Strategi apa saja yang dapat diterapkan pemerintah dalam rangka pemanfaatan ekonomi digital untuk memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia?

pertumbuhan ekonomi

Dewasa ini, teknologi digital semakin menggeliat. Setiap aktifitas manusia ‘zaman now’ tidak bisa lepas dari sentuhan digital. Strategi apa saja yang dapat diterapkan pemerintah dalam rangka pemanfaatan ekonomi digital untuk memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia?

Ekonomi digital tentu bukan semata-mata hanya berbicara tentang penjualan barang dan jasa. Berbicara ekonomi digital, artinya kita berbicara lintas jarak dan waktu. Seseorang yang berada di Indonesia bisa menjual barang yang ada di Amerika. Internet menyediakan pengetahuan tanpa batas yang bisa kita aplikasikan dalam bisnis. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang memandang internet sebelah mata. Padahal, dengan internet, UKM pun bisa langsung memasarkan produknya dengan melewati mata rantai distribusi, sehingga bisa menjual langsung dengan harga pasar.

Jadi, untuk mengembangkan sektor ini agar dapat memacu pertumbuhan ekonomi di Indonesia, berikut ini beberapa strategi pemanfaatan ekonomi digital yang dapat diterapkan:

  1. Infrastruktur dan teknologi yang memadai dan terjangkau. Semakin cepat jaringan internet tentu akan semakin memudahkan jangkauan perkembangan ekonomi. Dan, tarif internet pun harus terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.

  2. Pembinaan SDM yang handal dan berkualitas. Peningkatan ilmu dan pemahaman masyarakat Indonesia terhadap ekonomi digital harus ditingkatkan. Karena, masih banyak sekali orang yang ragu untuk menyadarkan hidupnya dengan bisnis online dan model ekonomi digital lainnya.

  3. Sinergi komunitas. Pemerintah perlu merangkul berbagai komunitas bisnis online untuk semakin menggalakkan ekonomi digital.

Jadi, potensi ekonomi digital yang sangat besar ini dapat benar-benar menjadi peluang yang harus dengan maksimal dimanfaatkan oleh setiap aktor yang berperan di dalamnya. Karena, pada akhirnya, yang menjadi tujuan utama kita adalah untuk memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia yang lebih berkualitas dan berkeadilan.