Spesifik atau Samar-Samar: Bagaimana Mimpi Kalian?

Setiap orang pada dasarnya pasti pernah merasakan mimpi saat tertidur, beberapa mimpi mungkin merupakan hal yang indah atau bahkan buruk.

Dalam mimpi seringkali kita berinteraksi dengan seseorang baik yang dikenal ataupun tidak, tidak jarang juga seseorang yang ada di mimpi kita merupakan seorang idola, gebetan, atau siapapun yang sedang kita kagumi.

Akan tetapi saya sendiri hampir tidak pernah memimpikan seseorang yang spesifik atau yang dikenal. Paling sering seseorang tersebut tidak dikenal atau bahkan samar-samar, dimana dimimpi tersebut kadang kami berantem, ngobrol, jalan-jalan, pokonya melakukan kegiatan biasa-biasa aja. Yang setelah bangun jadi kepikiran siapa sih dia ?

Kalau kalian gimana ? Atau malah kalian tidak pernah memimpikan orang lain ? Boleh share juga pengalaman mimpi kalian bertemu dengan seseorang.

Menanggapi topik ini, untuk saya pribadi kerap kali mimpi selalu dikait-kaitkan dengan bunga tidur, yang bisa dipercaya maupun hanya halusinasi naluri dari manusia sendiri. Terkadang saya selalu bermimpi bahkan tidak jarang mimpi saya itu sangat spesifik dengan alur dimimpi tersebut menampilkan orang-orang yang samar-samar bahkan sama sekali tidak saya kenal namun sangat berarti dimimpi saya sendiri. Mimpi seperti ini terkadang membuat saya bertanya-tanya ketika bangun tidur.

Kalau saya sendiri, lebih seringnya memimpikan orang yang tidak berwujud. Dalam artian, saya dan mereka yang ada di mimpi saya melakukan aktivitas bersama, namun wujud mereka hanya sampai pada batas pundak saja. Saya bisa mengamati tubuh mereka, tapi tidak dengan wajahnya. Anehnya adalah mengapa saya bisa memprediksikan bahwa orang-orang yang berada di mimpi saya adalah si A, si B, dan si C. Jelas-jelas saya tidak mengetahui wajah mereka, namun asumsi saya selalu saya tujukan pada orang-orang yang saya kenal. Terkait ini, bisa jadi saya mencocokan karakteristik antara lakon di mimpi saya dengan orang-orang terdekat sehingga mimpi tersebut lebih mudah diingat.

Hal yang paling tidak mengenakan ketika mimpi adalah saat mimpi tersebut hampir mencapai klimaksnya, namun saya terbangun. Sebenarnya kadang malah sadar bahwa saya sedang bermimpi saat itu wkwk.

Saya sering sekali bermimpi secara spesifik, baik itu orang yang berada di mimpi saya ataupun alur cerita di dalam mimpi. Ketika bangun tidur biasanya seseorang akan lupa dengan mimpi yang baru saja dialaminya, namun anehnya saya selalu bisa menginat semua kejadian bahkan orang yang ada di mimpi saya secara spesifik dan jelas. Bahkan tidak jarang saya mengingat detail alur cerita mimpi yang saya alami dari awal hingga akhir saat saat terbangun. Sering kali saya merasa kelelahan ketika bangun tidur, karena saya seperti merasa mimpi saya itu benar-benar saya alami. Selain itu, anehnya lagi saya masih bisa mengingat mimpi yang alami beberapa hari yang lalu bahkan bertahun-tahun lalu.

Untuk Saya sendiri adakalanya ketika bermimpi Saya ingat dengan bentuk dan rupa dari orang yang Saya temui. Namun, adakalanya juga Saya akan melupakan dia dan hanya ingat bahwa Saya bertemu dengan seseorang. Yang lebih anehnya Saya tidak ingat bentuk nya tetapi Saya tahu nama orang yang Saya temui ini.

Ada yang bilang kita bermimpi ketika sirkuit otak masih bekerja ketika kita tidur dan karena adanya hal ini membuat mimpi terbentuk di bawah alam sadar kita. Saya cukup kagum dengan orang yang bisa mengatur mimpinya seperti lucid dream. Karena jujur, ketika Saya bermimpi sangat sulit untuk membedakan apakah itu kenyataan atau mimpi ini sendiri.