Support System: Seberapa Penting Untuk Kita Miliki?

photo-1604881991720-f91add269bed

Support system adalah orang-orang (teman, sahabat, keluarga) yang memberikan dukungan secara langsung maupun emosional kepada individu. Sebagai seorang makhluk sosial tentunya kita tidak bisa hidup sendiri. Oleh karena itu, support system ada untuk menemani dan membantu kita menjalani kehidupan sehari-hari, bahkan saat kita mengalami masa sulit kehidupan.

Menurut Youdics, seberapa pentingkah untuk kita memiliki support system? Siapa support system terbaik dalam kehidupan kalian?

1 Like

Sebagai manusia kita memang tidak bisa untuk hidup sendiri. Support system terdiri dari orang-orang yang mampu untuk memahami, memberikan semangat dan selalu peduli tentang keadaan dan kondisi apapun yang kita alami baik itu menyenangkan ataupun menyulitkan. Kehadiran support system menurut aku memang memiliki peran tersendiri yang memang penting untuk keberhasilan kita juga dalam mencapai tujuan hidup dan bertahan dalam menghadapi hal-hal yang sulit atau tidak menyenangkan. Dan menurut aku juga support system itu sangat dibutuhkan untuk kesehatan fisik dan mental kita juga, karena kita bisa mengurangi stress dengan bercerita tentang hal apapun dan kita bisa merasa lega dan lebih semangat dalam menjalani hidup.

Dikarenakan support system itu penting, kita juga harus bisa untuk menjaga hubungan dengan mereka, seperti caranya menjadi pendengar yang baik, saling mendukung satu sama lain, menjaga komunikasi dengan baik, menawarkan bantuan dan juga berterimakasih atas kebaikan atau pertolongan yang sudah diberikan.

2 Likes

Ya, aku setuju banget sama pendapat di atas. Manusia merupakan makhluk sosial, sehingga manusia tidak bisa hidup dengan dirinya sendiri, pasti membutuhkan orang lain. Menurut aku memiliki support system itu penting banget, karena tidak selamanya kita bisa mengatasi semuanya sendiri. Pasti ada waktu dimana kita ingin ingin bersandar, ingin didengar, ingin disemangati, ingin dihibur, ingin dimengerti oleh orang yang kita percaya dan sayangi. Tetapi di samping itu kita juga tidak boleh lupa untuk memberikan apa yang telah orang berikan, sama kayak yang dituliskan oleh kak @angeline.29

Jadi jangan meluluk kita minta dan berharap ini itu ke orang lain, tapi kita sendiri tidak memberikan hal yang setimpal kepada mereka.

2 Likes

Istilah support system ini merujuk pada sistem dukungan sosial yang berisi beberapa orang yang kamu percayai sebagai tempat menyampaikan keluh kesah dan tempat mencari bimbingan. Support system biasanya adalah keluarga dan teman-teman terdekat. Support system bisa menjadi komponen kunci dalam psikologis yang kuat dan hubungan yang erat dengan seseorang. Mereka adalah orang-orang yang ingin kita ajak untuk menghabiskan waktu bersama. Hubungan ini akan mempengaruhi kita dalam bertindak dalam kehidupan sehari-hari, dan pastinya untuk pengembangan diri sendiri.

Banyak sekali praktisi kesehatan yang mengatakan bahwa support system yang kuat itu penting sekali untuk dimiliki tiap individu. Ketika kita sedang mencoba mencapai tujuan atau menghadapi krisis, para ahli menganjurkan untuk kita bisa bersandar pada teman dan keluarga untuk mendapatkan dukungan. Karena sejatinya support system itu penting sekali bagi kesehatan mental dan fisik kita secara keseluruhan. Beberapa hal yang bisa kita dapat dari support system adalah:

  • Mendorong pilihan dan perilaku yang positif
  • Membantu menghadapi stress
  • Support system dapat meningkatkan motivasi
Referensi

Pentingnya Support System untuk Pengembangan Diri

1 Like

Manusia adalah mahkluk sosial. Tidak bisa kita hidup sendiri. Semandirinya seseorang pastinya ia membutuhkan seseorang untuk berada disisinya dan mendengarkan segala keluh kesahnya tanpa adanya judgement. Untuk saya, support system itu penting banget. Ketika kita sedang dalam mental yang tidak baik, orang ini yang akan membantumu untuk merangkak dan bangkit kembali. Namun, tidak bisa kita menggantungkan kepercayaan kita 100% kepada orang ini juga. Karena manusia itu bersifat dinamis, mereka mudah sekali berubah. Untuk itu, bagi saya support system terbaik adalah diri sendiri. Diri sendirilah yang paling mengenal siapa saya. Paling tahu segala usaha kerja keras dan setiap langkah kegagalan yang pernah saya coba. Dan ia jugalah yang satu-satunya orang yang tidak akan pernah meninggalkan saya.

1 Like

Bagiku support system itu penting banget.

Setiap individu pasti tidak melulu berada pada posisi di atas, ada kalanya dimana kita merasa berada di titik terbawah dalam hidup. Begitupun perasaan-perasaan yang sering muncul seperti merasa sedih, bahagia, atau bahkan merasa cape terhadap suatu hal yang tidak jarang rasanya ingin hampir menyerah. Disitulah alasan mengapa support system itu sangat penting dalam hidup kita, baik itu dari orang tua, teman, sahabat, saudara, bahkan kekasih. Sebab kita tahu bahwa manusia tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan orang lain. Terlebih, aku pribadi tidak dapat menampung segala emosi yang aku punya pada diri aku sendiri. Untuk itu, support system memiliki peran yang sangat penting.

Tidak hanya itu, support system juga dapat membantu kita dalam menghadapi situasi yang sulit. Terutama ketika kita sedang mengalami perasaan bimbang atau tidak tahu bagaimana cara mengatasi masalah yang dihadapi. Dimana hal tersebut juga sering aku alami sebagai mahasiwa. Untuk itu, kita bisa mencoba ceritakan masalah tersebut kepada orang yang dianggap sebagai support system tersebut. Sehingga, kehadiran mereka sebagai support system dapat membantu kita untuk mengatasi stress yang dapat mengganggu baik secara fisik maupun mental. Sebab, berdasarkan apa yang aku amati tidak jarang banyak orang yang mengalami gangguan kesehatan mental karena memendam masalah mereka sendiri dan tidak menceritakannya pada orang lain. Selain itu, support system juga dapat mendorong kita untuk melakukan hal-hal yang positif.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa support system memiliki peran yang sangat penting bagi seseorang. Sebab kita sebagai manusia dikodratkan untuk saling membantu satu sama lain dalam menghadapi suatu masalah.

Sumber

Ini Manfaat Memiliki Support System dan Cara Menjaganya - Alodokter

1 Like

Menurutku penting kita memiliki support system di kehidupan kita. Sebab kehadiran support system memainkan peran penting dalam keberhasilan kita untuk bertahan saat menghadapi keadaan yang sulit. Melansir Very Well Mind, support system menjadi komponen kunci dari hubungan yang solid dan kesehatan psikologis yang kuat. Mereka adalah orang pertama yang kamu temui saat menghadapi krisis pribadi dan membutuhkan bantuan segera. Mereka adalah orang-orang yang ingin kamu ajak untuk menghabiskan waktu bersama. Hubungan ini memainkan peran penting dalam cara kamu bertindak dalam kehidupan sehari-hari, dan pastinya untuk pengembangan diri sendiri.

Begitu pentingnya support system yang kuat untuk kesehatan mental kita, oleh karena itu kamu harus membangun hubungan yang kuat dengan orang-orang di sekitar kamu. Memiliki orang yang berperan sebagai support system tidaklah mudah, maka jaga lah mereka seperti mereka menjaga kita. Berikan feedback yang setimpal untuk kehidupannya, buatlah mereka merasa dihargai juga sebagai support system.

Sumber

Florencia, Gabriella. 2020. Pentingnya Support System untuk Pengembangan Diri. Halodoc.

2 Likes

Menurutku, support system sangat penting dalam kehidupan kita terlebih saat menangani situasi sulit.hadirnya support system dapat membantu kita agar terhindar dari keputusan yang gegabah. Tidak hanya membantu menangani situasi yang sulit, hadirnya support system juga bisa membantu Anda mengatasi stress serta menurunkan risiko sakit akibat stress, baik itu sakit secara fisik maupun mental.

1 Like

Kehadiran support system memainkan peran penting dalam keberhasilan kita untuk mencapai tujuan hidup dan bertahan saat menghadapi keadaan yang sulit. Tidak hanya itu, memiliki support system juga dapat bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Sejauh ini, support system terbaik saya adalah diri sendiri

Menurutku kehadiran support system ini sangatlah penting untuk kesehatan dan ketenangan jiwa kita. Karena mereka adalah pendukung kita yang kita percaya bisa menemani dan membantu dimasa sulit kita. Dukungan tepat yang mereka berikan bisa menjadikan kita reda terhadap stress, reda terhadap pikiran negatif. Walaupun memang ada benarnya jika ketenangan yang sempurna didapat dari Tuhan. Tetapi tetap, kita merupakan makhluk sosial, dimana pasti membutuhkan afeksi juga dari sesama manusia.

Keberadaan mereka sangat penting untuk mendorong dan meyakinkan kita bahwa semua akan baik-baik saja. Karena tanpa kita menyandarkan diri kita kepada mereka disaat pikiran kita sedang tidak baik baik saja, itu akan menimbulkan kefatalan. Contohnya seperti depresi, alkohol, penyakit kardiovaskular, bahkan sampai bunuh diri. Makanya sangatlah penting support system ini ada di kehidupan kita.

Untuk menjaga hubungan dengan mereka yang sudah menjadi support system kita, ada beberapa caranya agar hubungan tetap terjalin dengan baik dan sama-sama saling melengkapi kebutuhan. Kita harus mengusahakann agar tetap terjalin komunikasi, karena sekarang lagi dimasa ppkm, bisa dijalin dengan meluangkan waktu untuk menelfon walaupun hanya menanyakan kabarnya. Saling mendukung terhadap apa yang diusahakan dan dicita"kan juga cara untuk menjaga hubungan dengan support system. Ketika mereka lagi butuh support untuk mendapatkan cita-cita mereka, kita juga tidak segan" memberikan dukungan dan penguatan agar mereka tambah semangat

1 Like

Menurutku support system penting karena dalam kehidupan sehari-hari pasti kita akan melewati banyak momen dari keadaan susah maupun senang dan kehidupan juga tidak selalu berada di atas, ada kalanya berada di bawah. Sebagai manusia normal, tentunya kita membutuhkan support di saat-saat sulitnya. Support yang dapat di terima banyak sekali bentuknya mulai dari tutur kata maupun tindakan. Support ini juga dapat datang dari mana saja yang mana kebanyakan dari orang-orang terdekat. Dengan adanya support, maka akan mengurangi beban seseorang. Support juga dapat diterima dalam bentuk solusi yang dapat digunakan dalam memecahkan masalah yang ada. Kata-kata yang berisikan semangat juga mampu meningkatkan rasa ingin lebih berjuang dalam hati kita. Tanpa adanya support system, kita pasti akan memikul segala permasalahan pada diri sendiri yang dapat memicu pada kesehatan mental maupun fisik. Banyak orang masih tak menyadari bahwa penyakit mental sangat berbahaya yang mampu memicu rasa ingin mengakhiri hidup dikarenakan orang-orang tersebut tidak menemukan solusi terhadap masalahnya dan merasa tidak memiliki seorangpun yang dapat diajak berbagi atas segala kecemasan yang mereka miliki. Setiap orang berhak mendapatkan support dari orang-orang disekelilingnya, dan juga wajib menjadi support system bagi orang lain yang diharapkan dapat membantu segala masalah sehingga semakin mudah dilalui.

1 Like