Steam akhirnya menyediakan layanan yang memungkinkan kamu untuk main game PC di HP

Valve baru saja umumkan bahwa mereka akan merilis dua aplikasi smartphone untuk Android dan iOS bulan ini. Kedua aplikasi bernama Steam Link dan Steam Video ini akan mampu berikanmu kenyamanan dan kemudahan dalam bermain maupun menikmati sebuah film.

Steam Link akan dirilis tanggal 21 Mei 2018. Aplikasi ini memungkinkanmu untuk mainkan game yang kamu miliki di Steam melalui Android (smartphone, tablet, maupun TV) dan iOS (iPhone, iPad, dan Apple TV) dengan fasilitas streaming layaknya PlayStation 4 Remote Play atau NVIDIA Game Stream. Aplikasi ini juga akan miliki support untuk Steam Controller, MFI controller, dan beberapa controller platform lainnya. Kamu akan membutuhkan jaringan dengan frekuensi 5Ghz atau internet kabel dari PC maupun Mac untuk menggunakannya.

Sementara Steam Video akan mungkinkanmu menikmati ribuan film yang telah tersedia di Steam melalui Android maupun iOS. Tak hanya bisa menikmatinya secara online, aplikasi ini juga bisa menyimpan konten film untuk dinikmati secara offline tanpa harus terhubung ke internet sama sekali. Hingga saat ini masih belum ada kejelasan tentang tanggal rilis pastinya, namun Valve mengatakan bahwa Steam Video akan dirilis musim panas tahun ini.

Kalau berita ini benar dan aplikasinya dirilis tepat waktu, maka Steam bakalan dapat untung yang besar juga dari perilisannya; karena Steam Summer Sale sudah dekat, aku yakin banyak yang akan beli game baru untuk mencoba fitur dari aplikasi ini. Kira-kira apa game GTA V bisa dimainkan di smartphone ya? Pasti kan ada keterbatasannya aplikasi ini. Yah mudah-mudahan sih sesuai harapan