Startup apa saja di Indonesia yang dapat dikatakan sukses?

Startup merupakan bisnis yang baru terbentuk dengan momentum tertentu di baliknya berdasarkan pada permintaan yang dirasakan untuk produk atau layanannya. Startup biasanya berskala kecil dan pada awalnya dibiayai dan dioperasikan oleh beberapa pendiri atau satu individu. Perusahaan - perusahaan seperti ini menawarkan produk atau layanan yang saat ini belum ada ataupun telah ada namun dengan mengembangkan beberapa inovasi. Tujuan dari sebuah startup adalah untuk tumbuh dengan cepat sebagai hasil dari penawaran sesuatu yang membahas celah pasar tertentu. Dengan kata lain tujuan dari startup yaitu meraih kesuksesan.

Apa contoh sebuah startup dapat dikatakan sukses?

2 Likes

Contoh startup yang dapat dikatakan sukses adalah Tiket.com.

Tiket.com didirikan bersama sekumpulan rekanan pada Agustus 2011. Bisnis online travel agency (OTA) dilirik karena saat itu belum ada OTA lokal.

Untuk mengukur kesuksesan sebuah startup, terdapat tiga kategori yang dapat diukur:

Ukuran Finansial:

Tiket.com mendapatkan komisi dari setiap transaksi. Komisi paling besar didapat dari pemesanan hotel. Komisi dari pemesanan tiket pesawat terbang berada di tengah dan komisi dari pemesanan tiket kereta api paling kecil. Komisi yang didapat Tiket.com dari pemesanan hotel adalah antara 17 - 25%, tiket pesawat sekitar 3 - 4% atau bahkan nol, tiket event 3 - 4,5%, sedangkan kereta api menetapkan komisi fixed sebesar Rp7.500 per transaksi.

Tiket.com terus berkembang dan akhirnya pada tahun 2013, dua tahun setelah didirikan, situs ini meraup omzet hingga 13 kali lipat omzet tahun sebelumnya. Untuk besar omzet, berada di kisaran ratusan juta dolar AS (setara triliunan rupiah) pertahun.

Ukuran Penerimaan Pengguna:

Sepanjang tahun 2014, Tiket.com berhasil mencapai 1,9 juta transaksi pemesanan tiket dan kamar hotel. Angka ini ditargetkan tumbuh sampai tiga kali lipat di akhir 2015.

Menurut data yang diperoleh, pengguna Tiket.com pada tahun 2017 telah menyentuh 2 juta pengguna, dan yang mengunduh aplikasi Tiket.com pada tahun 2017 telah mencapai 1,5 juta unduhan. Tiket.com juga sesumbar tentang ambisi mereka bahwa pada tahun 2018, aplikasi Tiket.com mencapai sepuluh juta unduhan.

Menurut Gaery Undarsa, co-founder dan CCO Tiket.com, fokus Tiket.com saat ini adalah meningkatkan penjualan dan memperbesar market share. Mereka pun berkomitmen menjaga kepuasan pelanggan dengan menyediakan 100 staf di call center dan customer service. Selain itu, mereka bakal menggencarkan promosi dan pemasaran, baik online maupun offline.

Ukuran Bisnis:

Belum ada referensi yang menyediakan data spesifik mengenai CAC dan LTV dari Tiket.com. Tetapi, terdapat beberapa strategi bisnis yang dilakukan Tiket.com.

Tiket.com melakukan pengiklanan pada media tradisional seperti TV, koran, dan billboard. Tapi, budget Tiket.com lebih banyak digunakan pada digital marketing karena lebih measurable. Setiap rupiah yang dikeluarkan bisa diukur akan mendapat berapa.

Strategi bisnis yang diterapkan Natali Ardianto, co-founder dan CTO Tiket.com, cukup berhasil, dimana ia menganggap kesuksesan sebuah startup terletak pada sistem pemasarannya. Ia dan rekannya cukup gencar mempromosikan Tiket.com melalui platform pemasaran online seperti, Google Adword, Fb Ads, dan iklan Billboard.

Kunci kesuksesan lain yang dipegang dengan teguh oleh Natali adalah mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengeluarkan atau menyimpan dana investasi. Ia mengatakan perlu adanya kontrol dalam membatasi pengeluarannya.

Selain itu, kunci kesuksesan lainnya yang dipegang teguh oleh Natali adalah mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengeluarkan uang sebagai investasi. Ia menjelaskan bahwa perlu ada kontrol yang ketat dalam membatasi pengeluarannya dan sebaiknya jangan memulai investasi baru sebelum Anda memanfaatkan investasi awal Anda sebaik-baiknya.

Tiket.com menyayangkan kompetiitor yang melakukan upaya marketing yang jor-joran dan melakukan subsidi harga tiket supaya jauh lebih murah daripada pesaing. Menurut Gaery, strategi ini adalah strategi “buang duit” dan model bisnis seperti ini kurang baik bagi keseluruhan industri OTA. Dampaknya bisa mengakibatkan perang harga dan peningkatan cost of marketing. Tetapi, tantangan ini dianggap masih kalah kecil bila dibandingkan dengan besarnya peluang dan potensi bisnis OTA yang masih belum terbatas, setidaknya sampai dua atau tiga tahun ke depan. Gaery menghimbau bisnisnya harus profit oriented.

Referensi:

1 Like

Alodokter

Alodokter merupakan website yang menyediakan informasi kesehatan seperti penyakit, obat, dan tips hidup sehat. Tujuan Alodokter adalah menyediakan informasi kesehatan berkualitas tinggi yang dapat diandalkan demi membantu pasien Indonesia dalam mengambil keputusan yang lebih baik terkait kesehatan mereka.

Sejak berdiri pada tahun 2014, Alodokter mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Hal ini dapat dilihat dari keberhasilannya dalam membukukan pendanaan sebesar Rp 32 miliar beberapa waktu yang lalu. Ini tentu sebuah pencapaian yang luar biasa, mengingat situs ini baru saja berdiri sekitar 2 tahunan saja. Setelah respon yang positif pada kemunculan pertamanya di tahun 2014, Alodokter berhasil membukukan pendanaan awalnya pada tahun 2015 di bawah Fenox. Pada masa tersebut, situs ini mengklaim bahwa mereka telah mendapatkan satu juta pengunjung unik sejak kelahirannya setahun sebelumnya. Bukan hanya itu saja, Alodokter juga menunjukkan perkembangan yang positif di tahun berikutnya, di mana mereka membuktikan keseriusannya untuk menjadi portal kesehatan nomor satu, hal ini ditunjukkan dengan peluncuran aplikasi mobilenya.

Informasi yang akurat, menjadi modal Alodokter untuk raih kesuksesan
Kesehatan menjadi salah satu hal yang paling penting untuk selalu dijaga dengan baik. Hal ini bahkan telah disadari masyarakat luas sejak puluhan tahun yang lalu, di mana sebagian besar orang memang beranggapan bahwa kesehatan mereka adalah aset paling berharga di dalam hidup ini. Pemikiran ini tentu lahir dengan alasan yang cukup jelas, sebab jika kesehatan terganggu, maka bukan hanya uang saja, namun waktu dan kebahagiaan kita juga akan ikut mengalaminya.

Pentingnya menjaga kesehatan inilah yang menjadi salah satu alasan sekaligus peluang bisnis bagi seorang Nathanael Faibis untuk mendirikan Alodokter di tahun 2014. Berbekal pengalamannya dalam mengelola dan mengembangkan bisnis online, Nathanael mencoba untuk menyajikan berbagai informasi yang akurat kepada masyarakat luas terkait dengan kesehatan. Hal ini medapat sambutan yang hangat, mengingat saat itu belum ada portal kesehatan yang dapat menyajikan informasi serupa.

Ditangani oleh tim dokter yang tergabung di dalam Alodokter
Nathanael mengklaim bahwa hingga saat ini sudah lebih dari 100 orang dokter yang tergabung di dalam Alodokter. Jumlah ini tentu berimbas positif pada kecepatan pengunjung dalam mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Selalu ada dokter yang aktif menjawab
Dalam konsultasi yang dilakukan melalui aplikasi mobile Alodokter, pengunjung dapat menerima jawaban atas pertanyaan mereka dalam kurun waktu 10 menit saja. Sedangkan untuk konsultasi yang dilakukan melalui forum situs Alodokter, maka pengunjung dapat menerima jawaban atas pertanyaannya dalam waktu sekitar 24 jam.

Referensi:

1 Like

Gojek berhasil menjadi salah satu startup terbesar di Indonesia. Kini gojek berhasil memberikan lapangan pekerjaan bagi 150.000 orang di beberapa daerah di Indonesia. Berikut beberapa faktor kesuksesan gojek:

  1. Dampak sosial yang diberikan kepada masyarakat
    Tidak butuh waktu lama gojek berhasil memberikan dampak sosial bagi masyarakat, baik itu membuka lapangan pekerjaan baru buat driver, maupun memberikan kemudahan bertransportasi bagi penumpang.

  2. Terobsesi kepada pelanggan dalam menggunakan jasa bisnisnya
    Menurut Nadiem, co-founder gojek, untuk rahasia sukses gojek yang satu ini ia dapatkan dari perusahaan Amazon. Untuk mengetahui bagaimana pengalaman pelanggan merasakan bisnis kita, ya kita harus berada di posisi pelanggan dulu. Nadiem meambahkan dalam sehari dirinya bisa menggunakan jasa gojek sampai enam kali. Hal itu semata-mata untuk mengapliasikan prinsip bisnisnya yang satu ini.

  3. Evaluasi karyawan dilakukan sesuai dengan prinsip perusahaan, bukan target
    Gojek menilai kinerja pegawainya dari sisi perilakunya, perilaku yang dimaksud di sini ialah kesesuaian antara perilaku kerja pegawai dengan nilai-nilai perusahaan gojek yaitu be fearless, customer obsession, zero ego, data driven, inspire others.

  4. Dalam bekerja dan memutuskan sesuatu harus berdasarkan data
    Di gojek, keputusan, rencana maupun langkah yang diambil harus melalui data, Ini yang sangat penting dalam setiap pengambilan keputusan gojek, dan menurut Nadiem hal ini yang sering diabaikan oleh perusahaan startup yang sedang berkembang. Padahal perumusan data merupakan satu prosedur dalam mengambil keputusan perusahaan.

1 Like

bukalapak-com

Salah satu contoh dari startup yang sukses adalah bukalapak. Bukalapak merupakan salah satu online marketplace terkemuka di Indonesia yang menyediakan sarana jual–beli dari konsumen ke konsumen. Bukalapak didirikan oleh Achmad Zaky pada awal tahun 2010 sebagai divisi agensi digital bernama Suitmedia yang berbasis di Jakarta. Namun, Bukalapak baru berstatus sebagai sebuah Perseroan Terbatas (PT) pada September 2011 dan dikelola oleh manajemen yang dipimpin oleh Achmad Zaky sebagai CEO (Chief Executive Office) dan Nugroho Herucahyono sebagai CTO (Chief Technology Officer). Visi dari Bukalapak sendiri yaitu menjadi marketplace online nomor 1 di Indonesia. Dalam menentukan kesuksesan suatu startup dapat ditentukan dengan ketercapaian visi yang telah dibuat. Selain itu, mengukur kesuksesan suatu startup terdapat beberapa poin yang dapat diukur :

Ukuran financial

Transaksi harian pada tahun 2016 pada bukalapak mencapai Rp 50 miliar. Sepanjang tahun 2016 online marketplace Bukalapak berhasil mencatatkan nilai transaksi sekitar Rp 10 trilun. Pendapatan bersih naik hingga tujuh kali lipat, dan juga peningkatan jumlah pelapak dari 400.000 pelapak di 2015 menjadi 1,3 juta pelapak di 2016. Begitu pun dengan transaksi harian yang jumlahnya kian menanjak. Keberhasilan dari suatu startup terkadang dilihat berdasarkan seberapa besar keuntungan yang diterima.

Ukuran Penerima

Kunjungan perpageview Bukalapak di 2016 meningkat hingga angka 13,4 miliar. Peningkatan tersebut diklaim naik 16 kali lipat dibandingkan dengan 2015. Pada akhir 2015 pelapak di Bukalapak berjumlah 500 ribu pelapak dan saat ini hampir 2 juta pelapak. Sedangkan pada 2017 Bukalapak membukukan pendapatan sebesar Rp 20 miliar perbulannya. Sebelumnya, Bukalapak berhasil memenangkan penghargaan bergengsi internasional ‘Tangrams Awards’. Pasar online asal Indonesia ini meraih penghargaan kategori perusahaan e-commerce tahun 2017 untuk salah satu kampanye yang berjudul “Pahlawan Ekonomi Kreatif”. Dalam memberikan kepuasan kepada pelanggan, hal – hal yang mempengaruhi dalam customer value pada bukalapak berupa keamanan atau privacy pada pelanggan yang terjaga, harga yang diberikan cukup dapat bersaing, dan kemudahan dalam mengakses ketika melakukan jual beli. Selain itu, bukalapak memiliki tim tersendiri yang digunakan untuk melakukan analisis terhadap kebiasaan pengguna. Semakin banyak pengguna serta pelapak pada Bukalapak maka akan menjadikan faktor keberhasilan dari startup ini.

Ukuran bisnis

Bukalapak mempunyai misi untuk meningkatkan kualitas UKM di Indonesia, salah satunya karena strategi penjualan di UKM masih kurang terarah. Pada awal berdiri, ternyata yang menyambut positif Bukalapak adalah UKM dan pedagang-pedagang kecil. Demi meraih perhatian masyarakat Indonesia, Bukalapak pun membuat iklan dengan cara yang unik, seperti meniru gaya pesulap Deddy Corbuzier, atau menganalogikan pengguna mereka sebagai seorang pahlawan. Sepanjang tahun 2015 Bukalapak menggelontorkan biaya iklan di televisi sebesar Rp. 119 milyar, dan hal itu baru iklan pada televisi. Bukalapak bahkan membuat serial pendek dengan judul Kasih Tak Santai. Salah satu kelebihan yang dimiliki yaitu manajemen stok produk yang lebih akurat. Ketika produk tengah menanti pembayaran, maka jumlah stok produk akan secaar otomatis berkurang. Sedangkan saat transaksi dibatalkan, maka jumlah stok produk akan dikembalikan. Sehingga mencegah pembeli membayar stok ptoduk yang kosong. Tersedianya fitur opsi untuk ongkos kirim dari berbagai jasa ekspedisi. Adanya fitur diskon pada produk yang dijual, bahkan pihak Bukalapak juga kerap menyediakan promo diskon yang dapat meningkatkan penjualan. Proses transfer yang cepat, dana akan masuk ke bukadompet setelah 1 hari data tracking produk sampai ke pembeli. Selain itu, Bukalapak memiliki fitur Widget yang dapat digunakan untuk promosi lapak ke situs lain.

(https://www.jurnalweb.com/pendapatan-bukalapak-50-miliar-perhari-namun-belum-untung/)
(https://portal-uang.com/2016/12/10-kelebihan-dan-kekurangan-bukalapak-wajib-diketahui.html)

1 Like