Sudah tahu rokok itu berbahaya mengapa orang-orang masih mengkonsumsinya?


Kebanyakan orang mengenal rokok sejak usia remaja bahkan lebih muda lagi. Ada banyak sekali alasan seseorang mencobanya, berikut ada beberapa alasan orang mencobanya walaupun pernah mendengar bahaya merokok

  1. Tuntutan sosial, ditawari oleh teman dan merasa tidak enak untuk menolaknya.
  2. Ingin terlihat keren atau dewasa.
  3. Sebagai bentuk perlawanan kepada lingkungan keluarga (orang tua) ketika ada masalah.
  4. Melihat kebiasaan orang terdekat (orang tua, kakak, paman dan lain sebagainya).
  5. Sebagai pelarian untuk melepas penat atau stres.
    Hampir semua orang yang mencoba rokok, merasa bahwa mereka tidak akan mengalami kecanduan dan bisa berhenti kapan pun mereka mau, dan mereka salah. Karena faktanya banyak orang tidak sanggup keluar dari kebiasaan merokok.
    Menurut teman-teman Youdicts Kandungan rokok yang memberikan dampak negatif bagi tubuh manusia? Dan mengapa orang-orang tetap merokok walaupun tau dampak dari mengkonsumsinya?
Summary

https://ybkb.or.id/bahaya-merokok-dan-alasan-mengapa-masih-banyak-orang-melakukannya/

Banyak perokok yang menganggap berhenti merokok adalah hal paling sulit yang harus dilakukan. Padahal, kebanyakan dari mereka tahu betul tentang bahaya merokok. Bahaya ini terdapat pada semua jenis rokok, termasuk rokok kretek, rokok elektrik, hingga rokok filter. Kandungan rokok yang bersifat racun tersebut berpotensi merusak sel-sel tubuh. Selain itu, senyawa dalam asap rokok juga bersifat karsinogenik alias memicu kanker. Di dalam rokok, terdapat 250 jenis zat beracun dan 70 jenis zat yang diketahui bersifat karsinogenik. Kandungan tersebut berasal dari bahan baku utama rokok, yaitu tembakau. Selain itu, bahan pewarna yang biasa dipakai untuk membuat tampilan rokok lebih menarik, dapat memperbesar potensi racun dari rokok sehingga memberikan efek adiktif atau kecanduan. Hal lain yang patut diperhatikan adalah beberapa bahan kandungan rokok yang bisa mengubah sifat fisik dari asap rokok, sehingga kadar racun dan nikotin di dalam tubuh seorang perokok menjadi lebih tinggi.
Menurut ku alasan utama seseorang susah untuk berhenti merokok padahal udah tau resiko nya ngga baik untuk tubuh adalah karena efek nikotin, jika di lihat dari kandungan rokok terdepat nikotin yang begitu candu. Nikotin adalah zat yang secara alami ditemukan pada tembakau dengan efek candunya sama kuat seperti heroin atau kokain. Dan alasan yang lain tergantung dari cara pandang perokok tersebut.

Sumber

alodokter kandungan rokok yang berefek mengerikan untuk tubuh