Suara terompet langit? Kiamat?

Berita yang menghebohkan terjadi di Negara Ukrainia, di Kiev, pada tanggal 11 Agustus 2011, suara keras terdengar keras dan membahana di langit. Suara yang terdengar mirip dengan suara bunyi terompet menjadi viral. Banyak yang menganggap bahwa ini tanda akhir jaman. Selain itu, semakin banyak laporan dari seluruh dunia mengenai suara terompet langit yang misterius ini. Bagaimana menurut anda?
Apakah ini tanda kiamat?

menurut sumber yang saya baca, The Hum sendiri adalah fenomena seperti suara dengungan yang berfrekuensi rendah dan tidak audible sehingga tidak akan bisa direkam untuk diperdengarkan kembali. Saya sudah pernah menjelaskan soal fenomena ini disini.

Lalu ada lagi istilah yang disebut skyquake, atau gempa langit. Istilah ini pertama kali digunakan oleh Charles Fort, peneliti peristiwa fortean yang legendaris. Fenomena ini adalah suara misterius yang tidak diketahui asalanya dan terdengar seperti tembakan meriam, sonic boom atau suara gemuruh atau gempa. Keberadaan fenomena ini sudah dilaporkan sejak ratusan tahun yang lalu.

Sir George Darwin, putra dari Charles Darwin yang juga seorang ahli geofisika, pernah memantau fenomena ini dan menelitinya. Hasil penyelidikannya ini menjadi sebuah karya penelitian yang cukup komprehensif mengenai Skyquake.
Selain dikenal dengan istilah skyquake, fenomena ini juga punya beberapa istilah lain, yang paling terkenal adalah Guns of Seneca (merujuk kepada suara yang terdengar di sekitar Danau Seneca di Amerika Serikat), Guns of Barisal (merujuk kepada wilayah di Bangladesh), Mistpouffers (belgia), Fog Guns atau Uminari (Jepang).
Jadi, jika kita ingin mengkategorikan fenomena Kiev, maka lebih pas jika kita menyebutnya “Skyquake” dibanding “The Hum”.