Suluk Syekh Siti Jenar : Kemanunggalan Kawula Gusti

Seorang manusia sejati adalah mereka yang takut pada kematian hati nuraninya, bukan yang takut pada kematian tubuhnya

1 Like

###TEMBANG ASMARADANA

  1. Sengseming tyas koemawa mrih, Amanitreng lakoe tama,
    Dimen antoek artining reh, Angloeloeri djaman koena,
    Kenija winaspada, Mamrih dadya djati toetoer,
    Dimen wikan jakinira.

Senangnya hatiku dengan harapan, meniru laku utama
agar mendapatkan artinya aturan melestarikan jaman dahulu
diperintahkan untuk memperhatikan agar menjadi piwulang yang
sejati, agar mengetahui dia meyakininya.

  1. Mangkja kang pinoerweng roewi, Tjarita seh siti djenar,
    Djinarwa djinereng maneh, Met tjarita kang sawantah,
    Saking srat walisana, Sanadyan ta ngoeni oewoes,
    Keh sandjana kang ngroempaka,

Demikian yang pertama. cerita seh Siti Jenar diterangkan
diuraikan lagi. mencari cerita yang sebenarnya,
dari serat buku Walisana, walaupun ucapanya dahulu
banyak sarjana yang menyairkan,

  1. Tataning reh seh siti brit, Lir jasan sang kasoesreng rat,
    Ki sasrawidjaja Ngidjon, Dyan winangoen malih marang,
    Kijahi mangoenwidjaja, Ing kita wanarga doenoeng,
    Ananging sadjatiniria,

Aturan pranatan Seh Siti Brit /Siti Jenar, seperti buatan Tuhan YME.
Ki Sasrawijaya berkata dengan lesan, lalu dibangun lagi oleh,
Kyai Mangunwijaya di kota Wanaarga letaknya, akan tetapi senyatanya.

  1. Poenika maksih nalisir, Saking talering roewija, Dene ta ingkang sajektos,
    Moeng kang kawrat walisana, Jasanira nDjeng Soenan,
    ing Giri Gadjah roemoehoen, Rikala tjandra sangkala.

Ini masih menyimpang, dari jalan cerita, adapun yang sebenarnya,
hanya yang termuat dalam Walisana, karya kangjeng Sunan,
Giri di gunung Gajah dahulu, ketika tahun.

  1. Ing warsa wawaoe winilis, Pandita misik soetjang tyas (1457)
    Jeka ingkang salerese Nanging ta parasardjana, Kang medar tjaritanja,
    Seh Siti Bang Wali loehoeng, Kadya kang kawahjeng ngarsa,

Ditulis tahun Wawu, 1457 itu yang sebenarnya,
akan tetapi para sarjana [orang pandai] yang mengajarkan cerita,
Seh Lemah Bang/Siti Jenar adalah wali yang mulia, seperti mendapatkan wahwu dari Tuhan.

  1. Jektine ja woesoedani, Mangsa ta moeta toelija,
    Dene dennja meksa nggeseh, Moeng andjarag nawoer woelang,
    Wenganing tyas pra oedja, Karja sasandaning woroek,
    Asasenden wali tama,

nyatanya sudah tau, masa tidak melihat dan tidak mendengar,
sebah dia memaksa berbeda hanya dengan sengaja menyebarkan ajaran
terbuka hatinya yang senang/gembirasebagai tempat ajaran
sebagai dasar wali yang utama.

  1. Sinalinan solan-solin, Salsilahe ngelmoe tama,
    Marma doeh para toena, Darbeja tyas saranta, Jiwa ksaosoe mosramosroe,
    Ngarani para sardjana,

Disalin berkali-kali, asal-usulnya ilmu utama, belas kasihan wahai
orang bodoh [kurang berilmu] punyanya hanya hati semata,
jiwa cepat marah, mendakwa para Sarjana.

  1. Pangganggite moeta toeli, Ngarang woeroek ngajawara,
    Wawarah tan sebenere, Doeh angger ajwa mangkana,
    Jen sira anoengkara.
    Poestaka jaseng pra loehoeng, Djingglengen soerasanira,

Anggapanya tidak melihat dan mendengar,
membuat ajaran yang tidak nyata ajaran yang tidak sebenarnya,
wahai saudara jangan seperti itu, jika engkau mendurhakai,
kitab/buku hasil karya para Wali yang mulia. renungkan isinya olehmu.

  1. Rasane lan rasa djati, Patitisna kang sanjata, Jen woes antoek
    lan rasane, Iko bae ematena, Jiwa mikir kang kinanda,
    Nadyan dora lawan toehoe, Djaragan dadi dongengan,

Rasanya dan rasa senyatanya, perhatikan dengan sungguh-sungguh yang sebenarnya,
jika telah mendapatkan rasa, itu saja amatilah,
jiwa berpikir yang diceritakan, bohong melawan benar, dengan
sengaja menjadi dongeng/cerita.

  1. Kaja-kaja lakon ringgit, Kang inganggit pra soedjana, Iko
    kabeh woe meleset, Saking tatalesing koena, Parloene moeng
    kinarja, Met baloengan mirih linoehoeng, Dennjarsa meleng woewoelang.

Seperti halnya cerita wayang kulit, dibikin cerita oleh orang yang pandai,
itu semua keliru/tidak tepat, dari asas orang dahulu,
perlunya hanya dibuat kerja, mencari dasar agar lebih utama,
agar dijadikan untuk piwulang/pelajaran.

  1. Mangkja estine kang mamrih, Tjaritane seh siti bang,
    Met babon kang kaljarijos, Djroning lajang walisana,
    Dadya kang wanitjara,
    Katjarita doek ing dangoe, Kangdjeng soenan giri gadjah.

Demikian sebenarnya yang diinginkan, ceritanya Seh Siti Jenar / lemah Abang.
mencari induk yang diceritakan. di dalam buku /serat Walisana,
jadilah yang diceritakan, diceritakan pada jaman dahulu,
Kangjeng Sunan Giri.

  1. Adarbe sisa sawidji, Saking tanah siti jenar,
    Woes kasoeb soegih kasekten, Nama kasan ali saksar, Katelah siti djenar,
    Ija sang seh siti loehoeng, Ija karan seh lemah abang,

Mempunyai murid [sisa] satu., dari daerah Siti Jenar,
sudah mashur terkenal kesaktiannya, bernama Kasan Ali Sasksar,
dikenal bernama Seh Siti Jenar. iya sang Seh luhur /mulia,
juga dinamakan Seh Lemah Abang.

  1. Ja lemah bang lemah koening, Tan ana prabedanira,
    Seh lemah bang salamine, Anoenoewoen doedoenoengan,
    Rahsane ngelmoe rasa,
    Oeger-oegering toemoewoeh Ndjenng soehoenan giri gadjah.

Juga She Lemah Abang, Lemah Kuning, tiada perbedaannya,
Seh Lemah Abang selamanya, meminta asal usul tentang,
rahasia ilmu Gaib/kebatianan,
patokan hukum telah tumbuh, Kangjeng Sunan Giri.

  1. Dereng lega ing panggalih, Wrin semoenoe seh lemah bang,
    Watek woe akeh sikire, Marmane datan sinoengan,
    Mbok sak-sok mboewang sasab, Ngilangken ling-aling agoeng,
    Tan angganggo masa kala,

Belum puas pikirannya mengetahui Seh Lemah Abang / siti Jenar,
tabiatnya banyak sihirnya, karena tidak diberi,
kadang-kadang menghilangkan selimut, menghilangkan hijab pada Tuhan,
tidak menggunakan waktu.

  1. Tyasira dahat roedatin, Sira waoe seh lemah bang
    Anoewoen-noewoen tanpoleh, Roemasa toena ing gesang,
    Dadya sedya mempoeh bjat, Namoer amet momor samboe,
    Atindak karti sampeka.

Hatinya sangat susah, Dia tadi Seh Lemah Abang [Siti Jenar],
menangis-nangis tanpa mendapatkan sesuatu, merasa rugi dalam hidupnya,
menjadikan keinginan segera, menghilangkan kesusahan
dengan berkumpul orang banyak, dengan tipu daya pergi mencari aman.

  1. Doek sama soenan giri, Noedjoe ing ari djoemoengah,
    Pan arsa medjang moeride, Seh lemah bang angrerepa,
    Doeh poekoloen ndjeng soenan, Bilih kepareng saardjoe,
    Oeloen bela poeroeita,

Pada waktu dahulu Sunan Giri, bertepatan pada hari Jum’at,
ingin mengajar muridnya, Seh Lemah Abang [siti Jenar] mengharapkan.
Wahai sang Dewa Kanjeng Sunan, bila berkenan dan disetujui,
saya ikut serta berguru.

  1. Ngandika ndjeng soenan giri, Allah doeroeng pasang jogja,
    Amedjanga dina kije, Marang ing pamintanira,
    Waoe ta seh lemah bang, Angrasa jen pinakewoeh,
    Boetoeng eroe kebatinan.

Berkata Sunan Giri, Allah belum mengijinkan,
mengajar hari ini. kepada permintaanmu,
demikianlah Seh Lemah Abang/Siti Jenar ,
merasa kalau di halangi keinginannya, putus asa sakit hati, terus

  1. Ladjeng kesah marang ndjawi, Lotjitanira ing drjia,
    Jen mangkono tanpa gawe, Ngawat-awati woes lawas,
    Tiwas datanpa toewas, Met wasana pidjet kawoes,
    Rewa-rewa ingewanan,

Terus pergi ke luar, hatinya merasa, jika begitu tidak ada gunanya,
telah lama memperhatikan, percuma tidak ada gunanya,
tepat akirnya jera. pura-pura menjadi hewan.

  1. Medjang midji para kadji, Saben ing ari djoemoengah,
    Tan kena mandjing seraos, Roemangsa jen tan kinarsan,
    Betjik soen tijidranana, Tan ana droekanipoen,
    Mimikani pengawikan,

mengajar menyuruh pada para Haji/Kyai. setiap hari Jum’at,
tidak boleh masuk bersama, merasa kalau tidak dikehendaki,
lebih baik saya tidak setia, tidak ada kemarahannya,
memiliki ilmu pangawikan [kebatinan].

  1. Seh lemah bang woes oedani, Panggenan pamedjang ngira,
    Amatek adji sikire, Sanlika malih warna, Aroepa dindang seta,
    Manggon ing panggonanipoen, Pamedjanganing
    ndjeng soenan.

Seh lemah Abang sudah mengetahui, tempat untuk mengajarnya,
berkonsentrasi menggunakan ilmu sihirnya,
seketika berubah rupa, katak pohon berwarna putih,
bertempat ditempatnya, pengajarannya/ wejangannya Kanjeng Sunan.

  1. Tjiptane woes tan oedani, Denira tingkah mangkana,
    Ndjeng soenan giri kadaton, Jekti datan kikilapan,
    Solahe seh lemah bang, ngandika ndjeng sinoehoen,
    Mring sagoeng para sakabat

Pikirnya /ciptaannya sudah tidak diketahui, kalau dia bertingkah seperti itu,
Kangjeng Sunan Giri kedaton, sungguh tidak dapat di bohongi,
akan tingkah laku Seh Lemah Abang,
perkataan Kangjeng Sinuwun, kepada para sahabat/ murid.

  1. Heh ta kawroehana sami, Ingsoen tan sida amedjang,
    Nora enak atiningong. Mbesoek ing djoemoengah ngarsa,
    Sida pamedjangingwang, Dadya boebaran pra kaoem,
    Praptaning ari djoemoengah,

Wahai sahabat ketauilah bersama, saya tidak jadi mengajar/
memberi wejangan. tidak nyaman perasaan hatiku,
besuk pada hari Jum’at depan, saya teruskan mengajarkannya,
menjadi bubar/pulang para santri, sesampainya hari Jum’at.

  1. Kedatengan para wali, Sedya pagoeneman rahsa,
    Anggoempoelaken kawaroehe, Sampoen amanggih soelaja,
    Dadining rembagira, Soenan giri atoeripoen,
    Inggih soemangga ing karsa,

Kedatangan para Wali, menginginkan pembicaraan ilmu batin/rasa,
mengumpulkan segala ilmunya, jangan sampai menemui perbedaan,
menjadi keputusan pembicaraan, kata Sunan Giri,
iya terserah kehendakmu.

  1. Nanging oeloen noewoen alim, Sedya amedjang sekabat,
    Sarehne sampoen mangsane, Kang para wali sadaja,
    Djoemoeroeng ngaju bagja, Soenan giri tedak goepoeh,
    Maring pamendjanganira,
    Akan tetapi saya meminta para Ulama, ingin mengajar para sahabat,
    sebab sudah waktunya, para wali semuanya,
    berdiri memberi penghormatan, Sunan Giri turun tergesa-gesa,
    pada pengajarannya.

  2. Anggompolaken ngoelami, Waoe ta sang seh lemah bang,
    Denjarsa metet sarahsa, Noelja mantjala warna,
    Pan aroepa tjatjing kaloeng, Singidan soring pratala,

Mengumpulkan para ulama, demikianlah Seh Lemah Abang,
ingin mengetahui sarasehannya, kemudian berubah rupa,
berupa binatang Cacing Gelang, berada di bawah tanah.

  1. Tan ana djanma oedani, Moeng ‘nDjeng soenan Giri Gadjah,
    Kang wrin sasolah tingkahe, Nanging tan ing moena sika,
    Rehning woes djandjinira, Maringken noegrahan agoeng,
    Maring sakabat taroena.

Tidak ada orang yang mengetahui, hanya Kangjeng Sunan Giri,
yang mengetahui segala tingkah lakunya, akan tetapi tidak merasa senang,
sebab sudah menjadi janjinya /komitmennya, memberikan anugrah Tuhan,
kepada saudara yang lebih muda.

###TEMBANG SINOM

  1. Heh ta pada kawroeh hana, Doenoenge kang noengkat gaib,
    Pan apoetih warnanira, Dene gedene rinintji, Moenggoeh ing djagad iki,
    Tinandinga pirang ewoe; Joeta alam tan timbang,
    Tegese kang noengkat gaib, Apan saking gaibing kang kanjataan.

Hai sama-sama ketahuilah, keberadaan yang ilmu Gaib.
yang Putih warnanya, adapun besarnya dapat dirinci, bagi dunia ini,
dibandingkan dengan beberapa ribu juta alam tidak seimbang,
artinya yang Gaib, sebab dari gaibnya kenyataan.

  1. Istiarah tan kadjaba, Istiarah tan oemandjing, Istiarah tan kawedal,
    Tan kadjro istiarahing, Sajekti loewih gaib,
    Tan owah gingsir oenikoe, Langgeng tanpo karana,
    Kang djoemeneng ki rohkani, Apa roepanira doek nalikeng doenja.

Iktiyar / mencari tidak ada lain, mencari yang tidak masuk,
mencari yang tidak keluar, yang tidak tercengang mencari,
sungguh lebih Gaib, itu tidak bisa berubah,
abadi tanpa sebab-musabab, yang berdiri [bernama] ki Rohani.
apa rupanya ketika di dunia.

  1. Nora owah seboetira, Tjahja mantjorong nelahi,
    Lir emas binabar anjar, Dene ta ingkang rokhani,
    Pan moechamad sadjati, Adja esak adja masgoel, Ananging kawroehana,
    Sahing tekad kang premati, Pan lilima prakara roebedanira.

Tidak berubah sebutannya, cahaya kemuliaan bersinar bercahaya,
seperti Emas yang baru memuai, adapun Rohani,
bukan Muhammad sejati, jangan sakit hati jangan susah,
akan tetapi ketahuilah, sahnya keinginan yang baik,
hanya ada 5 perkara yang menghalang- halanginya.

  1. Ingkang dingin katon pisah, Katon toenggal kaping kalih,
    Kaping tri katon tan pisah, Ping pat metoe katon jekti,
    Kaping limanireki, Katon metokaken ikoe,
    Lah pada denboedija, Sakabehe para moerid,
    Adja pegat ‘nggonira moesawaratan.

Yang pertama kelihatan terpisah, ke dua kelihatan satu,
ketiga kelihatan tidak pisah, ke empat keluar kelihatan nyata.
yang kelima, kelihatan mengeluarkan ekor,
hendaknya dibudidaya/dicari semua para murid,
jangan sampai putus kamu bermusyawarah/diskusi.

  1. Jen darbe panemoe sira, Semantakna miring sesami,
    Lah ta maneh kawroehana, Asma pipitoe poeniki,
    Allah ingkang roemijin, Ping ro woedjoed mokal ikoe,
    Woedjoed ilapi trinja, Kaping pate roh ilapi.
    Kaping lima pan ija akjan sabitah.

Jika engkau mempunyai pendapat, perhatikan kepada sesama,
ketauilah lagi, nama [martabat] ketuju ini, yang pertama Allah,
kedua Wujud mokal wujud mustahil, ketiga wujud ilapi / Gaib,
keempat Ruh Ilapi [Ruh Gaib], kelima yaitu Akyan Sabitah/ mata
kekal,

  1. Kaping nem akjan kadjijah, Kaping pitoene winarni,
    Pan Allah lawan moechammad, Ikoe den boedija sami,
    Matoer kang para moerid, Poekoeloen saestoenipoen,
    Kadjarwanana pisan, Kantenanipoen nampeni,
    ‘Mboten beda dadining pamboedinira.

ke enam Alam Kadiyah, yang ketuju, Allah dan Muhammad.
itu hendaknya diperhatikan/dicari. berkata para murid,
Tuan Guru sesungguhnya, mohon diterangkan sekalian,
kita tinggal menerima,
tidak berbeda jadinya berusaha / ikhtiyar.

  1. ‘nDjeng soenang Giri ngandika, Moenggoeh artining kang jekti,
    Allah pan djatining aran, Liring woedjoed ilapi koe,
    Djatining warna roepa, Dening aran roh ilapi,
    Jaikoe sadjatine oerip-kita.

Kanjeng Sunan Giri berkata, adapun artinya yang sejati,
Allah senyatanya nama. seperti wujud Ilapi itu, nyatanya bermacam-macam rupa.
yang dinamakan Ruh ilapi, yaitu senyatanya hidup kita.

  1. Dene ta akjan sabitah, Sadjatining ana jekti,
    Moenggoeh akjan kadjirijah, Lire wajangan kang pasti,
    Allah moechammad liring,
    Ja Allah rasoelloellahoe, Ing bedaning panoenggal,
    Allah sarira sajekti, Ing tegese salira poenikoe rahsa.

adapun Akyan Sabitah ,[nyata yang tetap], senyatanya sungguh ada,
adapun akhyan Kajirah [nyata yang ada diluar], seperti bayangan yang pasti,
Allah Muhammad umpamanya, Ya Allah Rasulullah,
perbedaannya satu kesatuan, hanya Allah saja yang nyata.
artinya Dia itu yang Rahsa/ rahasia.

  1. Ija sadjone kang rahsa, Ikoe mapan datoellahi,
    Datoellah dat rasoelloellah, Karo pan dadi sawidji,
    Artine kang sadjati, Kang apoerba langgeng ingsoen,
    Poerba djati wisesa, Sadjatining noengkat gaib,
    Denpratjaja tan lijan jekti poenika.

Iya didalam yang Rahsa/ rahasia, Itu memang Zat Ilahi,
Zat Allah zat Rasulullah, sudah menjadi satu , artinya yang sejati,
yang permulaan aku yang abadi. permulaan yang luhur,
sebenarnya nungkat Gaib. dipercaya tidak lain sungguh-sungguh,

  1. Pra sakabat doek mijarsa, Sabdane ‘nDeng Soenan Giri,
    Tanggap atampi noegraha, Matem denira moemoendi,
    Wasana matoer malih, Doeh poekoeloen ‘nDjeng Sinoehoen,
    Balik ingkang poenika, Pan sampoen toewan logati,
    Kang roemijin roebeda gangsal prakara.

Para sahabat ketika menyaksikan, Perkataan Sunan Giri,
cepat menerima anugrah, mantap dia menghargai,
akhirnya berbicara lagi, Wahai Tuan Kangjeng Sinuwun,
kembali yang itu, sudah mengerti yang Tuan maksud,
yang dulu ada 5 rintangan/kesukaran,

  1. Kawidjangna babar pisan, Soepados ladjeng goemlinding,
    ‘mboten rendet angalendang, Saged boenar soektji wening,
    Ngandika Soenan Giri, Ikoe tan kena winoewoes,
    Koedoe kanti noegraha, Temoene sira pribadi,
    Mengko lagi doeroeng kena kaboekaa.

Mohon dijelaskan semuanya sekaligus, supaya terus berjalan,
tidak terhambat jalannya, bisa diterima dengan pikiran jernih,
berkata Sunan Giri, itu tidak boleh sembarangan dikatakan,
harus dengan petunjuk, ketemunya engkau sendiri,
nanti, belum boleh dibuka.

  1. Pada anggiten prijangga, Kasaroe sampoen bjar endjing,
    Kangdjeng Soenan Giri Poera, Kondoer ing dalemireki,
    Boebaran para moerid, Sowang-sowangan oemantoek,
    Warnanen seh Lemah Bang, Nenggih kang alakoe sandi,
    Ladjeng medal saking sadjroning pratala.

sama buatlah/pikirkan sendiri, tiba-tiba sudah pagi hari,
Kanjeng Sunan Giri, pulang ke rumahnya, pulang para murid,
sendirisendiri pulang ke rumahnya, Diceritakan Seh Lemah Bang,
ialah yang sedang bersembunyi, terus keluar dari tempatnya [tanah]

  1. Woes awarna seh lemah bang, Tamsil sarah saning ngelmi,
    Jen pangeran ingkang njata, Jekti sadjatining oerip,
    Dadya sedya mendingi, Djoemeneng pagoeroen agoeng,
    Datab poroen anoeta, Maring ndejng soehoenan giri,
    Mandar kedah amoengsoeh ing kebatinan.

sudah berupa Seh Lemah Bang, contoh yang baik
menguasai ilmu Rahsa, kalau Tuhan itu nyata, nyata sejatinya hidup,
menjadi cita-cita yang baik, berdirinya perguruan yang besar.
tidak mau menurut, kepada Kanjeng Sunan Giri,
malah menjadi musuh dalam batinnya

  1. Moertat moerang tekad praja, Tan adjrih jen keneng sarik,
    Katatangi drijanira, Denira mboja antoek sih,
    Gja kesah saking Giri, Mantoek mring doenoenganipoen,
    Tanah ing Siti Djenar, Ladjeng goebalaken ngelmi,
    Katah djanma katjarjan apoeroeita.

Murtad melawan kehendak Negara, tidak takut terkena murka Tuhan,
ditata dalam hatinya, dikira tidak dapat kasih saying,
segera pergi dari Giri, pulang kembali ke tempat asalnya, daerah di Siti Jenar.
terus menyiarkan/mengajarkan Ilmu, banyak diceritakan orang berguru.

  1. Marang sira seh Lemah bang, Wedjang tanpa riritjik,
    Lan woes atinggal sembahjang, Rose kewala liniling,
    Meleng tanpa aling-aling, Woes dadya pagoeron agoeng,
    Misoewoer kadibjannja, Denira talaboel ngelmi,
    Woes tan beda lan sagoeng para olija.

kepada Lemah Bang, pelajaran ilmu Gaib tanpa dirinci,
dan telah meninggalkan Sholat, hatinya saja yang dilihat,
bersemedi tanpa tutup / hijab. sudah menjadi perguruan yang besar.
terkenal kesaktiannya, oleh karena ia mencari ilmu (tolabul ngilmi].
sudah tidak berbeda dengan para Wali yang mulia.

  1. Sangsaja kasoesreng djanma, Akeh kang amandjing moerid,
    Ing pradja-pradja mjang desa, Dalah akeh ing ngoelami,
    Kajoengjoen ngajoem sami, Kasoran kang wali woloe,
    oenging pagoeronira, Pan anjoewoengaken masdjid,
    Karja soeda kang maring agama moerid,
    Karja soeda kang maring agama moelja.

Semakin dikenal oleh semua orang, semakin banyak yang menjadi murid / santri,
di kota-kota sampai desa, bahkan banyak para ulama,
semua tertarik berguru padanya, terendahkan para wali delapan.
karena besarnya perguruannya, Masjid menjadi kosong,
semakin berkurang mengikuti agama muridnya [Siti jenar]
semakin berkurang yang mengikuti agama yang mulia [Sunan Giri].

  1. Santri katah kang kabawah, Mring lemah Bang mandjing moerid,
    Jata Sang seh Siti Djenar, Sangsaja goeng kang andasih,
    Dadya imam pribadi, Mengkoe sareh bawahipoen,
    Pagoeroning ngelmoe kak,
    Kawentar prapteng nagari, Ladjeng aran sang Pangeran Siti Djenar.

Banyak santri yang mengikuti, kepada Seh Lemah Abang menjadi muridnya,
yaitu sang seh Siti Jenar, semakin besar yang menjadi abdinya,
menjadi imam/panutan pribadi, mengandung ketenangan kewibawaannya,
perguruan ilmu yang benar, terkenal diseluruh negera,
terus bergelar Pangeran Siti Jenar.

  1. pan tedaking Madjalengka, kalawan darah ing Pengging,
    keh prapta apoeroeita, mangalap kawroeh sadjati,
    nenggih Kiageng Tingkir, kalawan Pangeran Panggoeng,
    boejoet Ngerang mjang Betah, kalawan Kiageng Pengging,
    samja toenggal pagoeron mring Siti Djenar.

Sudah ada keinginan kerajaan Majapahit, dengan keturunan kerajaan Pengging.
banyak Pendeta yang datang, mempelajari ilmu Sejati {ilmu Kasampurnan],
yaitu Kiageng Tingkir, dan Pangeran Penggung, Ki Buyut Ngerang,
dan Kiageng Butuh, dengan Kiageng Pengging,
sama-sama satu perguruan berguru pada Seh Siti Jenar.

  1. Ing lami-lami kawarta, Maring ‘nDjeng Soehoenan Giri,
    Gja oetoesan tinimbalan, Doeta woes anandang weling,
    Mangkat ngoelama kalih, Datan kawarna ing enoe,
    Woes prapta ing Lemahbang, Doeta oemarek mangarsi,
    Woes kapanggih lan pangeran Siti Djenar.

Semakin lama tersiar berita, pada Kangjeng Sunan Giri,
segara mengutus untuk memanggil, utusan yang telah membawa pesan,
berangkat dua Ulama, tidak diceritakan di jalan,
sudah sampai di perguruan Lemah Abang, utusan datang menghadap,
sudah ketemu, dan Pangeran Siti Jenar.

  1. Nandoekken ing praptanira, Dinoeteng ‘nDjeng Soenan Giri,
    Lamoen mangkja tinimbalan, Sarenga salampah-kami,
    Wit ‘Djeng Soenan mijarsi, Jen padoeka dados goeroe,
    Ambawa imam moelja,
    Marma toewan dentimbali, Terang sagoeng kang para wali sadaja.

menanyakan mengenai maksud kedatangannya, di utus Kanjeng Sunan Giri,
jika engau [siti jenar] dipanggil, bersamalah berjalan dengan kami,
Sejak mulai Kanjeng Sunan mengetahui, jika kamu [siti jenar] telah menjadi guru,
membawa Imam Mulia,
dengan kasih sayang Tuan dipanggil, mengerti para wali semuanya.

  1. Perloe amoesawaratan, Tjoendoeking masalah ngelmi,
    Sageda noenggil serepan, Sampoen wonten kang sak serik,
    Nadyan mawi riritjik, Apralambang pasang semoe,
    Jwa nganti salingsingan, Pangran Siti Djenar angling,
    Ingsoen tinimbalan Soenan Giri Gadjah.

Perlu bermusyawarah, bertemunya [samanya persepsi] masalah ilmu,
agar bisa satu pemahaman. jangan sampai ada yang sakit-hati/curiga.
walaupun dengan menyisihkan sebagai lambang memberi luka,
jangan sampai salah paham, Pangeran Siti Jenar berkata,
saya dipanggil Sunan Giri.

  1. Apa temboenge maring wang, Atoere doeta kakalih,
    Inggih maksih Seh Lemah Bang, Pangran Siti Djenar angling,
    Seh Lemah Bang jektinipoen, Ing kene nora ana,
    Amoeng Pangeran sadjati, Langkoeng ngoengen doeta kalih doek mijarsa.

Apa katannya /pesannya pada saya, berkata dua utusan,
Ya masih Seh Lemah Abang, Pangerang Siti Jenar berkata,
Seh Lemah Bang senyatanya , di sini tidak ada,
yang ada hanya Pangeran Sejati, lalu terdiamlah dua utusan ketika mendengar,

  1. Andikane Seh Lemah Bang, Wasana matoer aris,
    Kados poendi karsandika, Teka makaten kang galih,
    Paran ingkang pamanggih,
    Pangeran ngandika aroem, Sira ikoe moeng darma,
    Adja nganggo mamadoni, Ingsoen iki djatining Pangeran moelja.

Kamu Seh Lemah Bang, akhirnya berbicara dengan sopan,
bagaimana yang anda inginkan?, sampai demikian yang dipikirkan,
apa yang ingin didapatkan, Pangeran berkata sopan,
kamu itu hanya sekedar diutus, jangan sampai tidak percaya [membantah],
saya ini senyatanya Tuhan yang mulia [jatining pangeran mulyo].

  1. Doeta kalih ladjeng medal, Loengane datanpa pamit,
    Sapraptaning Giri Gadjah, Marek ing ‘nDjeng Sinoehoen,
    Amba sampoen dinoeta, Animbali Seh Siti Brit,
    Atoeripoen sengak datan kanti nalar.

Dua utusan terus keluar, perginya tidak berpamitan,
sesampainya di Giri Gajah, mendekati menghadap Kanjeng Sinuwun/Sunan Giri,
hamba telah diperintah, memanggil Seh Siti brit, perkakataannya menyakitkan,
tidak dipikir dengan nalar.

###TEMBANG KINANTI

  1. Makaten wiraosipoen, Heh sira doeta kakalih,
    Ingsoen mengko tinimbalan, Ing ngarsa ‘nDjeng Soenan Giri,
    Matoera jen nora nana, Kang ana Pangeran djati.

Demikian bunyi katanya, Wahai engkau utusan berdua,
saya nanti dipanggil, dihadapan Sunan Giri,
katakan kalau saya tidak ada, yang ada Pangeran Jati.

  1. Sakala kawoela rengoe, Paran kang dados pamanggih,
    Dene angaken Pangeran, Oeloen noenten denwangsoeli,
    Sira ikoe moeng sadarma, Ngatoerake ala betjik.

Seketika itu hamba marah, bagaimana yang menjadi pendapatmu,
dia mengaku Pangeran / Tuhan, hamba terus dijawab,
kamu hanya sekedar diutus, menyampaikan perkara yang jelek.

  1. Waoe sapamjarsanipoen, Legeg n’Djeng Soehoenan Giri,
    Djadja bang mawinga-winga, Kadya age dentedaki,
    Rinapoe pra aolija, Doeh sang ambek wali moekmin.

Tadi yang dikatakan, duduk tegak Sunan Giri, sangat marah,
sepertinya cepat-cepat akan menyerbu, diredakan marahnya oleh para Wali,
Wali Sang Wali Mukmin.

  1. Densabar panggalihipoen, Inggih katanda roemijin,
    Kakentjengane ing tekad, Gampil pinanggih ing wingking,
    Jen sampoen kantenan dosa, Kados ‘mboten ‘mbangkalahi.

Hendaklah pikirannya disabarkan, iya diselidiki / diteliti lebih dahulu,
keinginannya yang kuat, mudah, dipikir nanti saja,
jika sudah ketauan dia berdosa, seperti tidak melawannya.

  1. Leleh ing panggalihipoen, Mjarsa sabdane pra wali,
    Kangdjeng Soenan Giri Gadjah, Doeta kinen wangsoel malih,
    Animbali Seh Lemah Bang, Oedjare kinen noeroeti.

Sadar pikirannya, mendengar perkataan para Wali,
Kanjeng Sunan Giri, mengutus utusan untuk kembali lagi,
memanggil Seh Lemah Bang, katanya diperintahkan untuk menuruti.

  1. Djangdji seba ngarsanipoen, Oedjanen jwa mindo kardi,
    Doeta ladjeng nembah mesad, Sampoen prapta ing Sitibrit,
    Panggih lawan Seh Lemah Bang, Nandoekken dennja tinoeding.

Berjanji menghadap pada padanya, turutilah jangan sampai sia-sia,
utusan terus berpamitan pergi, sudah sampai ditempat Siti brit,
bertemu dengan Seh Lemah Bang, merunduk terus ditunjuk.

  1. Mring Soenan Giri Kadaton, Pangeran dipoen timbali,
    Sarenga salampah koela, Pangran Siti Djenar angling,
    Mengko Pangeran tan ana, Ingkang ana Seh Siti Brit.

kepada Sunan Giri, pangeran dipanggil Sunan Giri,
bersamalah dengan perjalanan kami, Pangeran Siti Jenar berkata,
Nanti Pangeran tidak ada, yang ada Seh Siti Jenar.

  1. Doeta tan sawaleng woeswoes, Sarehning sampoen wineling,
    Inggih mangkja Seh Lemah Bang, Kang wonten dipoentimbali,
    Ngandika Seh Siti Djenar, Pangeran tan amarengi.

Duta / utusan diam tidak bicara, karena sudah dipesan,
ya demikian Seh Lemah Bang, yang ada dipanggil,
berkata Seh Siti Jenar, Tuhan tidak membolehkan.

  1. Awit Seh Lemah Bang ikoe, Wadjahing Pangeran djati,
    Nadyan sira ngatoerana, Ing Pangeran kang sadjati,
    Lamoen Seh Lemah Bang ora, Mangsa kalakona jekti.

Sebab Seh Lemah Bang itu, wujudnya Pangeran Jati [Tuhan sejati],
walaupun engkau memanggil, pada Tuhan yang sejati [Pangeran Kang Sajati],
jika Seh Lemah Bang berkata tidak, tidak akan terlaksana permintaannya.

  1. Doeta ngoengoen ladjeng matoer, Inggih kang dipoenatoeri,
    angeran lan Seh Lemah Bang, Rawoeha dateng ing Giri,
    Sageda moesawaratan, Lawang sagoeng para wali.

Utusan heran terus berkata, ya yang dipanggil,
Pangeran /Tuhan dan Seh Lemah Bang, kedatangannya di Giri,
bisa ikut bermusyawarah, bersama semua para Wali.

  1. Pangeran Siti Djenar noeroet, Ladjeng kering doeta kalih,
    Praptane ing Giri Gadjah, Pepekan kang para wali,
    Pangeran ing Siti Djenar, Andjoedjoeng n’Djeng Soenan Giri.

Pangeran Siti Jenar menurut, terus diiringkan dua utusan,
setelah datang di Giri Gajah, lengkap para Wali,
Pangeran Siti Jenar menemui Sunan Giri.

  1. Ladjeng ingandalikan aroem, Bageja Pangran kang prapti,
    Rawoehe ing ngarsaningwang, Pangeran Siti Djenar angling,
    Doeh poekoeloen sama-sama, Toemeka soeka basoeki.

langsung menghadap Sunan Giri, terus berkata pelan / sopan,
mengucapkan selamat datang pada siti Jenar, datangnya dihadapan saya,
Pangeran Siti Jenar berkata, Ya Tuwan sama-sama,
datanglah selamat dan bahagia.

  1. ‘nDjeng Soenan ngandika aroem, Marma sanak soenatoeri,
    Kasok karobaning warta, Jen andika teka-teki,
    Makiki nengkar ngelmoe kak, Dadi pagoeron saboemi.

Sunan Giri berkata bijak, dengan kasih sayang saudara saya undang kesini,
sebab banyak berita beredar, kalau engkau membangkang,
sungguh-sungguh ingkar / menjauhi ilmu yang Hak / benar,
membuat perguruan di sini.

  1. Ngasoraken wali woloe, Mandar bawa imam soektji,
    Datanpa soektji Djoemoengah, Saestoe ngong andjoeroengi,
    Pira-pira sira bisa, Ngalim ngelem para wali.

Merendahkan martabat Wali delapan, bahkan menyebarkan Imam Suci,
tidak ada Jum’at suci, sungguh saya tidak menyetujui,
seberapa engka bisa / pandai, pandai memuji para Wali.

  1. Pangran Siti Djenar matoer, ‘nggenamba poeroen ‘mbawani,
    Medar gaibing Pangeran, Awit Allah sipat asih,
    Asih samining toemitah, Saben titah angranggoni.

Pangeran Siti Jenar berkata, ‘saya mau” bertanggung jawab,
mengajar [menguraikan] sifat Gaibnya Tuhan, sebab Allah bersifat kasih sayang,
kasih sayang kepada semua umatnya, setiap manusia / ciptaannya memilikinya.

  1. Nganggowa oegering ngelmoe, kang aboentas denpatitis,
    sampoen ngantos selang sebat, mindak ambibingoeng pikir,
    amet ansar dadi sasar, sarana kirang baresih.

Gunakannlah aturan/dasar Ilmu, yang tamat dan tepat,
jangan sampai sedikit saja berbeda, menjadikan kebingungan,
mengambil berkahnya menjadi keliru, karena kurang bersih pikirannya

  1. Pedah poenapa ‘mbibingoeng, Ngang’elaken oelah ngelmi,
    ‘nDjeng Soenan Giri ngandika, Bener kang kaja sireki,
    Nanging loewih kaloepoetan, Wong wadeh amboeka wadi.

Untuk apa “membingungkan”, menyulitkan memahami Ilmu,
Kanjeng Sunan Giri berkata, benar seperti kamu itu,
akan tetapi lebih bersalah,
orang yang mudah ketahuan membuka rahasia.

  1. Telenge bae pinoeloeng, Poeloenge tanpa ing aling,
    Loentoering ngelmoe sadjati, Sajekti kanti noegraha,
    Tan saben wong anampani.

Penglihatannya saja mendapat Wangsit [pulung],
Wangsitnya tiada hijab, berubahnya ilmu sejati,
sungguh dengan petunjuk, tidak setiap orang bisa mendapatkannya.

  1. Pangran Siti Djenar matoer, Padoeka amindo kardi,
    ‘ndadak amerangi tatal, Tetelane ing doemadi,
    Dadine saking noegraha, Peonapa ‘mboten ngoelami.

Pangeran Siti Jenar berkata, paduka Tuan sia-sia,
malah memusuhi/tidak percaya dengan bukti pengalamanku,
nyatanya terjadinya sesuatu, jadinya dari anugrah, apakah itu bukan Ilmu.

  1. Soenan Giri ngandika roem, Jen kaja woewoesireki,
    Tan kena den ‘nggo rarasan, Jen gebreh amedar wadi,
    Pangeran nora koewasa, Anane tanpa ling- aling.

Sunan Giri berkata dengan bijaksana, jika seperti perkataanmu itu,
tidak bisa untuk pembicaraan, tidak berguna mengajarkan sesuatu yang rahasia,
Tuhan tiada kuasa, adanya tanpa perantara,

  1. Endi kang ingaran loehoer, Endi kang ingaran gaib,
    Endi kang ingaran poerba, Endi kang ingaran batin,
    Endi kang ingaran baka, Endi kang ingaran latip.

Mana yang dinamakan luhur, mana yang dinamakan Gaib,
mana yang dinamakan kuasa [purba], mana yang dinamakan batin,
mana yang dinamakan kekal [baka].
Mana yang namanya pandai [lantip]

  1. Endi kang ingaran besoes, Endi ingaran bilai, Jen baka babar balaka,
    Bakal boebar tanpa bibit, Mangka Pang’eran kang njata,
    Nora kena d’enrasani.

Mana yang namanya bersih [besus], mana yang namanya celaka [bilahi],
jika kekal menjadi terus terang, akan bubar tiada asal mula.
padahal Tuhan adalah yang nyata, tidak bisa di bicarakan.

  1. Lan nora kena dinoemoek, Anan’e wahana gaib,
    Matoer Pangran Siti Djenar, Sedya poeroen amabeni,
    Bantahan masalah rahsa, Sinapih kang para wali.
    dan tidak boleh disombongkan, adanya dunia/tempat Gaib,
    berdatang sembah Pangeran Siti Jenar, ingin mau berdebat,
    membantah masalah rahasia / kebatinan, dipisah oleh para wali.

  2. Doeh sanak sakalihipoen, Jwa tansah aben prang sabit,
    Prajogi kanjatakena, Wonten ing ‘nggen kang asepi,
    Sampoen sepen sepi hawa, Sarahsa saged anoenggil.

Wahai Saudara berdua, jangan selalu berdebat.
sebaiknya dibuktikan saja, di tempat yang sepi / sunyi,
sudah sunyi sepi dari hawa nafsu, batin [rahsa] bisa bersatu.

  1. Wonten kawekasanipoen, Jen moekid jekti karadin,
    ‘nDjeng Soenan ing Giri Gadjah, Wrin kedaping sambang liring,
    Sabdaning para olija, Ladjeng angandika aris.

Ada pada akhirnya, jikalau mukti bisa merata,
Kanjeng Sunan Giri Gajah, seperti kedipnya mata,
katanya para Wali, lantas berbicara dengan bijaksana.

  1. Heh Seh Lemah Bang sirekoe, Adja pidjer amadoni,
    ‘mbesoek ing ari Djoemoengah, Pada moesawarat batin,
    Jekti katanda kang njata, Lelere asmareng ngelmi.

Hai kamu Seh Lemah Bang, jangan selalu membantah,
besuk pada hari Jum”at, sama-sama bermusyawarah batin,
pasti akan diketahui yang benar, diuji yang lebih mencintai Ilmu.

###TEMBANG ASMARANDANA

  1. Seh Lemah Bang najogjani, Prapta ing ari Djoemoengah,
    Noedjoe Ramelan woelane, Marengi tanggal ping lima,
    Koempoel para olija,
    Anedeng kalaning daloe, Ngrakit papan kang prajoga.

Seh Siti Lemah Bang menyetujuinya, datangnya hari Jum’ah,
bertepatan bulan Romadlon,bersamaan tanggal 5,
berkumpul para wali, tepat pada waktu malam hari,
mempersiapkan tempat yang pantas.

  1. Sakatahing para wali, Samja pagoeneman rahsa,
    Ing Giri Gadjah enggone, Kang karsa moesawaratan,
    Ing bab masalah tekad, Denwaspada ing Hjang Agoeng,
    Wadjib sami njatakena.

Seluruh para wali, sama-sama membahas ilmu Rahsa / kebatinan,
bertempat di Giri Gajah, yang ingin bermusyawarah,
membicarakan masalah keinginan [tekat], tetap waspada pada
Tuhan yang maha kuasa,wajib sama-sama menyatakan.

  1. Kang samja angoelah ngelmi, Lamoen bidjaksaneng drija,
    Dadi wedjang sajektine, Tan beda lan poeroeita, Moenggoeh
    rahsaning rahsa, Pralambanging pasang semoe, Tan lija
    saking poenika.

sama-sama menguasai ilmu, jikalau bijaksananya batin, menjadi
terang sebenarnya, tidak berbeda dengan guru/pendeta. adapun
rasanya ilmu kebatinan, sebagai gambaran kiasan,
tidak lain dari itu.

  1. Nadyan akeh kang wiwisik, Wosing wasana woes ana,
    Moeng kari met pratikele, Ing sawoesira pepekan,
    Kangdjeng Sinoehoen Benang, Ingkang miwiti karoehoen,
    Lan Sinoehoen Kalidjaga.

walaupun banyak yang mendapat Ilham [wisik], pada inti akhirnya
sudah ada, tinggal bagaimana usahanya, dan setelah lengkap,
Kanjeng Sinuwun Bonang, yang memulai lebih dahulu’
dan Sinuwun Kalijaga.

  1. Soenan Tjerbon mjang kang raji, Pandanarang Seh Lemah Bang,
    Lan Soehoenan Madjagoenge, Soehoenan ing Banten lawan,
    Soehoenan Giri Gadjah, Samja agoenem ing ngelmoe,
    Djenenge masalah tekad.

Sunan Cirebon dan adiknya, Pandanarang, Seh Lemah Bang,
dan Sinuwun Majaagung, sunan Banten, dan Sunan Giri.
Bersama-sama berdiskusi tentang Ilmu,
namanya masalah Tekad /keinginan.

  1. ‘nDjeng Sinoehoen Ratoe Giri, Amiwiti angandika,
    Heh sanak manira kabeh, Pratingkahe wong makripat,
    Adja dadi parboetan,
    Dipoensami ngelmoenipoen, Pada peling pinelingan.

Kanjeng Sunan Giri, memulai berbicara, wahai saudaraku semua,
perilakunya orang Ma’rifat, jangan menjadi rebutan,
disamakan Ilmunya, saling ingat-mengingatkan,

  1. Wong woloe dadi sawidji, Adja na wong koemalamar,
    Dipoen roedjoek ir g karepe, Denwaspada ing Pangeran,
    Nenggih Sinoehoen Benang, Ingkang miwiti karoehoen,
    Amedar ing pangawikan.

orang delapan menjadi satu, jangan ada yang berbeda,
disatukan dalam pendapat, harus waspada kepada Tuhan,
iyalah Sunan Bonang, yang memulai lebih dahulu,
menguraikan / mengajarkan tentang ilmu kasampurnan [pangawikan].

  1. Ing karsa manira iki, Iman tokid lan makripat,
    Weroeh ing kasampoernane, Lamoen maksiha makripat,
    Mapan doeroeng sampoerna, Dadi bakal kaweoehipoen,
    Pan maksih rasa rinasa.

Dalam keinginanku, Iman Taukid dan Iman Ma’rifat,
mengetahui kesempurnaan hidup, Jikalau adanya Ma’rifat,
sebab belum sempurna, jadi akan pengetahuannya,
sudah ada rasa merasakan.

  1. Sinoehoen Benang ngoekoehi, Sampoernane wong makripat,
    Soewoeng ilang paningale, Tan ana kang katingalan,
    Ija djenenging tingal, Mantep pangeran kang Agoeng,
    Kang anembah kang sinembah.

Sunan Bonang menyakini, sempurnanya orang Ma’rifat,
Kosong hilang penglihatannya, Tidak ada yang terlihat.
ya namanya melihat, setia pada Tuhan yang Maha Besar,
yang menyembah dan disembah.

  1. Pan karsa manira iki, sampoernane ing pangeran,
    kalimpoetan salawase, tan ana ing solahira,
    pan nora darbe sedija, woeta toeli bisoe soewoeng,
    solah tingkah saking Allah.

  2. Sinoehoen benang anoeli, Ngandikani wali samja,
    Heh sanak manira kabeh, Poenika kakasih ngalam,
    Jen moenggoehing manira, Djenenging roh semoenipoen,
    Ingkang roh nabi Moechammad.

Lantas Sunan Bonang , memberi tau kepada wali semua,
Wahai saudaraku semua, inilah kekasih Alam,
bagi saya’ namanya nyawa [Ruh] sebagai gambaran, Ruh nabi Muhammad.

  1. Nora beda ing roh iki, Jen sedya moetabangatan,
    Tan beda ing panoenggale, Kadya paran karsanira,
    Matoer wali sadaja, ‘mboten sanes kang winoewoes,
    Sampoen atoel sabda toewan.

Mengerti maksudku ini, Sempurnanya Tuhan, teringat selamanya,
tidak ada pada perilakunya, tidak memiliki pamrih, tidak mendengar,
diam, kosong [suwung], segala prilakunya dari Allah.

  1. Poendi kang ingaran nabi, Djenenging roh ing semoenja,
    Mapan ikoe kakasihe, Sadoeroenge dadi djagad,
    Mapan djinaten toenggal,
    Dendadekaken karoehoen, Kang minangka kanjataan.

tidak berbeda dengan Ruh /nyawa ini, jika ingin tidak melihat sama sekali,
tidak berbeda dengan yang lain, seperti kehendak Tuhan.
Berdatang sembah para Wali, tidak lain yang dikatakan,
sudah biasa kata tuan /guru.

  1. Sinoehoen madjagoeng nenggih, Amedaring pangawikan,
    Ing karsa manira dene, Iman tokid lan makripat,
    Tan kotjap ing akerat, Moeng pada samengka woedjoed,
    Ing akerat nora ana.

Mana yang dinamakan Nabi, namanya Roh / nyawa semuanya,
sebab itu kekasihnya, sebelumnya menjadikan Dunia,
sebab memang satu,
dijadikan terlebih dahulu, sebagai kenyataan.

  1. Njataning kawoela goesti, Ija kang moedji kang nembah,
    Apan mankono lakone, Ing akerat nora nana,
    Jen tan ana imannja, Tan weroeh djatining ngelmoe,
    Nora tjoekoel dadi djalma.

Ialah Sinuwun Majaagung, mengajarkan / menguraikan ilmu kasampurnan,
adapun menurut saya, Iman, Tauhid dan Ma’rifat, tidak terucap di akhirat,
hanya sama-sama berwujud, di akhirat tidak ada.

  1. ‘nDjeng Soenan ing Goenoeng Djati, Amedar ing pangawikan,
    Djenenge makripat mengko, Awase maring pangeran,
    Tan ana ingkang lijan, Tan ana loro teteloe,
    Allah pan amoeng kang toenggal.

Kanjeng Sunan Gunung Jati, mengajarkan / menguraikan ilmu kasampurnan,
namanya Ma’rifat nanti, asalnya dari Tuhan, tidak ada yang lain,
tidak ada dua, tiganya, Allah ada hanya satu.

  1. n’Djeng Soenan Kalidjaga ngling, amedar ing pangawikan,
    den waspada ing mangkene, sampoen ngangge koemalamar,
    denawas ing pangeran, kadya paran awasipoen,
    pangeran pan nora roepa.

Sunan Kalijaga berkata, mengajarkan ilmu kesempurnaan,
hendaklah diwaspadai, jangan menggunakan bantahan,
harus diawasi Tuhan, seperti kejadian awasnya,
Tuhan tidak berwujud.

  1. Nora arah nora warni, Tan ana ing woedjoedira,
    Tanpa mangsa tanpa enggon, Sadjatine nora anaa,
    Dadi djagadipoen soewoeng, Nora ana woedjoedira.

Tidak berasal tidak berupa, tidak ada wujudnya,
tidak mengenal waktu tidak mengenal tempat, senyatanya tidak ada.
jadi dunia nya kosong, tidak ada wujudnya.

  1. Seh Bentong samja melingi, Amedar ing tekadira,
    Kang aran Allah djati’e, Tan ana lijan kawoela, Kang dadi kanjataan,
    Njawa ing kawoelanipoen, Kang minangka katoenggalan.

Sunan Bonang berpesan, menguraikan keinginannya,
yang namanya Allah sejati. tidak ada lain hamba,
yang menjadi kenyataan, Nyawa yang ada pada hambanya, sebagai kesatuan.

  1. Kangdjeng Molana Magribi, Amedar ing pangawikan,
    Kang aran Allah djatine, Wadjiboel woedjoed kang ana,
    Seh Lemah Bang ngandika, Adja na kakehan semoe,
    Ija ingsoen iki Allah.

Kanjeng Maulana Magribi, Mengajarkan ilmu Kesempurnaan,
yang namanya Allah senyatanya, wajib wujud adanya,
Seh Lemah Bang / Siti Jenar berkata, janganlah banyak sindiran.
iya saya ini Allah.

  1. Njata ingsoen kang sadjati, Djoedjoeloek praboe Satmata,
    Tan ana lijan djatine, Ingkang aran bangsa Allah,
    Molana Magrib modjar,
    Ikoe djisim aranipoen, Seh Lemah Bang angandika.

Sungguh saya yang Sejati, bernama Prabu Satmaka,
tidak ada lain sejatinya, yang dinamakan Allah,
Maulana Magribi berkata, itu Jasat namanya.
Seh Lemah Bang / Siti Jenar berkata,

  1. Kawoela amedar ngelmi, Angraosi katoenggalan,
    Dene djisim sadangoene, Mapan djisim nora ana,
    Dene kang kawitjara, Mapan sadjatining ngelmoe, Sami amijak warana.

Saya menguraikan Ilmu, merasakan bersatu dengan Tuhan.
adapun Jasat / raga itu pakaiannya, sebab jasat tidak ada.
adapun yang dibicarakan. Sejatinya Ilmu. sama-sama membuka rahasia.

  1. Lan malih sadaja sami, Sampoen wonten koemalamar,
    Jekti tan ana bedane, Salingsingan poenapaa,
    Dening sedya kawoela, Ngoekoehi djenenging ngelmoe,
    Sakabehe ikoe pada.

Dan lagi semuanya sama, jangan ada yang marah.
sungguh tidak ada bedanya. berselisih apalagi adapun maksud saya.
menyakini namanya Ilmu, semua itu sama.

  1. Kangdjeng Seh Molana Magrib, Sarwi mesem angandika,
    Inggih leres ing semoene, Poenika dede witjara,
    Lamoen ta kapirsaa,
    Dening wong katah saroe, Poenika dede rarasan.

Kanjeng Seh Maulana Magribi, dengan senyum berkata,
iya benar sindirannya, ini bukan tutur kata, jikalau diketahui,
oleh orang banyak tidak pantas, ini bukan percakapan biasa.

  1. Toewan-oetjapna pribadi, Adja na wong amijarsa,
    Anoeksma ing ati dewe, Poenika oedjar kekeran, Jen ta kenaa toewan,
    Amalangi djenengingsoen, ‘mbok sampoen kadi mangkana.

Tuan katakanlah untuk diri sendiri, jangan ada orang yang mengetahui,
jelmakan di hatimu sendiri, itu adalah ajaran yang rahasia,
jika diperbolehkan Tuan, menghalangi saya, jangan seperti itu.

  1. Nenggih ‘nDjeng Sinoehoen Giri, Amedar ing pangandika,
    Pastine Allah djatine, Djoedjoeloek praboe Satmata,
    Sampoen pantjas witjara, Tan ana papadanipoen, Anging
    Allah ingkang toenggal.

Lantas Sunan Giri, Mengajarkan/menguraikan dalam ucapanya,
Sudah pasti Allah itu ada / nyata, Bernama Prabu Satmaka,
sudah pustus bicara, tidak ada persamaannya, hanya Allah yang tunggal.

  1. Jata sakatahing wali, Angestokaken sadaja,
    Mapan sami ing kawroehe, Namoeng sira Seh Lemah Bang,
    Tan kena pinalangan,
    Tjinegah wali sadaroem, Tan owah ing tekadira.

Kebanyakan para Wali, menaati saja, sebab sama-sama pengetahuannya,
Hanya engkau Seh Lemah Bang, tidak dapat dihalangi / diluruskan,
dicegah semua Wali, tidak bisa berubah pendapatnya.

  1. Angandika seh siti Brit, Pan sampoen oedjar manira,
    Dennja noetoeti kaprije, Dasare ingkang amedar,
    Pamedjange maring wang, Poenika woeroeking goeroe,
    Dalam kenging ingowahan.

Berkata Seh Siti Brit, sudah menjadi keyakinanku,
bagaimana saya mengikutinya, dasarnya yang mengajar,
mengajarnya kepada saya, ini ajarannya Guru, tidak bisa berubah.

  1. Ameksa tan kena gingsir, Sinoewalan ing akatah,
    Tan kena owah tekade, Sampoen oedjar linakonan,
    Pan woes djangdjining soeksma,
    Soenan Tjerbon ngandika roem, Sampoen ta toewan mangkana.

Memaksa tidak bisa berubah, dipersoalkan orang banyak,
tidak boleh berubah pahamnya, sudah bersumpah untuk dilaksanakan,
sudah menjadi janjinya jiwa [suksma],
Sunan Cirebon berkata pelan/sopan, sudahlah, Tuan jangan seperti itu.

  1. Poenika oedjaring djangdji, Jekti tinoedoeh ing katah,
    Nenggih sampoen ing koekoeme, Wong ingkang angakoe Allah,
    Ngandika Seh Lemah Bang, Lam mara toewan dengoepoeh,
    Sampoen nganggo kalorehan.

Ini sumpah janji, yakni dituduh orang banyak, ya sudah menjadi hukumnya,
orang yang mengaku Allah. Berkata Seh Lemah Bang,
heran hatinya Tuan tergesa-gesa, sudah menggunakan menyapa.

  1. Dasar kawoela laboehi, Ngoelati pati poenapa,
    Pan pati ikoe parenge, Parenging sih kawimboehan,
    Pan tansah kawisesa, Kang teka djatine soewoeng, Ana kodim ana anjar.

Memang sudah saya niati, mencari kematian juga,
sebab kematian itu pemberian, pemberian Tuhan, sudah selalu dikuasai Tuhan,
akan sampai alam Fana, ada kekal [kodim] ada baru.

  1. Ngoelati poenapa malih, Nora nana lijan-lijan, Apan apes salawase,
    Nanging Allah ingkang toenggal, Ja djisim ija Allah,
    Tokid tegese poenikoe, Apan toenggal kadjatennja.

Mencari apa lagi, tidak ada lain-lain, sudah menjadi takdir,
Akan tetapi Allah yang tunggal, ya Jasat [jisim] ya Allah,
Tauhid artinya itu. sudah tungal / bersatu kenyataannya.

  1. Sakatahing para wali, Pra samja mesem sadaja,
    Mijarsa ing pamoewoese, Koekoeh tan kena ingampah,
    Saja ‘mbandjoer mitjara,
    Amijak werananipoen, Nora nganggo sita-sita.

Semua para Wali, tersenyum sinis semua, mendengar apa yang diucapkan,
kukuh tidak bisa berubah,semakin berani bicara,
membuka rahasianya, dengan tidak segan-segan.

  1. Angakoe djeneng pribadi, Andadra dadi roebeda,
    Ngriribedi wekasane, Nenerang anerak sarak, Remboege angaliga,
    Mawali pra wali woloe, Winolon koerang walaka.

Mengaku nama Pribadi, semakin membikin masalah,
akhirnya membuat ribut, melanggar Sarak / hukum,
kata-katanya sangat berani, membantah para wali delapan.
kedelapan wali kurang berterus terang.

  1. Ladjeng aboebaran sami, Kang para wali sadaja,
    Kondoer marang ing daleme, Moeng ‘Djeng Soenan Giri Gadjah,
    Kang kawongan angloenas, Kang moerang saraking ngelmoe,
    Moepoeng dereng ngantos mraman.

seterusnya semua bubar / pulang, semua para wali, pulang ke rumahnya,
Kecuali Kanjeng Sunan Giri, yang berkuasa menyelesaikan,
yang melanggar syariat ilmu, mumpung belum sampai menjalar / tersebar.

  1. ‘nDjeng Soenan Giri njagahi, Ing sirnane Seh Lemah Bang,
    Jen sampoen prapteng mangsane, Adeging Nata ing Demak,
    ‘mbedang ing Madjalengka, Sadaja samja djoemoeroeng,
    Ladjeng samja pakoempoelan.

Sunan Giri menyetujui, akan kematian Seh Lemah Bang.
kalau sudah sampai waktunya. Berdirinya kerajaan Demak.
memisahkan diri dari Majapahit. semua sama-sama menyetujui.
terus diadakan perkumpulan.

  1. Sagoenging kang para wali, Mrih ‘mbedah ing Madjalengka,
    Dene kang djinago- djago, Sira waoe Raden Patah,
    Lemboe peteng Madoera, Lan sakoela warganipoen,
    Kang woes samja toemoet Islam.

Semua para Wali, agar memisahkan diri dari Majapahit,
adapun yang di calonkan. dia adalah Raden Patah.
Lembu Peteng Madura, dan seluruh keluarganya, yang sudah beragama Islam.

  1. ‘nDjeng Soenan Ngampel mambengi, Mring para wali sadaja,
    Lawan poetra sadajane, Rehning Praboe Brawidjaja,
    Anlangsa sedyanira, Mring para wali sadaroem,
    Pinardikakken kewala.

Sunan Ampel menghalang-halangi, kepada para wali semua,
dan anak-anak semuanya, karena Prabu Brawijaya, prihatin harapannya,
kepada para Wali semua, diistimewakan dulu.

  1. Raden Patah matoer aris, Inggih nadyan makatena,
    Djer tan noenggil agamine, Pangangkah koela ing mangkja,
    Inggih sanoeswa Djawa,
    Sampoen ngantos wowor samboe, Sageda noenggil agama.

Raden Patah berkata dengan perlahan, iya, walaupun demikian,
walaupun tidak sama agamanya, harapan saya nantinya,
ya satu pulau Jawa. jangan sampai bercampur dengan orang banyak.
bisalah satu Agama.

  1. Woes goemeleng para wali, Golonging goenem woes dadya,
    Angloeroegi Sri Pamase, Brawidjaja Madjalengka, Rontjene tan winarna,
    Enggale ingkang tjinatoer, Sang Apraboe Brawidjaja.

Sudah sepakat para wali, sudah setuju satu pendapat,
berangkat ke tempat Raja, Brawijaya di Majapahit,
digubah tidak diceritakan, terus yang diceritakan, Sang Prabu Brawijaya.

  1. Sampoen katitih ing djoerit, Angles lolos saking poera,
    Kasangsaran saparane, Gja ngoengsi mring ngardi Sawar,
    Poewara Sri Narendra,
    Dyan ngratjoet djagad kinoekoet, Tan antara sampoen seda.

Sudah menang dalam peperangan, pilu terlepas dari ampunan,
selalu sengsara, segera mengungsi ke Gunung Sawar.
akhirnya Sang Raja, akan menguasai dunia, tidak lama sudah meninggal.

  1. Dyan patah angloeting woeri, Doek wrin kang rama woes seda,
    Dyan soemoengkem ing soekoene, Asasambat wor karoena,
    Soenan Benang oeninga, Sigra marpeki ngrarapoe,
    Poewara lajoning rama.

Raden Patah sabar dibelakang hari,
ketika mengetahui ayahnya telah meninggal dunia,
lalu sungkem dikakinya, mengeluh minta tolong dan menangis.
Sunang Bonang mengetahui, segera menemui menghibur.
Akhirnya jenasah ayahnya.

  1. Dyan pinari poerna noeli, Binekta dateng ing Demak,
    Dene ta kang mikoel lajon, ‘nDjeng Soenan Benang prijangga,
    Lan Dipati Bintara,
    Sapraptaning Demak ladjoe, Sinarekken pari poerna.

Lalu diselesaikan, dibawa ke Demak, adapun yang membawa jenasah,
Kanjeng Sunan Bonang pribadi dan adipati Demak, selesai dikebumikan.

  1. Riwoesing mangkanna noeli, Para wali pakempalan,
    Samja ‘nggoesti djoemenenge, Dipati Bintara noelja,
    Kadjoemenengken Nata, Neng Demak karatonipoen,
    Ingaran ngawanti – Poera.

Setelah itu, para wali berkumpul, bersama-sama menyaksikan pelantikan,
Adi Pati Demak, dilantik menjadi Raja, di kerajaan Demak,
dinamakan istana Ngawanti.

  1. Djoedjoeloekira sang Adji, Kangdjeng soeltan Sjah Akebar,
    Ingkang dadya papatihe, Poetra kjageng Wanapala,
    Nama patih Mangkoerat,
    De kang djoemeneng pangoeloe, Padoeka ‘nDjeng Soenan Benang.

Sang raja bergelar, Kanjeng sultan Syah Akbar,
yang menjadi patihnya, putra Kanjeng Wanapala,
bernama Patih Mangkurat. yang menjadi penghulu yang terhormat Sunan Giri.

  1. Salijane para wali, Samja djoemeneng poedjangga,
    Ki Wanapala djaksane, Samana woes pari poerna,
    Adege Sri Narendra,
    Sapradja tentrem rahajoe, Rahardja kanti noegraha.

selainnya para wali, semua sama menjadi pujangga,
Jaksanya Ki Wanapala. sekian sudah selesai.
dengan berdirinya Raja, kerajaan menjadi tentram,
sejahtera berkat anugrah Tuhan.

###TEMBANG KINANTI

  1. Nihan mangkja kang winoewoes, Seh Siti Djenar ing ngoeni,
    Sangsaja karja sandeja, Maring sagoeng para wali, ‘nDjeng
    Soenan ing Giri –Poera, Matoer Sang Praboe ngawanti.

Demikianlah yang telah diceritakan, Seh Siti Jenar pada saat itu,
semakin mengkawatirkan, bagi semua para wali,
Kanjeng Sunan Giri, berkata sang prabu Ngawanti.

  1. Sapratingkahnja sadaroem, Denira angorak – arik,
    Saroening sarak sarengat, Djoemeneng goeroe nggoegoerit,
    Rosing saraseng rarasan,
    Akarja soewoenging mesdjid.

Semua tingkah lakunya, Merusak, Tidak pantas merusak hukum,
Menjadi guru siap mengajar, Intinya menjadi pembicaraan,
Membuat kosongnya Masjid.

  1. Lamoen aweta toemoewoeh, Itjal bitoewahing ngoeni,
    Tan wonten poeroen sembahjang, Itjal tjaraning nagari,
    Anggering goeroe denarah, Soemarah anoet kang moerid.

Jika lama berkembang / tersiar, Hilang akan keberadaannya,
Tidak ada yang mau Sholat. Hilang aturan kerajaan,
Asalkan guru mengarahkan, Menyerah mengikuti murid.

  1. Lawan tjarijosing dangoe, Nalimpet anglempit ngelmi,
    Tan saking widji winedjang, Arda marsadoe anilib,
    Nilem siloeman ing lampah,
    Milalah amalili warni.

dan ceritanya lama, melipat menyembunyikan Ilmu,
bukan dari satu asal usul diajarkan, hawa nafsunya berusaha menyembunyikan.
Menyelam merahasiakan dalam perjalanan,
Terlebih baik berganti warna.

  1. Mangka adat koekoemipoen, Poenika dipoenpaedjahi,
    Ngandika Soeltan bintara, Inggih rinembaga sami,
    Manira sampoen pratjaja, Ing pratinggah gampang roempil.

Pada hal kebiasaan hukumnya, Itu dibunuh, Berkata Sultan Demak,
Yang dibicaraakan bersama-sama, Saya sudah percaya,
Tingkah lakunya mudah rusak.

  1. ‘nDjeng Soenan Giri agoepoeh, Anjoeroehi para wali,
    Pan sampoen prapta sadaja, Soenan Giri anoelja glis,
    Medaraken karsa Nata, Wali sadaja ngamini.

Kanjeng Sunan Giri tergesa-gesa, Mengundang para Wali,
Sudah siap semua wali, Sunan Giri segera,
Memaparkan kehendaknya, Para wali semuanya menyetujui.

  1. Pangran Siti Djenar sampoen, Tinimbalan marang Giri,
    Sapraptanira samana, Lan sabat kapitoe ngiring,
    Ginedeg gadoenging tekad, Tan owah kadya ing ngoeni.

Pangeran Siti Jenar sudah, Dipanggil ke Giri,
sesampainya dia di sana, dan tujuh wali menggiring,
digelengkan kepala sebagai kemauan yang keras, tiada berubah seperti dulu.

  1. Soenan Kalidjaga goepoeh, Sinasmitan Soenan Giri,
    Saksana anarik pedang, Pan sarjwa ngandika aris,
    E’ kisanak iki paran, Pangran Siti Djenar angling.

Sunan Kalijaga Tergesa-gesa, diberi isyarat Sunan Giri,
segera menghunuskan pedang, dengan berkata pelan / sopan,
Hai saudara ini tujuan pergimu, Seh Siti Jenar berkata,

  1. Gaib arane poenikoe, Jekti doemoenoeng ing pasti,
    Parenging sih rahmatoellah, Jen toemama karja lalis,
    Pan dadya sawarga moelja,
    Wasana ing ngalam akir.

Gaib/rahasia namanya ini, yakni bertempat di yang pasti,
senang karena rahmat Allah, jika mengenai menjadi mati / meninggal dunia,
sudah menjadi Surga yang mulia, akhirnya masuk ke alam akhirat.

  1. Kang sroe kineker sineroeng, Rosing sarahsa sadjati,
    Mangkja arsa babar pisan, Sampoerna ing eneng-ening,
    Kaonang onang kanang rat, Paran kang dipoenoepadi.

yang dirahasiakan didorong, inti rahasia sejati,
demikian kehendak sekali selesai,
sempurna, mashur di dunia, tujuan yang dicari.

  1. Pedang tinibakken sampoen, Mring pangeran Siti Koening,
    Pedot djangga kapisanan, Kang rah soemamboerat midjil,
    Dinoeloe abang ‘mbaranang, Soenan Kali mesem angling.

Pedang telah di pangkaskan, kepada pangeran Siti Kuning / Seh Siti Jenar,
putus seketika lehernya, darahnya memancar ke luar,
dilihat merah sekali, Sunan Kalijaga tersenyum terus berkata.

  1. Lan ta iki warnanipoen, Kang wanter amoentoe pati,
    Pan maksih loemrah kewala, Getihe pan nora poetih,
    Djisime pan maksih wantah, Woedjoede maksih kaeksi.

Ini warnanya, yang cepat menuju kematian, masih biasa saja,
darahnya tidak berwarna putih, jasatnya masih utuh,
wujudnya masih bisa dilihat.

  1. Poenang loedira tan dangoe, Pan amalih warna poetih,
    Kang djisim kinoekoet noelja, Kinebat saking sekedik,
    Tan koemedab idepira, Panoming rat kang oemeksi.

Adapun darahnya tidak lama, sudah berganti warna putih,
jasat / mayat kemudian diambil, dimusnahkan dari sedikit,
tidak berkedap bulu matanya, dunia melihatnya,

  1. Doepi woes meh pasang soeroed, Kantoen katon sakemreki,
    Katjarjan mantjala tjahja, Goemilang gilang nelahi,
    Awarna tjatoer prakara, Abang ireng koening poetih.

Ketika sudah hampir selesai, tinggal kelihatan dari sini,
keheranan berubah menjadi cahaya / sinar, gemilang bercahaya-cahaya,
berwarna 4 macam, Merah, Hitam, Kuning dan Putih.

  1. Tan antara gja rinatjoet, Bjar tjahja pantja kawarni,
    Tjahja woengoe kang kapisan, Tjahja biroe kaping kalih,
    Tjahja idjem kaping tiga,
    Dadoe kaping patireki.

Tidak lama segera disatukan, tiba-tiba terang cahaya berwarna 5,
yang pertama cahaya berwarna Ungu, yang kedua cahaya berwarna Biru,
yang ketiga cahaya berwarna Hijau, Warna Merah muda yang keempat.

  1. Tjahja djingga limanipoen, Tan dangoe kinoekoet malih,
    Adadya tjahja goemilang, Prabawanira nelahi,
    Pan kadya poepoetran denta, Tan antara noelja gaib.
    Cahaya berwarna Jingga yang kelima, tidak lama hilang lagi,
    menjadi cahaya yang berkilau / gemilang, kebesarannya bercahaya-cahaya,
    sudah seperti anak raja, tidak lama kemudian Gaib / tidak terlihat.
  2. Sampoerna kaananipoen, Poenang rah kang warna poetih,
    Sakala ista seratan, Winatja ing para wali,
    Oengele poenang aksara,
    La illaha illoellahi.

Sempurna keadaannya,darah yang berwarna putih, seketika berupa
tulisan, terbaca oleh para wali, bunyinya aksara, La illaha illallah.

  1. Sawoesnja kang rah soemeboet, Rinatjoet datan kaeksi,
    ‘nDjeng Soenan ing Kalidjaga, Pangandikanira wengis,
    Pan kaja patining setan, Djisim ilang tanpa lari.

Setelah darah memancar, disatukan tidak kelihatan,
Kanjeng Sunan Kalijaga, bicaranya bengis, seperti matinya Syetan,
Jasat / mayat hilang tanpa bekas.

  1. Waoe kang moerweng ‘ndon loehoeng, Atilas wasita djati,
    E manoengsa sesa-sesa, Moenggoeh ing djamane pati,
    Ing reh poepoentoning tekad, Santa santosaning kapti.

Tadi yang mulai tempat yang luhur, mengikuti jejak petunjuk Tuhan,
Hae manusia tergesa-gesa, adapun waktunya mati,
dalam hukum akhir kehendak, kuatnya keinginan.

  1. Nora saking anon roengoe, Riringa rengat siningit,
    Labet asalin salaga, Saloegoene denoegemi,
    Ing pangagemaning raga, Soeminggah ing sangga roenggi.

Tidak karena mendengar, karena bertengkar, karena berganti perilaku,
sebenarnya yang dipegang teguh. dalam pakaian raga,
berada dalam bahaya.

  1. Marmane sarak siningkoer, Karana angriribedi,
    Manggoeng karja was soemelang, Emboeh-emboeh denandemi,
    Ikoe panganggone donja, Jen ing pati ngoetjiwani.

Oleh sebab itu hukum ditinggalkan, karena dianggap menghalangi.
senantiasa bekerja selalu khawatir, apa saja dikuasai.
itu dipakai di dunia, jika meninggal dunia mengecewakan.

  1. Sadjati djatining ngelmoe, Loenggoehe tjipta pribadi,
    Poestining pangestinira, Gineleng dadya sawidji,
    Widjanging ngelmoe dyatmika, Neng kaanan eneng ening.

Senyatanya ilmu / Ilmu sejati, sesungguhnya berada dalam diri sendiri,
kenyataannya keinginanya, menyeluruh bersatu menjadi satu,
jelasnya ilmu tidak pernah meninggalkan sopan santun,
dan ketenangan jiwa.

  1. Kendel swara kang karoengoe, Waoe ta Soehoenan Giri,
    Alon dinera oemodjar, E kantja wasiteng wangsit,
    Jen rinasa sarahsanja, Poentoning pati patitis.

Berhenti suara yang didengar, tadi Sunan Giri,
Sunan Giri berbicara pelan, Hai teman, ajaran yang disampaikan,
jika dirasakan rasanya tenang, akhirnya mati benar.

  1. Tan kewran waraneng kawroeh, Nanging tandoeke awadi,
    Pandoning poerweng delahan, Sidi sidaning ‘ndon adi,
    Doemadi jwa kawadaka, Linintoe wanda samangking.
    Tidak sukar ajaran yang disampaikan, akan tetapi tingkah lakunya tidak rahasia,
    pedoman mulai sampai akhirat, sempurna pedoman yang indah,
    terjadi jangan diketahui rahasianya, ditukar jasatnya sekarang.

  2. Wali sadaja djoemoeroeng, Saksana Soehoenan Giri,
    Anjipta kadebog loepah, Woes antoek sinabdan aglis,
    Mangka lintoening koeswanda, Pangeran ing Sitiabrit.

Semua wali menyutujui, Sunan Giri segera, membuat pelapah
pohon pisang sudah dapat, segera diciptakan,
sebagai gantinya jasat, Pangeran Siti Brit / Siiti Jenar.

  1. Woes awarna djisimipoen, Para moerid dentimbali,
    Kapitoe woes prapteng ngarsa, Tinodi reh paran kapti,
    Moerid kapitoe atoernja, Kedah meloe bela lalis.

Sudah ada Jasatnya / mayatnya, para murid dipanggil.
7 wali sudah berada di depannya, diuji bagaimana kehendak,
7 murid berkata, harus ikut serta mati.

  1. Laboeh labetaning goeroe, Angoegeri lair batin, Abantoe babanten atma,
    Para wali tan nedyapti, Rehning tan kadresan dosa,
    Sangsara jen misesani.

Berbakti pada Guru, berpedoman lahir batin,
membantu kurban nyawa, para wali tidak mengijinkan,
karena tidak terkena dosa, sengsara jika menguasai.

  1. Adreng andaroeng tyasipoen, Sabat kapitoe roemanti,
    Toemoetoer sang poeroeita, Mantep nedya bela pati, Dyan
    moesti kanang tjoeriga, Sadaja sampoen ngemasi.
    sangat ingin sekali hatinya, 7 wali bersedia, berkata Guru,
    mantap ingin ikut serta mati, lalu pasti yang curiga, semua sudah mati.

  2. Para wali langkoeng ngoengoen, Wonten malih ingkang prapti,
    Sabat satoenggal koemedah, Ngoedi ambelani pati,
    Ing goeroe kang woes sawarga, Soenan Giri lingnja manis.

Para wali heran, ada lagi yang datang, seorang wali harus,
mencari mengulangi mati, Sunan Giri berbicara bijaksana.

###TEMBANG DANDANGGOELA

  1. Ajwa sira adreng rehing kapti, Goeroenira aliwat droehaka,
    Manggoeng sinanggaa dewe, Ja apa pedahipoen,
    Anglaboehi wong doseng widi, Marmane kawisesa,
    Trang karsaning Ratoe, Loepoete amboebrah sarak,
    Kang woes pada ingimanaken Narpati, Lakoening koena-koena.

Janganlah engkau terlalu mengikuti kehendak, Gurumu sangat durhaka,
senantiasa biar ditanggung sendiri, apa manfaatnya,
membela orang yang berdosa pada Tuhan, disebabkan yang berkuasa,
jelas kehendak raja, salahnya merusak hukum,
yang sudah diyakini Raja, kepercayaan jaman dahulu.

  1. Angoegemi ageme ing ngelmi, Ngorakaken ing sarak sarengat,
    Woes ana angger anggere, Ing kang moeni ing koekoem,
    Anemahi oekoeman pati, Ing Ngarab Seh Moebarat,
    Tepane ing dangoe, Ija kokoem ing nagara,
    Dene wani tan ngimanaken gami, Oeger ageming Nata.

Mempercayai ilmunya, membuat rusak hukum syariat,
sudah ada undang-undang, yang telah berbunyi di dalam hukum,
menjumpai hukuman mati, di Arab Seh Mubarat, ukurannya zaman dahulu,
yaitu hukum Negara, adapun berani tidak mengimani Agama,
hanya agamanya Raja.

  1. Sabat kang liningan matoer aris, Doeh Soehoenan dawoeh kang mangkana,
    Sanadyan nista patine, Jen sampoen djangdjinipoen,
    Mboten kenging densenggoeh nenggih, Poenika pati sija,
    Marmamba oematoer, Tjoemantaka tan wrin angga,
    Awit seserepan jen sampoen denesti, Ngelmoene ‘mboten itjal.

Sahabat yang berkata bicaranya pelan, wahai Sunan memerintahkan seperti itu,
walaupun matinya hina, jika sudah menjadi takdirnya,
tidak boleh disangka, itu mati yang sia-sia, belaskasihan hamba berkata,
berani tidak takut, sebab pengetahuannya jika sudah dimengerti, ilmunya tidak hilang.

  1. Poepoentoning tekad woes karakit, Tekaning tokid sampoen pinasang,
    Soemarah sarahsaning reh, Lahir batin kawengkoe,
    Pangawikan kang denwikani, Soemamboeng ‘nDjeng Soehoenan,
    Ing Tjarebon goepoeh, Bener woewoesmoe mangkana,
    Nanging kaananing ngalam koedoe ngoedi, Dadining kanjantaan.

kesimpulannya tekat sudah terbentuk, sampainya Taukid sudah dipasang,
menyerah kepada perintah, lahir dan batin dikuasaai,
Ilmu batin yang diketahui, bersambung Kanjeng Sunan,
Cirebon tergesa-gesa, betul perkataananmu demikian.
akan tetapi keadaan alam harus dicari, menjadi suatu kenyataan.

  1. Katrimane wong ngimanken ngelmi, Mara iki djisime denenggal,
    Pari poernanen betjike, Pinetak kang pakantoek,
    Antarane ing teloeng bengi, Endjange dendoedoeka,
    Jen gandanira roem, Mratandani katarima,
    Antoek swarga jen gandane aroes batjin, Jekti tan katarima.

Diterimannya orang yang mempercayai ilmu, mari ini mayat cepat-cepat,
selesaikan bagaimana sebaiknya, dikubur di tempat yang diperbolehkan,
diantaranya 3 malam, paginya digali lagi, jika baunya harum,
sebagai pertanda diterima, di Surga,
jika baunya busuk, sungguh tidak diterima.

  1. Sabat sidji anoet reh ing kapti, Lajon debog pan sampoen pinetak,
    Sampoening ngantawisake, Djangkepe tigang daloe,
    Lajon pindan dinoedoek malih, Mring sabat kang ananda,
    Gandanipoen aroes, Badeg pengoek belarongan,
    Atoer tobat wekasan toemoet anjantri,
    Pra wali langkoeng soeka.

Satu sahabat menurut perintah yang dimaksud, mayat Pisang [debok] yang sudah dikubur, sudah kira-kira, cukup 3 malam, mayat digali,
kepada Sahabat agar memeriksa, baunya anyir/amis, berbau busuk,
pengut tak karuan, akhirnya bertobat, ikut menyantri, para wali lebih senang.

  1. Woes pinendem waoe ponang djisim, Jata praptane antara dina,
    Kapijarsa ing garwane, Jen lakinira lampoes,
    Aneng Giri Pangran Siti Brit, Patine tanpa dosa,
    Langkoeng mesgoelipoen, Sanalika ladjeng dandan,
    Lawan ‘mbekta koela wangsa sawatawis, Praptaning Giri poera.

sudah dikubur mayatnya, sungguh sampai beberapa hari,
diketaui oleh istinya, jika suaminya mati, di Giri,
Pangeran Siti Brit, matinya tidak berdosa, sangat susah, seketika
itu terus bersiap-siap, dengan membawa teman, sesampainya di Giri.

  1. ‘nDjoedjoeng ngarsane ‘nDjeng Soenan Giri,
    Temboeng anggoegat tan anarima, Sapatine ing lakine,
    Tan wonten dosanipoen, Anemahi pati tan joekti, Kalamoen makatena,
    Poenapa Sinoehoen, Itjal denira kinarjwa, Wali moelja lampah asija ing dasih,
    Ngarenah nganiaja.

Langsung menghadap Sunan Giri, berkata menggugat dan tidak terima,
akan kematian suaminya, menderita mati tidak pantas,
walaupun demikian, apakah Sinuwun / Tuan, khilaf dalam berbuat.
Wali mulia menghina kepada orang kecil, membuat resah, menganiaya.

  1. Dados kaseboet jen kirang sidik, Mangka pantese ambek sagara,
    Soenan Giri andikane, Ni ‘mbok moeng darma ingsoen,
    Anglakoni karsaning Adji, Marmane kawisesa,
    Somahira ikoe, Labete anandang dosa,
    Ngroesak sarak ‘nggorohi reh ing nagari, Ni Lemah Bang atoernja.

Jadi disebut kurang benar, maka sepantasnya memiliki perasaan yang luas,
Sunan Giri berkata, Hai saudari / Nyai Siti Jenar saya hanyalah bekerja,
melaksanakan kehendak Raja. oleh karena diberi tanggung jawab,
suamimu itu, karena telah berdosa, merusak sarak,
mendustakan hukum Negara. Nyai Lemah Bang berkata.

  1. Kados poendi karsane Sang Adji, Teka damel karenah ing wadya,
    Amisesa sakarsane, Pan Ratoe sipat loehoer,
    Sipat makloem lan sipat asih, Apan laki-kawoela, Moeng memedjang ngelmoe,
    Kasampoernaning agesang, Jen tjidraa dados lepating nagari,
    Lah inggih poenapaa.

Bagaimana maksud sang Raja, datang membuat resah prajurid,
menyiksa semauanya, Raja memiliki sifat luhur,
sifat pemaaf dan belas kasihan, karena apa suamiku,
hanya karena mengajarkan ilmu,
Kesempurnaan Hidup, kalau bersalah menjadikan sebab salah pada Negara.
nah bagaimana,

  1. Para wali sami denlilani, Midjangaken medjang ing ngelmoe kak,
    Mawi beda papandoeme, Jen lakjamba kang lampoes,
    Nerak sarak lan anggorohi, Ngelmoenipoen abatal,
    Djidik wekasipoen, Sajekti para olija,
    ‘mboten sanes inggih makaten pinanggih, Kados laki kawoela.

Para wali diijinkan, menguraikan mengajarkan ilmu Hak,
hanya berbeda dasarnya,
jikalau suami saya yang mati melanggar sarak / hukum dan membohongi,
ilmunya batal, benar akhirnya.
sesungguhnya para wali, tidak lain ya seperti ini pendapatnya,
seperti suami saya.

  1. Soenan Giri kewran ing panggalih, Kendel anganam anam ing drija,
    Katarboeka wangsoelane, Manoeara ngingimoer,
    Jaji ajwa sandejeng galih, Patining lakinira,
    Manggih swarga loehoer, Wit wis dadya patembaja,
    Nora nista mandar oetama ing pati, Poetoes ing kasoenjatan.

Sunan Giri ragu-ragu pikirannya, diam berpikir dalam hatinya,
terbuka hatinya, jawabanya, menghibur, Nyai jangan kuwatir pikirannmu,
meninggalnya suamimu, bertemu / masuk ke Surga yang luhur,
sebab sudah menjadi kesepakatan, tidak hina,
tetapi meninggal dengan baik, tamat sudah menjadi sempurna.

  1. Jekti ingsoen moeng minangka margi, Andjalari nganter ing delahan,
    Tjantjoed pantjading kapaten, Lahir batin djoemoeroeng,
    Ni Lemah Bang doek amijarsi, Tandoeking pamindaka,
    Ragi darbe lipoer, Wasana alon toerira,
    Jen makaten njoewoen pratanda ing mangkin, Swargane katarima.

Sungguh saya hanya sebagai sarana, yang menyebabkan menghantarkan ke Akherat,
bersiap-siap akan kematian, lahir batin sudah mendapatkan persetujuan,
Nyai Lemah Bang / Nyai Siti Jenar ketika menyaksikan,
bertambah senang, sedikit terhibur, akhrirnya berkata pelan,
jika demikian minta pertanda / bukti, diterima di Surga.

  1. Soenan Giri kendel mesoe boedi, Boedi daja dadining mangoenah,
    Mangeningaken eninge, Gja moedar ing sabda roem,
    Lah ta nini mara den aglis, Toemengaa ing wijat,
    Apa kang kadoeloe, Angestoken ni Lemah Bang,
    Sanalika ladjeng toemenga ing nginggil,
    Katon kang langit bedah.

Sunan Giri diam berusaha, daya upaya dengan sungguh-sungguh,
berdoa mengheningkan cipta dengan sunguh-sungguh,
lalu berkata dengan pelan, nah begini Nyai segera ke sini,
menengadahlah ke langit, apa yang engkau lihat,
menurut Nyai Lemah Bang, seketika terus menengadah ke atas, langit kelihatan terbuka.

  1. Sarta katon sawarga sarwa di, Tanpa timbang jen ing ngalam donja,
    Lakine loenggoeh ing bale, Kang rinengga raras roem,
    Noenggil lawan kang para Nabi, Sawoesnja ni Lemah Bang,
    Pan ladjeng toemoengkoel, Langkoeng soeka anarima,
    Moeng ing ‘mbendjang jen amba noesoel ing laki,
    Mantoek ing rahmatoellah.

Serta kelihatan Surga yang indah, tidak sebanding dengan alam dunia,
suaminya / Seh Siti Jenar duduk di rumah yang indah,
yang dihiasi dengan hiasan yang indah, bersama para Nabi,
setelah Nyai Lemah Bang, terus menundukkan kepala,
lebih senang menerimanya, hanya besuk jika saya menyusul suami,
pulang ke Rahmatullah.

  1. Kadongakna sageda anoenggil, Wonten kaanan ingkang minoelja,
    Soenan Giri ngestokake, Pangestining tyasipoen,
    Ni Lemah Bang anoelja moelih, Lawan sakoela wangsa,
    Woewoesen kang kantoen, ‘nDjeng Soehoenan Giri – poera,
    Doek samana sampoen ngatoeri oedani, Loenase Seh Lemah Bang.

minta didoakan bisa bersatu, berada di tempat yang mulia,
Sunan Giri menyetujuinya, maksud dan tujuannya,
Nyai Lemah Bang kemudian pulang, dengan seluruh pengikutnya,
ucapan yang terakhir, Kanjeng Sunan Giri, Dahulu telah memberi tau,
dibunuhnya Seh Lemah Bang / Seh Siti Jenar.