulai dari 130.000 tahun yang lalu. Artikel tersebut juga membahas bahwa berangkas ini disebut-sebut sebagai “doomsday vault” yang digambarkan sebagai sebuah berangkas yang akan sangat berguna, nanti ketika waktu kiamat telah tiba dan dunia tidak memiliki persediaan tanaman sama sekali. Keren ya!

Artikel Time: http://time.com/doomsday-vault/