Sunrise Bukit Sikunir Dieng ?

image

Sunrise Bukit Sikunir Dieng yang sangat indah?

image

Puncak bukit Sikunir memiliki pemandangan matahari terbit yang sangat indah. Wisatawan dari dalam dan luar negeri mulai memadati rute pendakian sepanjang kurang lebih 1 km di pagi buta, menyusuri jalan setapak sempit dan menanjak terjal menuju puncak bukit Sikunir untuk melihat keindahan Golden Sunrise Bukit Sikunir berlatar Gunung Sindoro dan Sumbing yang menawan.

Perjalanan pendakian ini memakan waktu sekitar 30 menit, melewati jalan yang menanjak di tepian jurang. Beberapa kawasan jalur pendakian sudah diberi perkerasan (paving block) dan pembatas jalan dengan tali serta pengaman, namun di beberapa tempat jalur pendakian masih alami berupa tanah yang berdebu di musim panas dan licin di musim hujan. Wisatawan yang belum berpengalaman dengan aktivitas mendaki gunung sebaiknya berhati-hati dan mempersiapkan diri dengan baik, gunakan alas kaki dan pakaian yang memadai untuk kegiatan di luar ruangan serta membawa air minum untuk mencegah dehidrasi.

Karena pendakian umumnya dimulai di pagi buta, udara di kawasan Sikunir dengan ketinggian sekitar 2.200 meter di atas permukaan laut akan menjadi sangat digin, terlebih lagi suhu udara ketika sampai di puncak. Oleh karena itu persiapkan pakaian hangat seperti jaket, sarung tangan dan pelindung kepala untuk melawan hawa dingin ketika menikmati atau menunggu matahari terbit. Ada baiknya pengununjung juga membawa makanan kecil atau termos air yang bisa menahahan suhu air minum tetap hangat.

Walaupun hanya melakukan aktivitas pendakian ringan, sebaiknya wisatawan juga tidak meremehkan pendakian Bukit Sikunir ini, tetaplah waspada terutama kaitanya dengan kondisi ketinggian seperti suhu udara yang dingin, jalan yang menanjak dan kadar oksigen yang tipis. Mendakilah dengan santai / tidak terburu-buru agar tubuh anda dapat beradaptasi dengan perubahan ketinggin. Waspadai gejala penyakit ketinggian seperti sakit kepala dan pusing. Segeralah turun jika anda merasa ada yang tidak beres dengan tubuh anda. Perbanyak minum air putih selama perjalanan untuk menghindari gejala dehidrasi, walaupun anda tidak merasa haus. Aktivitas luar ruangan di udara dingin sering kali mengaburkan gejala dehidrasi, tubuh kekurangan cairan sementara anda tidak merasa haus sama sekali.

sumber : http://www.indotravelers.com/jawa-tengah/dieng/sunrise_sikunir.html