Susan Wojcicki : CEO of YouTube

Susan Wojcicki : CEO of YouTube

Pekerjaan

Ceo of YouTube.

Afiliasi lainnya

• Marketing Manager of Intel
• Management Consultant of Bain & Company
• Management Consultant of R.B Webber & Company
• Marketing Manager of Google
• Senior vice president of Advertising & Commerce of Adsand Commerce
• Leader of Adwords, AdSense, DoubleClick and Google Analytics

Tempat dan Tanggal Lahir

Santa Clara County, California, July 5, 1968

Kewarganegaraan

United States Of America

Pendidikan

Harvard College (Bachelor of Arts)
The University of California, Santa Cruz (Master of Science)
UCLA Anderson School of Management (Master of Business Administration)

Total Kekayaan

US$ $350 Million Dolar (December, 2016)

Peringkat berdasarkan Forbes

• 8 Forbes 100 Most powerful women (2016)
• 9 Forbes 100 Most powerful women (2015)
•40 America’s Self-Made Women (2016)

Tempat Tinggal

Los Altos, California, United State

Status Perkawinan

Menikah Dennis Troper pada 23 Agustus 1998 Di Belmont, California

Riwayat Hidup


Susan Wojcicki lahir di Santa Clara County, California tanggal 5 Juli 1968. Dia adalah putri dari Esther Wojcicki, seorang pendidik dari keturunan Yahudi Rusia, dan Stanley Wojcicki, seorang profesor fisika Amerika Polandia di Stanford University Susan Wojcicki memiliki dua orang saudara kandung. Saudara kandung pertama bernama Janet Wojcicki. Saat ini ia merupakan seorang Antropolog dan ahli Epidemiologi. Sedangkan saudara kandung lainnya bernama Anne Wojcicki, merupakan pendiri dari 23andMe. Susan Wojcicki lahir dari pasangan yang sangat berdedikasi terhadap dunia pendidikan. Ayahnya, adalah seorang profesor fisika di Stanford University sementara ibunya adalah salah satu staf pendidik berdarah Jerman-Yahudi. Di masa muda, Susan Wojcicki telah menunjukkan minatnya yang besar terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Susan Wojcicki merupakan lulusan dari Harvard University. Ia mengambil jurusan sejarah dan sastra di sana.Pada tahun 1990, ia pun menamati pendidikannya. Sebelumya Susan Wojcicki merencanakan untuk meraih gelar PhD dalam bidang ekonomi. Namun rencana tesebut sirna, ketika ia mengenal dunia teknologi.
Susan menyelesaikan jenjang sarjana di Harvard University pada tahun 1990 dan juga menerima gelar master ekonomi setelah menyelesaikan studi di University of California pada tahun 1993. Tak puas dengan 2 gelar pertamanya, Susan juga memperoleh gelar master di bidang administrasi bisnis pada tahun 1998.

Pada tahun 1998, tepatnya pada tanggal 23 Agustus,Susan Wojcicki menikah dengan Dennis Troper di Belmont, California. Mereka memiliki lima anak. Pada tanggal 16 Desember 2014, menjelang mengambil cuti melahirkan kelima, Wojcicki menulis sebuah op-ed di Wall Street Journal tentang pentingnya cuti bersalin. Dia sering dikutip berbicara tentang pentingnya menemukan keseimbangan antara keluarga dan karir Saat itu kekayaan bersih yang dimiliki oleh Susan Wojcicki sebesar $300 juta.

Riwayat Karir


Pada tahun yang sama, tepatnya bulan September 1998, perusahaan Google mendiirikan kantornya di depan garasi Susan Wojcicki, tepatnya di Menlo Park.
Sebelum menjadi manajer pemasaran pertama Google pada tahun 1999, Wojcicki bekerja di pemasaran di Intel di Santa Clara, California dan konsultan manajemen di Bain & Company dan R.B. Webber & Company.

Di Google, Lalu di Google ia bekerja di bagian viral marketing Google Doodles pertama, sebagai karyawan ke-16.Wojcicki juga mengambil bagian dalam pengembangan kontribusi sukses Google seperti Google Images dan Google Books.

Susan Wojcicki pun tumbuh dan berkembang di Google. Karena setelah menjalani beberapa tahun di sana, Ia menjadi Senior Vice President of Advertising & Commerce. Selain itu ia juga memimpin iklan dan produk analitik. Seperti Adwords, Google Book Search, Google Video, dan Google Analytics.

Susan Wojcicki berhasil mengembangkan Adsense menjadi sumber pendapatan terbesar kedua bagi Google. hal lain yang dilakukann dirinya yakni mengawasi Google Video. Ia mengusulkan ke Google untuk membeli YouTube. Nyatanya Susan Wojcicki berhasil menangani akuisisi terbesar bagi Google. Pada tahun 2006, Google membeli YouTube seharga $1,65 miliar. Lalu, pada tahun 2007, Google membeli DoubleClick seharga $3,1 miliar. Pada tahun 2014 Setelah berhasil tangani akuisisi terbesar bagi Google. Susan Wojcicki diangkat menjadi CEO YouTube. ia merupakan orang yang penting dalam iklan di Google.

Fakta-fakta


  1. Wojcicki adalah penduduk asli San Fransisco. Dia lahir dan dibesarkan disana, sebelum Menjadi teknologi dan startup hotspot sekarang.
  2. Wojcicki telah dengan Google sejak awal: dia adalah karyawan 16 mereka dan perusahaan benar-benar bekerja dari garasinya untuk beberapa bulan pertama.
  3. keputusan besar pertamanya pada pekerjaan itu adalah meninggalkan garasi kecilnya dan menggerakan perusahaan ke Mountain View.
  4. Wojcicki mempelopori pembelian Youtube Google. Pada saat itu, dia bertanggung jawab atas Google Video, YouTube adalah yang paling menjanjikan untuk menjadi pesaing. Sejak Google mengakuisisi YouTube pada tahun 2006, nilai layanan video online sekali-kecilnya telah menggelembung. Pada Mei tahun ini, YouTube senilai $ 80 miliar meninggalkan eBay, Yahoo, dan Starbucks di belakang
  5. Dominasi mesin pencari Google juga karya Wojcicki: dia bertanggung jawab untuk awalnya memasarkan layanan mesin pencari mereka, yang dia lakukan dengan anggaran persis nol dolar. Bagaimana dia melakukannya? Dia mulai bermitra dengan universitas dan memiliki mereka mencakup bar pencarian Google di situs Web mereka - dan semuanya tumbuh dari sana.
  6. Banyak pembuat YouTube telah terkesan dengan upaya Wojcicki untuk melibatkan mereka dan memahami kebutuhan mereka. Wojcicki telah mengulurkan tangan untuk bakat YouTube, dan dia bekerja untuk memahami kebutuhan dan tujuan mereka. pidato utama nya di VidCon, sebuah konferensi untuk para eksekutif industri, seniman YouTube, dan penggemar, berbicara kepada koneksi ke dan minat masyarakat YouTube.
  7. Dia melihat realitas virtual sebagai perbatasan baru YouTube. Dengan Facebook dan Vessel muncul pesaing video viral semakin menonjol, YouTube perlu berinovasi dan mereka melakukannya dengan memberdayakan pencipta untuk membangun immersive, konten 3-D. “Kami ingin memberdayakan semua untuk memetakan perbatasan baru ini,” kata Wojcicki
  8. Wojcicki telah membuktikan bahwa siapa pun yang berpikir Anda tidak bisa menyeimbangkan orangtua dan menjadi eksekutif puncak asalah salah. dia seorang ibu lima anak-anak. Meskipun banyak rekan mengasumsikan bahwa dia akan menyerahkan karirnya ketika ia memiliki anak kedua, tetapi dia terus mendorong karirnya
  9. Wojcicki adalah veteran di menyeimbangkan kehidupan rumah dan kehidupan kerja: dia selalu pulang untuk makan malam, dan mencurahkan jam 6: 00-9: 12:00 untuk keluarganya. Setiap pemimpin bisa belajar dari teladannya.
  10. Hari ini, Google adalah tempat yang ramah bagi orang tua bekerja: ibu-to-be memiliki tempat parkir khusus, karyawan mendapatkan 18 minggu cuti orangtua, dan ada kamar keperawatan di situs. Tapi ketika Wojcicki pertama kali bekerja di perusahaan, dia hamil empat bulan dan tidak ada di Google pernah mengambil cuti orangtua. Sekarang, dia menganjurkan untuk federal diamanatkan, cuti orangtua, yang ia berharap akan meningkatkan jumlah perempuan yang berpartisipasi dalam angkatan kerja.
  11. Dia adalah wanita pertama yang hamil di Google

Quotes


We are a consumer company and our success is directly linked to our users trusting us. Therefore we have the same incentive as the user: they want to see relevant advertising so their experience of Google is positive and we want to deliver it.
Susan Wojcicki

There are unlimited opportunities for display advertising. In fact, we’re in the process of massive change in the display industry - how it’s bought, how it’s sold, and how it’s targeted.
Susan Wojcicki

Though we do need more women to graduate with technical degrees, I always like to remind women that you don’t need to have science or technology degrees to build a career in tech.
Susan Wojcicki

I think the phone is a really personal device in a lot of ways. If you drop your phone or lose it there’s a moment of panic. On the other hand, there’s a lot of control that users have.
Susan Wojcicki

My smartest move was joining Google. It wasn’t obvious at the time that it would be a good decision. A lot of people, many of my friends, advised me against it.
Susan Wojcicki

The great thing about the Internet is you can launch a product, and within just a few hours, people will tell you what they think about it.
Susan Wojcicki

Referensi

https://en.wikipedia.org/wiki/Susan_Wojcicki
https://successstory.com/people/susan-diane-wojcicki
http://www.inc.com/marla-tabaka/12-surprising-facts-about-youtube-ceo-susan-wojcicki.html
https://www.wired.com/2011/05/susan-wojcicki/
http://www.forbes.com/profile/susan-wojcicki/
http://www.businessinsider.co.id/google-cofounders-paid-1700-garage-rent-2015-9/?r=US&IR=T#jBhtlzSyspCs0DRR.97
https://www.brainyquote.com/quotes/authors/s/susan_wojcicki.html
http://www.azquotes.com/author/15873-Susan_Wojcicki

1 Like