Step Up Your Gunpla: Jenis Cat 101

Step Up Your Gunpla adalah seri baru dari tutorial yang dibuat oleh Gunpla 101, Milky, dirancang untuk para pembangun yang ingin membawa lebih banyak pizazz ke perangkat mereka.


Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa berbagai jenis cat menyebabkan hasil yang berbeda?

Mengapa, bahkan jika Anda memiliki dua cat yang mengklaim sebagai "merah terang," satu akan muncul tebal di Gunpla Anda, dan yang lainnya akan tipis dan bergaris-garis?

Itu semua dalam kimia. Saya di sini hari ini untuk memberikan Anda bagian dalam berbagai jenis yang dapat Anda gunakan untuk Gunpla, dan apa yang berhasil dan apa yang tidak ketika menggabungkan cat.

Secara umum ada empat jenis utama cat yang digunakan di semua lukisan model. Meskipun ada jenis lain di luar empat ini, ini adalah jenis yang paling umum digunakan saat ini:

Beberapa jenis cat akrilik.

Akrilik

Ini adalah cat polimer plastik yang paling umum dari semua jenis cat. Ini mengering sekitar 20 menit, dan menyembuhkan dalam 24 jam. Ini adalah "berbasis air," yang berarti dapat ditipiskan dengan air. Untuk airbrushing, saya menggunakan pengencer berbasis alkohol yang lebih ringan dan lebih cepat kering daripada air.

Contoh cat akrilik merek: Tamiya , Citadel , Vallejo .

Beberapa jenis cat enamel.

Email

Ini adalah cat yang biasanya mengering menjadi hasil akhir yang keras dan mengkilap. Dibutuhkan 2-3 jam hingga kering, dengan waktu curing 24-48 jam. Tidak seperti cat akrilik, yang dapat ditipiskan dengan air, Anda harus menggunakan thinner cat agar tipis dengan benar.

Enamel juga khusus dalam cairan ringan yang berbasis turpenoid — seperti cairan pemantik Zippo — dapat digunakan untuk mengencerkannya untuk digunakan dengan garis panel dan membersihkannya. Namun, Anda tidak dapat menggunakan cairan yang lebih ringan untuk mengencerkannya untuk penyiraman.

Contoh merek cat enamel: Penguji , Humbrol , Spidol Gundam .

Beberapa jenis cat pernis.

Pernis

Ini adalah cat berpigmen paling tinggi yang ada, serta jenis dengan asap berbau paling kuat — terutama ketika dipasangkan dengan airbrush, seperti yang sering terjadi. Dibutuhkan sekitar 20 menit untuk mengeringkan, tetapi membutuhkan sejenis cat khusus yang lebih tipis yang diberi nama lacquer tipis untuk membuatnya merata. Pengencer lecet berbahaya dan harus digunakan hanya di daerah terkontrol dengan tindakan pencegahan pernapasan yang tepat diambil. Selalu kenakan masker debu atau respirator saat menggunakan cat jenis ini.

Contoh merek lak: Tuan Warna , Alclad II , Penguji .

Minyak

Ini adalah cat pengeringan yang sangat lambat. Akibatnya, roh - roh mineral biasanya digunakan untuk cat minyak tipis untuk membuat mereka kering sedikit lebih cepat. Cat minyak berguna untuk membuat pencuci dan efek cuaca pada model kit, tetapi mereka tidak pernah digunakan untuk menyemprot.

Contoh merek minyak: Windsor & Newton , Gamblin .

Tips Cat

  • Jika Anda harus menggunakan jenis cat yang berbeda di atas yang lain yang dapat dipengaruhi oleh thinner, pastikan untuk menggunakan lapisan pelindung gloss sebelum melakukan lapisan berikutnya karena ini akan membantu melindungi lapisan bawah serta mencegah thinner merusak cat. pekerjaan di bawah ini.
  • Pesanan terbaik yang disarankan untuk pelapisan cat adalah sebagai berikut: Bagian plastik> Primer> Lacquer> Enamel> Akrilik . Ini untuk mencegah thinner menjauh dari jenis cat lainnya.
  • Jangan cat lak di atas cat berbasis akrilik tanpa lapisan 1-2 lapisan pelindung. Cat lacquer akan melelehkan cat akrilik dan bahkan dapat merusak plastik di bawahnya.
  • Jika Anda airbrushing dengan beberapa jenis cat, pastikan Anda membersihkan antara setiap warna bahkan lebih teliti dari biasanya. Ini akan membantu melindungi nozzle airbrush Anda dan menghilangkan kemungkinan reaksi cat yang mungkin terjadi di dalam ujung.
  • Selalu pastikan ketika lukisan Anda Anda memiliki banyak ventilasi dan udara untuk bernafas. Asap cat bisa berbahaya jika Anda belum menyiapkan area Anda.
  • Pastikan Anda menggunakan thinner yang tepat untuk setiap jenis cat. Mencampur pengencer dapat menyebabkan efek yang tidak diinginkan. Saya merekomendasikan menggunakan thinner merek yang sama dengan cat Anda. Contoh: gunakan Tamiya thinner cat dengan cat Tamiya. Pengencer ini khusus dibuat untuk cat ini dan akan memiliki hasil terbaik.
  • Lacquer tipis dapat menipiskan semua jenis cat, sementara thinner email dapat tipis baik enamel dan akrilik, dan akrilik tipis hanya bisa tipis akrilik. Namun, saya hanya akan menggunakan thinner yang lebih tepat dengan masing-masing cat. Kemudian, ketika saya selesai melukis, saya menggunakan pernis yang lebih murah untuk membersihkan semua bagian saya setelah menggunakannya.

Saya harap ini memberi sedikit cahaya pada berbagai jenis cat yang ada di luar sana, dan membantu Anda memilih apa yang akan digunakan untuk proyek lukisan model berikutnya!

Sumber
Step Up Your Gunpla: Jenis Cat 101

Terima kasih banyak untuk informasinya
Memang sangat membantu,Selain itu memang warna tidak lepas dari kebutuhan kita sebagai peng hobby model kit karena memang model kit dalam waktu yang lama warna mereka dapat memudar sehingga perlu adanya pewarnaan ulang :kissing_heart: