Starlite: sebuah ramuan material baru yang sangat tahan terhadap panas

image

Pada tahun 1970-an, seorang ahli kimia amatir bernama Maurice Ward sedang sibuk membuat produk perawatan rambutnya sendiri. Ternyata ia malah secara tidak sengaja menemukan sebuah material yang memiliki ketahanan terhadap panas yang luar biasa, lalu penemuan tersebut ia beri nama Starlite. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai starlite ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, Pada tahun 1993, Starlite sempat disiarkan di sebuah acara TV teknologi BBC “Tomorrow’s World.” Dalam acara tersebut, sebuah telur dilapisi dengan Starlite dan dibakar konstan selama 10 menit. Telur tersebut akhirnya dapat pecah dan tetap mentah. Konon secara teori, Starlite dipercaya mampu melindungi manusia dari panasnya dan dahsyatnya ledakan nuklir. Ward sangat protektif terhadap penemuannya.

Ward sendiri meninggal pada tahun 2011, tanpa pernah berhasil membentuk kerjasama dengan perusahaan manapun untuk meproduksinya ke pasaran dan dapat digunakan oleh umum. Beberapa orang bahkan berpendapat bahwa Starlite disabotase dan direbut oleh pemerintah Amerika Serikat.

Terlepas dari ketertarikannya pada NASA ataupun perusahaan teknologi besar lainnya, Ward sama sekali tidak pernah mengungkapkan komposisi Starlite, dan masih menjadi misteriu hingga sekarang. Ward pernah mengatakan bahwa anggota keluarga dekatnya mengetahui proses fabrikasinya, tapi setelah kematiannya baik istrinya atau anaknya yang manapun tidak menunjukkan tanda bahwa mereka mengetahui proses produksinya.

Referensi: https://science.idntimes.com