Sukses mendirikan bisnis UKM


Saat ini banyak seklai orang yang mencoba peruntungannya dengan menjalankan bisnis berskala kecil dan menengah. Entah itu orang yang memang murni profesi sebagai pengusaha atau karyawan yang menyambi menjadi pengusaha. Seperti halnya usaha lain, bisnis di sektor UKM memiliki ciir khas modal yang tidak terlalu besar dan skala bisnis yang terbatas. Walau demikian hal tersebut tidak menutup kemungkinan bagi sebuah khas UKM untuk naik kelas. Namun sebelum itu terjadi, pengusaha UKM haruslah jeli dan teliti dalam mempersiapkan dan menjalankan usahanya. Namun tidak hanya berbisnis UKM ini juga, anda juga bisa berbisnis Produk umkm jember dan juga jual produk online jember. Simak yuk tips berikut ini agar usaha UKM anda naik kelas.

Membuat business plan

Kebanyakan pengusaha UKM lalai membuat business plan karena merasa bisnisnya terlalu kecil untuk dibuatkan. Plus membuat business plan adalah hal yang merepotkan. Akibatnya dalam menjalankan bisnis mereka cenderung melakukannya secara coba-coba tanpa mereka sadari justru akan membuang-bang energi, wakttu dan uang. Padahal dengan membuat business plan, pengusaha dapat memprediksi banyak hal dengan bertanya kepad aorang-orang atau ahli dibidang usaha tersebut. Anda bisa bergabung dengan berbagai komunitas pengusaha UKM yang dijamin bakal bersedia membagi pengalaman mereka.

Pelaksanaan yang terstandardisasi

Apa yang membuat starbuck bisa sukses dan mendunia? Tidak lain karena produknya memiliki standardisasi, jadi kopi startbuck Indonesia yang anda nikmati memiliki aroma dan rasa yang sama dengan kopi starbuck di AS. Hal ini dapat tercapai lantaran ada standardisasi. Untuk emncapai standardisasi pengusaha perlu membuat SOP.kembali ke starbuck sebagai contoh mereka telah memilki berbagai ukuran untuk menciptakan, misalnya kopi espresso sampai dilihat lebih jauh. Jika ingin dilihat lebih jauh, SOP juga meliputi sistem keuangan, manajemen, sampai kepelayanan pelanggan. Pembuatan SOP sendiri dapat anda lakukan sendiri, walau kelak ketika perusahaan bertambah besar dan produk bertambah rumit, anda harus melakukan bersama professional dibidang ini.

Promosi dan penjualan

Mau sebaik apapun produk anda, bila tidak ada orang yang mengetahui dan membelinya tentu percuma. Untugnya diera internet seperti saat ini, banyak sekali ruang yang diberikan bagi pembangunan UKM. Misalnya dengan memanfatkan social media yang sedang marak akhir-akhir ini. tekniknya bisa beragam tergantung produk, lokasi dan kesanggupan anda dalam menjalnkan promosi. Internet juga mengizinkan anda untuk bisa berjualan secara online, sehingga menjadikan lokais umunya merupaka beban yang berkontribusi cukup besar terhadap keseluruha biaya produksi, yang jelas agar anda dapat memanfaatkan social media dna internet dalam mendukung usaha. Anda harus mau membangun dna mengembangkan jaringan atuanetwork.

Minat? Yuk langsung hubungi kami 0877 7530 9776 (Fegi Ayu Merina) terima kasih.