Sumbawa berpotensi menjadi tempat pariwisata?

sumbawa

Tak setenar Bali, juga tak seramai Pulau Jawa, namun pulau ini menjanjikan sebuah eksotisme. Ialah pulau Sumbawa, sebuah Pulau di kawasan Indonesia timur yang sarat akan potensi wisatanya. Bagaimana sih kondisi alam disana dan seberapa menjanjikan objek wisatanya?

Pulau Sumbawa ini didominasi oleh area rawa dan savana. Namun bukan berarti disana gak ada dataran tingginya. Ada satu gunung di pulau tersebut, nama gunung tersebut adalah Gunung Tambora.

Selain itu karena bentuknya yang tidak beraturan, membuat pulau Sumbawa memiliki banyak pantai dan teluk. Tercatat lebih dari 30 nama pantai sudah disematkan. 10 diantaranya yang banyak dikunjungi adalah, Pantai Tanjung Pasir, Pantai Ai Manis, Pantai Tanjung Pangamas, Pantai Bajopulo Sape, Pantai Batu Gong, Pantai Labuhan Sawo, Pantai Sekokat, Pantai Jemplung, Pantai Teluk Saleh, dan Pantai Tero.

Selain wisata pantai, Sumbawa juga memiliki banyak stok untuk kalian yang ingin berwisata darat. Salah satunya adalah air terjun Ai Beling. Ada juga Wisata Budaya. Salah satu yang menjadi daya tarik adalah Tenun. Tenun ini merupakan salah satu mata pencaharian masyarakat Sumbawa. Selain itu ada Desa Tepal yang konon masyarakatnya masih menjaga kelestarian budaya Samawa leluhur mereka.

Sumber: