Stephen Luczo, CEO Seagate Technology

Stephen J. Luczo merupakan ketua dewan direksi dan CEO Seagate Technology, perusahaan manufaktur dan teknologi dimana berfokus pada perancangan, produksi, dan pemasaran produk untuk penyimpanan, pengambilan, dan pengelolaan data komputer dan sistem komunikasi data. Perusahaan ini memiliki 85.000 karyawan yang berlokasi di seluruh dunia.

Dalam 5 tahun terakhir, Luczo secara konsisten diakui sebagai salah satu CEO yang memiliki kinerja terbaik di dunia oleh Harvard Business Review, Institutional Investor, CNN Money, Bloomberg, Majalah Fortune dan Insider Bisnis. Dia dikenal karena dianggap berhasil memimpin manajemen pembelian Seagate Technology pada tahun 2000. Kesuksesannya dalam memimpin Seagate masih dianggap sebagai pembelian teknologi paling sukses sepanjang masa.

Memiliki sikap optimis dan menyukai tantangan

Luczo telah menjadi CEO Seagate sejak tahun 2009 (sebelumnya pernah menjabat sebagai CEO dari tahun 1998 sampai 2004, ketika dia meninggalkan posisi CEO untuk fokus pada perannya sebagai ketua dewan direksi). Selain pernah menjabat menjadi CEO Seagate ia juga dipekerjakan sebagai Direktur Independen oleh Microsoft Corp. Namun sejak ia diangkat kembali menjadi CEO Seagate pada tahun 2009, ia memutuskan untuk turun dari perusahaan Microsoft dikarenakan ia melihat adanya tantangan besar yang akan dihadapi dalam bisnis PC sehingga ia lebih fokus terhadap tugasnya di Seagate Technology.

Pada masa jabatannya sebagai CEO, pendapatan perusahaan Seagate turun 9,1 persen dalam tiga bulan sampai 30 Juni. Dan penurunan pendapatan yaitu sebesar $0,65 per saham . Namun Luczo menyikapi kemerosotan itu dengan sikap yang optimis, dengan mengatakan kepada Wall Street bahwa

"Hasil kinerja kami tahun ini mencerminkan peningkatan profitabilitas dari portofolio produk dan operasi bisnis kami dari tahun ke tahun. Meskipun dinamika teknologi jangka pendek menggeser variasi permintaan saat ini untuk industri penyimpanan dari waktu ke waktu, kami terus melihat adanya peningkatan permintaan penyimpanan dalam jangka panjang, didorong oleh berkembangnya pertumbuhan data dari teknologi baru, industri baru, dan pertumbuhan bisnis”.

Bahkan ada beberapa analis seperti Barclays Mark Moskowitz menulis sebuah artikel bahwa Seagate sedang bertarung dengan masalah persediaan platform berteknologi tinggi yang mengakibatkan kerugian pasar. Dia menjuluki Seagate dengan predikat kurus atau dengan kata lain Seagate harus menjual sahamnya.

Luczo pun menggambarkan bahwa bisnis disk drive sangatlah tidak stabil. Ia menggambarkannya dalam makna seorang pengemudi yang mana dalam keadaan berhenti lalu melintas. Untuk meyikapi kemunduran perusahaan Seagate inilah, mereka mengambil keputusan untuk memotong 600 pekerjanya dari seluruh dunia sebagai bagian dari rencana restrukturisasi.

Strategy Baru yang dibuat oleh Steve Luczo

Pada saat perusahaan Seagate mengalami kemunduran. Eksekutif Seagate memutuskan sudah waktunya untuk merubah strategi. Perusahaan ingin pindah low-cost manufacturer and fast follower menjadi low-cost manufacturer and technology leadership. Steve Luczo mencanangkan 7 tujuan perusahaan untuk menjawab strategi baru tersebut, yaitu :

  1. Meningkatkan waktu untuk melihat pasar bagi semua produk.
  2. Teknologi kepemimpinan.
  3. Meningkatkan manajemen material dan mengembangkan hubungan pemasok yang strategis.
  4. Mengembangkan hubungan strategis dengan pelanggan utama.
  5. Membuat manufacturing yang berkelas Internasional
  6. Menyediakan produk dan kualitas terbaik.
  7. Bekerja sesuai dengan keputusan.

Batu Loncatan yang dialami Seagate Technology

Mengingat pada zaman sekarang merupakan peralihan ke perangkat yang lebih kecil seperti smartphone dan tablet. Siapa yang menyangka Seagate Technology (STX) akan menjadi salah satu saham teknologi tinggi di S & P 500 selama tiga tahun terakhir. Seagate Technology mampu menjadi pemimpin dunia dalam hal solusi penyimpanan.

Seagate mengumumkan bahwa ia merupakan produsen hard disk drive pertama yang mengirimkan 2 miliar hard disk drive(HDD). Hal ini merupakan awal perubahan yang signifikan untuk penyimpanan dari aplikasi mobile, infrastruktur cloud, media sosial, aplikas bisnis dan berbagai pasar konsumen.

CEO dan chairman Seagate yaitu Steve Luczo mengatakan bahwa prestasi ini merupakan bentuk komitmen karyawannya yang memiliki dedikasi yang tinggi yang merupakan kebanggaan tersendiri untuk meneruskan kemajuan perusahaan Seagate. Ia mengatakan

“Ini benar-benar prestasi yang mengesankan dan saya bangga memimpin perusahaan ini saat kami merayakan kesuksesan ini,”.

Permintaan konten digital terus berlanjut dari berbagai sumber, termasuk media sosial dan perangkat seluler, sehingga mendorong kebutuhan penyimpanan. Analis memperkirakan bahwa lebih dari 4 miliar konten Youtube ditonton setiap bulannya. Sementara video camcorder high-definition yang dihasilkan pengguna, gambar, dan kebutuhan penyimpanan video smartphone diperkirakan meningkat empat kali lipat dari tahun 2013 sampai 2015.

Perusahaan Seagate menawarkan kebutuhan konsumen yang sangat tinggi untuk menghemat dan mengorganisir multimedia serta mendambakan drive yang bisa diandalkan sekarang atau nanti dimasa depan.