Strategi apa yang dilakukan perusahaan besar agar terus berkembang?


(nindy arahmah ) #1

Dalam topik ini saya akan membahas serta mengajak Anda untuk berdiskusi tentang strategi perusahaan-perusahaan besar dalam mengembangkan perusahaannya. Kita dapat mengambil contoh perusahaan-perusahaan besar seperti Apple, Microsoft, atau Virgin Group yang telah berdiri selama puluhan tahun dan masih eksis sampai saat ini, bahkan selalu berkembang menjadi perusahaan raksasa dengan pangsa pasar yang semakin besar. Kita ambil contoh 3 perusahaan diatas.

Apple

Apple Inc. (sebelumnya bernama Apple Computer, Inc.) adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Silicon Valley, Cupertino, California dan bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan barang-barang yang meliputi elektronik konsumen, perangkat lunak komputer, serta komputer pribadi. Apple Inc. didirikan pada tanggal 1 April, 1976 dan diinkonporasikan menjadi Apple Computer, Inc. pada tanggal 3 Januari, 1977. Pada 9 Januari, 2007, kata “Computer” dihapus untuk mencerminkan fokus Apple terhadap bidang elektronik konsumen pascapeluncuran iPhone.
Sumber

Microsoft

Microsoft Corporation (NASDAQ: MSFT) adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkantor pusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat yang mengembangkan, membuat, memberi lisensi, dan mendukung beragam produk dan jasa terkait dengan komputer. Perusahaan ini didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tanggal 4 April 1975. Microsoft merupakan pembuat perangkat lunak terbesar di dunia menurut pendapatannya. Microsoft juga merupakan salah satu perusahaan paling bernilai di dunia.
Sumber

Virgin

Sir Richard Charles Nicholas Branson (lahir di Blackheath, London, 18 Juli 1950; umur 66 tahun) adalah seorang industrialis asal Inggris, yang dikenal karena telah mendirikan 360 perusahaan di bawah bendera Virgin Group.

Branson sukses mendirikan bisnis pertama kali pada umur 16 tahun, ketika ia mempublikasikan sebuah majalah bernama Student. Ia mendirikan sebuah bisnis audio record mail-order pada tahun 1970. Pada 1972, ia membuka ritel toko kaset, Virgin Records, yang kemudian menjadi Virgin Megastores. Merek Virgin yang diciptakan Branson tumbuh dengan pesat pada tahun 1980-an setelah ia mendirikan Virgin Atlantic Airways dan melakukan ekspansi untuk Virgin Records.

Richard Branson adalah orang terkaya ke-261 menurut daftar orang terkaya 2009 versi Forbes, dengan estimasi kekayaan £2.6 miliar (US$3.9 miliar)
Sumber

Menurut Anda, apasajakah strategi yang dilakukan oleh perusahaan tersebut agar dapat bertaha selama puluhan tahun dan menuai kesuksesan besar.?