Sueño de una Tarde Dominical en la Alameda Central by Diego Rivera

Sueño de una tarde dominical en la Alameda Central or Dream of a Sunday Afternoon in the Alameda Central adalah mural yang dibuat oleh Diego Rivera. Itu dicat antara tahun 1946 dan 1947, dan merupakan karya utama dari Museo Mural Diego Rivera berdekatan dengan Alameda di pusat bersejarah Kota Meksiko.

Mural menggambarkan orang-orang terkenal dan peristiwa dalam sejarah Meksiko, melewati taman Alameda Central di Mexico City. Beberapa tokoh penting termasuk Frida Kahlo, José Guadalupe Posada, Francisco I. Madero, Benito Juárez, Sor Juana Inés de la Cruz, Porfirio Díaz, Agustín de Iturbide, Ignacio Manuel Altamirano, Maximilian I dari Meksiko, Juan de Zumárraga, Antonio López de Santa Anna, Winfield Scott, Victoriano Huerta, José Martí, Manuel Gutiérrez Nájera, Hernán Cortés, Nicolás Zúñiga y Miranda, dan La Malinche.

Fokus utama dari mural adalah pada tampilan kepuasan dan nilai-nilai borjuis sesaat sebelum Revolusi Meksiko 1910. Tokoh-tokoh kelas atas yang elegan berjalan di bawah figur diktator berkuasa Porfirio Díaz. Sebuah keluarga pribumi dipaksa kembali oleh tongkat polisi dan api yang tepat serta alat-alat tenun kekerasan. Di bagian paling kiri, para korban Inkuisisi, yang mengenakan jubah sanbenito tobat dan topi kerucut coroza, diserahkan ke api di mobil-da-fé. Pusat mural didominasi oleh kerangka elegan La Calavera Catrina yang memegang senjata dengan seniman grafis Meksiko yang pertama kali mengandung dan menggambarnya, José Guadalupe Posada dengan setelan dan tongkat hitam. La Catrina memakai boa berbulu ular di bahunya. Di La Catrina, dia memegang tangan dengan versi anak Diego Rivera dengan celana pendek. Istri Rivera, Frida Kahlo, berdiri di belakang dan di antara dia dan La Catrina; Kahlo memegang tangannya di bahu Rivera dan dia memegang perangkat yin-yang. La Malinche dan Posada menatap langsung ke mata masing-masing.