© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Strategi apa yang dilakukan samsung untuk memahami tren penggunaan smartphone di Indonesia?

Sebagai pionir dalam industri smartphone, Samsung memiliki kewajiban dalam menghadirkan inovasi-
inovasi terkini. Salah satu contohnya, ketika Samsung memperkenalkan konsep infinitf display melalui seri Galaxy S8, sontak konsep tersebut menjadi standar baru dalam industri smartphone global. Lalu apa strategi yang dilakukan samsung untuk memahami tren penggunaan smartphone di Indonesia?

Membicarakan smartphone tentu tidak akan bisa tanpa menyebutkan nama Samsung. Produsen smartphone asal Korea Selatan ini sudah mendapatkan tempat di hati para konsumennya, baik di Indonesia dan di seluruh penjuru dunia. Vice President IM Business PT Samsung Electronics Indonesia Andre Rompis menjelaskan kunci utama untuk memegang kunci di bisnis teknologi smartphone adalah dengan berusaha memahami kebutuhan konsumen.

user samsung4

Samsung berada di tengah pertempuran sengit dengan Apple untuk supremasi smartphone. Salah satu cara di mana perusahaan Korea Selatan terlihat mendapatkan keunggulan atas kompetitornya adalah dengan menggali wawasan dari konsumennya melalui aktivitas media sosial mereka. Perusahaan ini menggunakan platform analitik dari Crimson Hexagon untuk mendapatkan wawasan instan ke pelanggan dan laporan terperinci tentang percakapan yang mereka miliki tentang produknya, di samping para pesaingnya. Temuan ini membantu mereka menyesuaikan strategi pemasaran mereka.

4 Strategi Samsung dalam memahami kebutuhan pengguna

  • Pertama, Samsung mempertahankan basis riset yang didasarkan pada kebutuhan konsumen. Samsung akan mencari hal apa saja uang dibutuhkan konsumen, kemudian mengembangkan produk tersebut.
  • Kedua, Samsung menjaga dan mengembangkan ekosistem bisnis lain yang terkait, seperti penyedia layanan operator dan juga pengembang konten dan aplikasi.
  • Ketiga, Samsung terus menjalin kerja sama dengan retail partner untuk mendistribusikan produk ke penjuru Indonesia, termasuk bekerja sama dengan PT Erafone Artha Retailindo yang telah mengoperasikan 29 outlet Samsung Experiental Store.
  • Keempat, Samsung tidak pernah menutup mata terhadap perkembangan teknologi, meskipun saat ini Android tengah merajai OS smartphone.

Samsung menginginkan hubungan yang baik dengan konsumennya sebagai loyal consumers. Oleh sebab itu layanan after sales menjadi persyaratan utama agar konsumen tetap loyal. Samsung menjanjikan pelayanan yang cepat dan menjadi bagaian dari solusi permasalahan konsumennya. Bahkan, Samsung membuat layanan khusus bagi para konsumen prioritasnya yang menggunakan produk flagship.

Sumber:
https://www.mis-asia.com/resource/mobile/how-samsung-uses-social-media-analytics-to-understand-customers-and-guide-strategy/