Sridhar Vembu - Founder Advent.Net perusahaan dibalik Zoho

Sridhar Vembu, pencipta dan CEO dari Advent Net, perusahaan dibalik Zoho mungkin adalah salah satu dari sekian banyak entrepreneur yang tidak banyak dikenal orang.

Vembu adalah seorang pengusaha suskes yang rendah hati, dan seorang yang juga sangat hemat. Jarang sekali ada pengusaha yang sehemat Vembu.

Vembu telah lama bergelut dengan keberuntungannya sampai batas. Tentu dengan kreativitas nya jugalah yang mengantarkan ia pada penghasilan bersih sebesar $40 juta dollar dan disetor $1 juta dollarnya per bulan dari keuntungannya.

Apa yang dia lakukan?

Vembu menjual perangkat manajemen, tapi dengan sentuhan unik. Dia merekrut 600 orang di Chenai, India dan hanya 8 orang di Silicon Valley. Hasil dari perekrutan yang ia lakukan tidak banyak memberatkan finansial miliknya.

Tidak berhenti disitu, Vembu anti merekrut teknisi yang mempunyai gelar besar dari universitas terkenal di India. Semua manajemen ini membuat Vembu tidak berkesulitan dengan finansial perusahaannya.

“Kita merekrut tenaga muda professional yang hanya dipandang sebelah mata oleh orang lain,” ujar Vembu. “Kami tidak melihat seseorang dari lulusan mana, gelarnya ataupun nilainya. Tidak semua orang di India adalah orang yang terlahir dan berasal dari keluarga kaya dan bisa mendidik anaknya hingga perguruan tinggi tekhnik, tapi justru banyak dari anak-anak yang tidak mampu itulah yang pintar.

Kami bahkan juga merekrut anak-anak dari SMA/SMK yang tidak terlalu terkenal, karena kami tahu mereka tidak bisa lanjut kuliah dan segera ingin bekerja” Vembu melanjutkan, “Mereka yang harus menopang keluarganya, kami latih mereka, dan dalam waktu 9 bulan, mereka sama produktifnya dengan yang lulusan kuliah. Resume mereka memang tidak menjual, tapi anak-anak ini mampu men-coding lebih baik dari mereka yang lulusan kuliah.”

Dengan tenaga kerja yang unik tersebut, Vembu tidak hanya bisa memproduksi perangkat bisnis network yang hebat, tapi juga bisa membuat Zoho, yang sempat booming di komunitas web 2.0

Kenapa?

Karena Zoho mampu melakukan apa yang Microsoft Office juga mampu lakukan. Zoho juga memiliki layanan manajemen hubungan pelanggan yang gratis dan dapat dipakai untuk perusahaaan kecil dan hanya seharga $10 dolar per bulannya untuk perusahaan yang lebih besar. Paket yang lengkap dengan Salesforce.com dibanderol seharga $65 per bulan.

Kepala Eksekutif dari Salesforce.com, Marc Benioff berniat untuk membeli Zoho dengan harga yang dirahasiakan. Agaknya, Benioff tegang karena penjualan dan biaya administrasi Salesforce.com yang tinggi, memakan banyak pemasukannya.

Vembu akhirnya menolak penawaran Benioff.
Banyak pemodal ventura ingin berinvestasi. Situasi yang dihadapi Vembu bagaikan mimpi bagi para pengusaha. Vembu tidak perlu mencari pemodal, pemodal-lah yang mencari dirinya.
Vembu telah melakukan apa yang kebanyakan pengusaha India tidak mampu lakukan: membuat produk asli India yang mampu go-international.