Suku Lingon Halmahera

Jauh sebelum Bangsa Indonesia mereka, ada satu suku unik di Halmahera Selatan, yaitu suku Lingon. Suku ini mempunyai keunikan jika dibanding dengan mayoritas suku yang ada di Indonesia yaitu berkulit putih, tubuh besar, rambut pirang dan bermata biru seperti orang eropa. Apakah orang eropa ada yang berpindah ke indonesia membentuk suku ini?

Menurut penelitian yang saya baca, walaupun asal usul suku Lingon ini belum diketahui sampai sekarang, tapi ada dugaan bahwa para penduduk di suku ini berasal dari daratan Eropa yang menuju ke daerah lain. Tapi, ditengah perjalanan kapal yang membawa mereka karam yang membuat mereka tidak bisa kembali ke daerah asalnya dan kemudian menetap di Halmahera.
Disebabkan tidak lagi bisa mengakses ke dunia luar, hingga suku Lingon menjadi sangat primitif yang akhirnya menganut kepercayaan animisme dan dinamisme. Bahkan kabarnya suku ini termasuk suku yang berbahaya.
Karena dianggap berbahaya inilah maka banyak warga sekitar pesisir yang terus memburu bahkan membunuh orang dari suku Lingon ini.
Hingga kini keberadaan suku ini masih misterius dan belum pernah ditemukan beradaannya. Ada yang mengatakan bahwa suku ini sudah punah dan ada yang juga masih percaya bahwa suku ini masih ada tersembunyi di dalam hutan.