Spotify vs. iTunes

Spotify adalah layanan musik streaming dan podcast dari Swedia yang menyediakan hak digital manajemen yang dilindungi konten dari label rekaman dan perusahaan media. Ini tersedia di sebagian besar Amerika, Eropa Barat dan Oseania yang kini mulai merambah dan berkembang pesat di Asia. Musik dapat diakses atau dicari bedasarkan artis, album, genre, playlist, atau label rekaman.Spotify beroperasi di bawah model bisnis freemium, dengan dua streaming musik tingkatan: Spotify Gratis (160kbit/s) dan Spotify Premium (hingga 320kbit/s). Dengan langganan Premium Spotify dapat menghapus iklan, meningkatkan kualitas audio dan memungkinkan pengguna untuk men-download musik untuk mendengarkan secara offline. Spotify premium dapat diakses dengan IDR 49K/bulan. Dengan adanya fitur yang sama dengan iTunes dan dapat diakses dengan biaya lebih murah Spotify akan mengalahkan iTunes di pasaran.
(Agree or Disagree)?[poll type=multiple min=1 max=2 public=true]

  • Agree
  • Disagree
    [/poll]
2 Likes

:white_check_mark: Agree

sumber: https://www.cnet.com/news/apple-music-vs-spotify-whats-the-difference/

Saat berbicara tentang mana yang lebih baik, segalanya harus ditentukan dari berbagai prespektif. Saya SETUJU apabila Spotify akan mengalahkan iTunes di pasaran jika dilihat dari fitur dan banyak kelebihan spotify lainnya. Bisa kita bersama amati pada bagan diatas tanpa harus saya menjelaskan secara terperinci apa saja perbedaan keduanya. Hal ini membuat saya percaya jika Spotify akan mengalahkan iTunes

:negative_squared_cross_mark: Not Agree

Saya TIDAK SETUJU apabila Spotify akan mengalahkan iTunes di pasaran karena hanya ada beberapa negara yang bisa mengakses spotify. sedangkan iTunes bisa diakses di berbagai negara yang memiliki handphone iPhone. Ini lah negara negara yang bisa mengakses spotify: Andora, Argentina, Australia,Austria, Belgia, Denmark, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman,Yunani, Hong Kong, Islandia, Irlandia, Italia, Latvia, Liechtenstein, Lithuania, Luksemburg, Malaysia, Meksiko, Belanda, Selandia Baru, Norwegia, Polandia, Portugal, Singapura, Spanyol, Swedia, Swiss, Taiwan, Turki, Inggris, Amerika Serikat, dan Indonesia.
Selain negara diatas tidak bisa digunakan untuk mengakses spotify
https://support.spotify.com/uk/using_spotify/troubleshooting2/i-can-t-find-spotify-in-my-app-store/

:white_check_mark: Agree

Jika dari sudut pandang jumlah pengguna, bisa dilihat Android ikut mendominasi pasaran dengan presentase lebih dari 50% (lihat di grafik). Walaupun jumlah pengguna iPhone lebih banyak tapi, hal kecil ini jika ditinjau berpengaruh sangat besar. Seperti yang kita tau, vitur iTunes hanya bisa diakses oleh Apple sedangkan Spotify dapat diakses di berbagai smartphones termasuk Iphone. Hal ini akan membuat pengguna android lainnya berfikir bagaimana mereka bisa mendapatkan aplikasi musik yang mudah diakses. Spotify lah jawabannya, dengan demikian Spotify akan merajai pasaran. Bukan tidak mungkin jika, pengguna iPhone beralih dan memilih Spotify bedasarkan dengan fitur yang sudah saya paparkan sebelumnya. Jika masalah saat ini karena terbatasnya jumlah negara yang bisa mengakses spotify, wajar. Karena seperti yang kita tahu, bahwa spotify termasuk baru di pasaran. Tapi saya SETUJU dan percaya bahwa Spotify akan mengalahkan iTunes seiring dengan perkembangan pasar.

source

:white_check_mark: Agree

Dikarenakan apa yang kita bandingkan di sini adalah Spotify dan Itunes maka jawaban saya adalah SETUJU. mengapa demikian ? karena dapat kita lihat dari fungsi utama dari dua aplikasi tersebut yaitu untuk Spotify sendiri yang merupakan aplikasi musik digital yang dapat memungkinkan kita untuk streaming musik secara online maupun menyimpannya secara offline dengan berlangganan. sedangkan untuk iTunes sendiri merupakan aplikasi yang mengharuskan kita untuk membeli musik yang ingin kita dengarkan. di iTunes kita hanya dapat mendengarkan preview musiknya selama 30 detik setelah itu kita jika kita ingin mendengar secara full song harus membeli. Setelah itu untuk user interface Spotify lebih menarik daripada iTunes. Setelah itu Spotify juga memiliki lebih banyak fiture yang lebih menarik dari iTunes.

Spotify design

iTunes design

1 Like

:negative_squared_cross_mark: Not Agree

Saya TIDAK SETUJU dengan pernyataan bahwa Spotify akan mengalahkan iTunes di pasaran. ITunes/Apple Music memiliki konten yang lebih eksklusif. Nama Apple memang sudah terkesan eksklusif, dan banyak pula para artis maupun musisi dunia yang memberikan hak eksklusif kepada iTunes/Apple Music untuk memperdengarkan lagu-lagu yang ada di album mereka. Selain itu iTunes juga digunakan sebagai patokan para penyanyi untuk melihat sejauh mana perkembangan musiknya di pasaran yang bisa

Apple berhasil menggaet 10 juta pengguna berbayar dalam waktu enam bulan setelah peluncurannya. Padahal, butuh waktu hampir enam tahun bagi Spotify untuk mencapai jumlah yang sama. Apple Music/iTunes juga telah mengejar ketertinggalannya dari segi fitur. Juga untuk menunjang kenyamanan user, Apple telah menghilangkan bugs menganggu dan juga ads/iklan yang masih terdapat dalam Spotify.

:negative_squared_cross_mark: Not Agree

Saya tetap TIDAK SETUJU jika Spotify akan mengalahkan iTunes. Didalam iTunes terdapat radio yang disiarkan langsung dan memiliki berapa saluran radio diantaranya disiarkan langsung dari London, New York dan Los Angeles.Di radio streaming iTunes membahas mengenai berbagai aspek dari musik terbaru, musik yang terpopuler hingga wawancara langsung dengan penyanyi-penyanyi yang sudah bekerja sama dengan iTunes. Sedangakan Spotify tidak memiliki radio siaran langsung melainkan di Spotify kita hanya bisa membuat sebuah saluran yang didalamnya kita mengisikan lagu-lagu dari genre yang kita suka :radio:

:white_check_mark: Agree

Secara umum, baik Apple Musik dan Spotify memiliki beberapa bentuk a la carte, radio, dan pemutaran playlist, dan berbeda mengambil integrasi sosial. Sementara kecenderungan pendengar lebih suka playlist berbasis suasana hati Spotify dan stasiun radio secara acak, didukung oleh algoritma fantastis The Echo Nest, Apple juga memiliki layak, namun jauh lebih kecil, pemilihan stasiun radio.

:white_check_mark: Agree

Apple musik adalah layanan terbaru yang diluncurkan oleh perusahaan yang ditujukan untuk bersaing dengan Spotify, pasang dan Rdio. Ada berbagai fitur yang terkait dengan layanan dan diberikan di bawah ini adalah daftar yang besar. source
Jadi saya perlu memberi klarifikasi bahwa yang kita bahas saat ini adalah iTunes bukan Apple Music.

:white_check_mark: Agree

untuk menjawab pertanyaan saudari @rismaput memang benar jika apple music mempunyai kelebihan dalam siaran langsung sengan artis maupun topik terhangat tentang musik dibandingkan spotify. Namun apabila yang kita bahas di sini adalah ITunes’s Radio (sesuai dengan tema (Spotify vs ITunes) maka Spotify memiliki kelebihan dengan Spotify’s Radio daripada iTunes’s Radio. Mengapa demikian?Hal ini karena Spotify’s Radio memiliki banyak genre daripada iTunes’s Radio yang hanya memiliki 3 genre saja yaitu hits,variety dan discover saja.Spotify’s Radio lebih unggul karena dapat memutar musik sesuai dengan selera kita sesuai dengan apa yang sering kita dengar berbeda dengan iTunes’s Radio yang kadang masih memutar musik tidak sesuai dengan selera kita walupun kita sudah menekan fiture “Never Play This Song Again”… dan setelah itu untuk yang terakhir harga berlangganan iTunes’s Radio lebih mahal dengan harga $25 daripada kita berlanggan Spotify baik secara personal maupun dengan harga tipe keluarga yang tertera di atas.

:white_check_mark: Agree

Saya pribadi merasa terbantu dengan adanya kehadiran Spotify atau platform serupa Spotify seperti Apple Music walaupun kita terikat dengan biaya berlangganan bulanan. Tetapi Spotify sendiri memiliki kumpulan musik yang lebih banyak dan lebih saya sukai jika dibandingkan saya sendiri harus membeli lagu satu per satu dengan iTunes. Bayangkan jika kita ingin memiliki lagu top charts saat ini, dengan Spotify, saya hanya membayar 69 ribu sedangkan dengan iTunes saya harus membeli lagu satu persatu entah itu dengan harga 7 ribu ataupun 12 ribu per lagu.

1 Like

:white_check_mark: Agree

Komentar ini juga salah satu ungkapan dari salah satu pengguna yang merasa bahwa keuntungan Spotify sangat membantu untuk para penikmat musik. Jika dilihat dari segi Ekonomi, Indonesia termasuk negara yang sedang berkembang sehingga memungkinkan konsumen penikmat musik lebih tertarik dengan penawaran yang lebih murah.