Strategi pemasaran apa saja yang dapat dilakukan secara secara digital ?

Teknologi sudah berkembang semakin canggih, begitu juga dengan dunia marketing yang berkembang dengan berbagai macam produk baru dan inovasi baru. Banyak perusahaan ataupun start up mengadopsi digital marketing. Apa saja strategi pemasaran digital yang tepat untuk mencapai growth yang diinginkan ?

Beberapa strategi digital marketing yang bisa diterapkan di era modern saat ini antara lain :

1. Perluas dan perbaiki distribusi email (E-Mail marketing)
Email marketing masih menjadi salah satu cara terbaik untuk menjangkau customer dan tidak memerlukan biaya untuk konsumen, dapat diakses di perangkat selain ponsel, dan memiliki lebih banyak ruang untuk menyampaikan pesan. E-mail marketing cocok ditambahkan ke toolkit karena email marketing merupakan investasi terbaik yang dapat digunakan untuk meraih growth.

2. Social media Marketing
Menurut marketer, 89 persen perusahaan mengatakan bahwa media sosial turut membantu mendongkrak popularitas perusahaan mereka. Karena sekarang pengguna media sosial sangat banyak dan dari berbagai kalangan seperti facebook, twitter, ataupun instagram menjadi channel terbaik dalam pemasaran produk. Terlibatlah dengan konsumen di media sosial dengan memulai percakapan dan menanggapi pertanyaan, pujian dan keluhan.

3. Google AdWords
Google AdWords ini bisa juga dibilang dengan PPC atau Pay-per-Click marketing. Sebuah metode melalui search engine Google untuk membawa lebih banyak visitor ke website kita. PPC marketing ini berguna untuk menghasilkan hot lead atau calon customer yang sudah siap untuk membeli barang kita. Misalkan dalam pencarian mencari toko penjual bunga, maka nama toko kita akan menjadi hot lead di google.

4. Audit dan update SEO (Search engine optimization) lebih sering.
Optimalisasi mesin pencari secara signifikan dapat membantu produk menjangkau orang-orang yang menginginkan apa yang ditawarkan. Memperbarui SEO diperlukan karena banyak web sejenis di area yang sama dan mereka juga membuat website yang tidak kalah bagusnya.
Disini peran SEO atau search engine optimization penting bagi strategi digital marketing untuk membuat web berada di urutan teratas ketika visitor atau calon customer mencari tentang kita. SEO bukan hanya meningkatkan traffic ke web kita tetapi juga membangun kepercayaan dari user.

5. Content marketing
Menciptakan konten bagus itu sama seperti bagaimana kamu mendeskripsikan tentang produk ke semua orang. Selain itu, content marketing sifatnya dapat bertahan lama karena dapat menyalurkan konten ini ke konsumen yang berbeda-beda. Ada tiga macam audiens di dunia marketing yaitu:

  • Cold audience, yaitu audiens yang belum mengenal brand kamu tetapi mempunyai permasalahan yang sama.
  • Warm audience, yaitu audiens yang sudah mengenal brand kamu tetapi belum memutuskan untuk menggunakan layananmu.
  • Hot audience, yaitu audiens yang sudah dalam tahap memutuskan untuk membeli produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Setiap audiens diberikan strategi konten yang berbeda-beda. Misalnya untuk cold audience kita dapat memberikan konten yang lebih membahas tentang “masalah” yang dihadapi. Sedangkan untuk hot audience, memberikan konten tentang perbandingan.

6. Influencer marketing
Influencer marketing adalah salah satu cara tercepat untuk menaikkan popularitas produk, termasuk dengan mempromosikan web atau produk. Riset membuktikan bahwa 84 persen pemasar memasukkan influencer marketing campaign dalam rencana tahunan mereka. Adanya Instagram dan YouTube membuat tren influencer marketing ini menjadi primadona.

7. Mobile marketing
Konten pemasaran versi desktop bisa terlihat hebat, tapi pastikan untuk membuat dan memeriksa apakah itu terlihat bagus di seluruh perangkat termasuk mobile. Konsumen mengharapkan kohesi di seluruh platform, dan aksesibilitas yang lebih baik yang diberikan kepada audiens, semakin besar kemungkinan mereka untuk membeli.

Referensi :


https://id.techinasia.com/talk/7-strategi-digital-marketing-startup