Stasiun Kota Lama Malang, salah satu perhentian kereta menuju alam 'lain'?

Sebagai stasiun tertua di kota/kabupaten Malang, yang dibangun pada tahun 1879 oleh Kolonial Hindia-Belanda, Stasiun Malang Kota lama menyimpan aura mistisnya tersendiri. Sebagaimana bangunan tua di Malang lainnya, kisah-kisah misteri di Stasiun Malang Kotalama ini cukup populer di kalangan warga sekitar. Ada yang pernah mendengar kisah dari stasiun kota lama ini?

Kisah misteri yang pernah saya dengar tentang stasiun ini merupakan misteri yangbersumber dari salah satu WC/kamar mandi Stasiun Kotalama. Konon, di WC tersebut sering terdengar suara-suara rintihan. Selain itu, beberapa penampakan sering muncul di tempat itu. Konon kejadian tersebut tak lepas dari kejadian pada tahun 1981, di mana ada kecelakaan dahsyat antara sebuah kereta api dengan bus yang mengangkut puluhan penumpang.

Pada waktu itu sebuah bus terjebak di tengah perlintasan kereta api (yang sekarang berada di bawah flyover stasiun kota lama). Nasib nahas menimpa seluruh penumpang yang ikut terseret bersama badan bus hingga beberapa meter dari posisi bus semula. Bahkan kereta api yang menghantam badan bus tersebut baru berhenti di Stasiun Malang Kota Lama.

Dan dilaporkan, kurang lebih 50 penumpang bus malang tersebut tewas di tempat akibat kejadian tersebut. Konon, ketika evakuasi korban, mayat-mayat yang berhasil ditemukan diletakkan begitu saja di salah satu WC umum yang kini menjadi angker tersebut. Nah, hal itu lah yang diduga menjadi awal munculnya misteri di Stasiun Malang Kotalama yang mengisahkan berbagai penampakan makhluk halus yang kerap menampakkan diri di WC tersebut.