(Sosial dan Budaya) "TOLERANSI DAN MENGHARGAI RAS SANGATLAH PENTING"#DictiousIsUs #SpeakingUpWithDictio

TOLERANSI DAN MENGHARGAI RAS SANGATLAH PENTING.
Kita tahu bahwasanya di Indonesia membentang dari Sabang sampai Merauke memiliki beragam suku, lingkungan, golongan, gender, ras, agama, budaya, bahasa, dan adat istiadat. Di antara ribuan pulau tersebut membentang lautan yang mencapai dua per tiga wilayah Indonesia. Maka dari itu Indonesia juga disebut negara bahari. Ini sesuai dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika, yang artinya meskipun berbeda-beda tetap satu jua. Di bandingkan dengan negara lain di dunia keragaman budaya di indonesia sangat bervariasi, unik dan lengkap karena di pengaruhi oleh dengan keadaan alam dengan kondisi geografis, flora dan fauna yang berbeda dengan negara lainnya.

Kondisi geografis secara tidak langsung juga membentuk keberagaman orang yang mendiaminya dengan berbagai aspek kehidupannya. Dalam Undang-undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, menyebutkan bahwa ras adalah golongan bangsa berdasarkan ciri-ciri fisik dan garis keturunan. Maka setiap warga negara Indonesia diminta menjunjung tinggi rasa persaudaraan, kekerabatan dan persahabatan sehingga terwujud perdamaian. Keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang. Keberagaman kenyataan yang tidak bisa dipungkiri dalam kehidupan masyarakat di Indonesia. Pengaruh positif yang ditimbulkan dari keberagaman budaya Indonesia dapat membuat warga Indonesia bersikap saling menghormati dan menghargai antar suku yang berbeda, dan menambah keuntungan dengan menjadikannya sebagai objek wisata. Oleh karena itu, keberagaman merupakan kekuatan bukan kelemahan.

Kebudayaan nasional yang hendak dikembangkan itu telah ditetapkan landasan dan arah tujuannya yang dituangkan dalam penjelasan pasal 32 UUD 45 yang berbunyi. “Kebudayaan bangsa ialah kebudayaan yang timbul sebagai buah usaha budinya rakyat Indonesia seluruhnya. Kebudayaan-kebudayaan lama dan asli yang terdapat sebagai puncak-puncak kebudayaan di daerah-daerah di seluruh Indonesia, terhitung sebagai kebudayaan bangsa. Usaha kebudayaan harus menuju ke arah kemajuan adab, budaya dan persatuan dengan tidak menolakbahan-bahan baru dari kebudayaan asing yang dapat memperkembangkan atau memperkaya kebudayaan bangsa sendiri serta mempertinggi derajat kemanusiaan bangsa Indonesia”.
Adapun karakteristiknya yaitu :

  1. Adanya persamaan nasib
  2. Berkeinginan untuk merdeka
  3. Kesatuan indonesia
    Orang yang berbeda budaya maupun ras bisa saling hidup berdampingan satu sama lain. Terbukti, sampai saat ini kita bisa hidup berdampingan meskipun berbeda ras, suku, budaya, maupun agama di dalam Indonesia.
    Identitas nasional di indonesia juga mempunyai bentuk yaitu :
    • Bahasan nasional yaitu bahasa Indonesia
    • Benderan negara Indonesia yaitu sang merah putih
    • Lagu kebangsaan yaitu Indonesia raya
    • Lambang negara yaitu burung garuda pancasila
    • Semboyan negara indonesia yaitu Bhinika tunggal ika
    • Dasar falsafah negara pancasila
    • Konstitusi negara UUD 1945
    • Bentuk NKRI yang berdaulat
    • Konsepsi wawasan nusantara
    • Kebudayaan Daerah

Masalah Keberagaman Budaya di Indonesia
Terlepas dari indahnya keberagaman di Indonesia ternyata masih ada beberapa masalah yang berkaitan dengan keberagaman budaya. Sebagai contoh, terkadang kita sulit bertoleransi pada budaya atau kepercayaan orang lain. Bahkan, tanpa disadari sikap kita justru menyakiti orang lain.

Akibat perselisihan yang disebabkan oleh perbedaan budaya ini terkadang satu orang dengan yang lain bisa saling bermusuhan. Yang tadinya selalu bertegur sapa, kini selalu pura-pura tidak lihat jika bertemu. Jika masalah ini dibiarkan berlarut-larut, bukan tidak mungkin jika suatu hari akan timbul perpecahan.

Masalah keberagaman ras juga sering terjadi di Indonesia. Salah satu contohnya adalah tindakan mengejek “ras” dengan teman-teman dekat. Awalnya mungkin ejekan soal ras ini hanya bersifat bercanda, tetapi jika dibiarkan terus menerus, kita jadi terlihat seperti mengkotak-kotakkan antar ras di Indonesia. Padahal, apapun ras dan sukunya, kita tetap merupakan saudara setanah air.
Cara Menjaga Kebersamaan di Tengah Keberagaman
• Toleransi
• Perlakukan Seseorang Seperti Anda Ingin Diperlakukan
• Ingat, Kita Bersaudara
Macam-Macam Keragaman :
• Pluralitas yakni mengandaikan adanya hal-hal yang lebih dari satu.
• Heterogen yakni menunjukan bahwa keberadaan yang lebih dari satu itu berbeda-beda,
bermacam-macam dan bahkan tidak dapat disamakan.
• Multikultural yakni inti dari multikulturalisme ialah kesediaan menerima kelompok lain
secara sama sebagai kesatuan tanpa memperdulikan perbedaan budaya, etnik,
gender, bahasa maupun agama. Multikulturalisme memberikan penegaasan bahwa
dengan segala perbedaaannya itu mereka ialah sama di ruang publik, menekankan
pengakuan dan penghargaan pada perbedaan.
Dari faktor-faktor tersebut sudah jelas bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki banyak sekali keberagaman karena letaknya yang strategis dan kondisi negara kepulauannya. Terdapat ratusan suku dan berbagi macam budaya yang berbeda-beda yang menciptakan keberagaman unik untuk negara Indonesia. Tetapi meski dikaruniai keberagaman yang unik, hal itu juga menjadi alasan terjadinya banyak konflik di berbagai tempat. Cara Menjalin Keberagaman IndonesiaBegitu banyak cara yang bisa digunakan untuk menjalin keberagaman di negara Indonesia. Ini dia caranya:

Saling Menghargai
Hal utama yang paling penting untuk bisa dilakukan yaitu dengan saling menghargai. Dengan saling menghargai, maka akan memberikan manfaat yang baik. Serta, tidak terjadi permasalahan yang memang tidak diperlukan. Tidak ada manfaat dari permasalahan yang terjadi. Sebaliknya, jika saling menghargai satu sama lain maka akan sangat bermanfaat. Cobalah untuk bisa menghargai baik Agama, suku, ras dan golongannya. Jangan jadikan hal tersebut sebagai perbedaan yang mendalam. Justru, sebaiknya bisa digunakan untuk membuktikan bahwa masyarakat Indonesia mencintai keberagaman. Dimanapun anda berada, tetaplah miliki rasa untuk bisa saling menghargai!
Membantu Satu Sama Lain
Sejatinya, manusia merupakan makhluk sosial yang memang membutuhkan satu sama lainnya. Termasuk dalam hal menjalin keberagaman di Indonesia. Dengan membantu satu sama lainnya akan memberikan efek yang sangat besar. Terlebih, sesama masyarakat Indonesia memang seharusnya melakukan hal ini. Seperti saat terdapat musibah maka bisa membantu satu sama lainnya. Bersikaplah baik untuk tetap membantu lainnya. Jangan jadikan perbedaan sebagai alasan untuk tidak membantu. Tetapi, tetap berikan bantuan yang memang bisa bermanfaat untuk digunakan. Hal ini akan membuat pola kehidupan yang lebih baik.

Tidak Saling Menjatuhkan
Sebagaimana mestinya seorang saudara, maka tidak boleh untuk saling menjatuhkan. Terutama, untuk membuat keberagaman di Indonesia tetap berjalan. Di Negara yang lainnya, tentu tidak memiliki keberagaman yang begitu banyak.

Saling Menjalin Kebersamaan
Baik dalam kondisi susah maupun senang, maka bisa untuk tetap menjalin kebersamaan. Jangan biarkan, saudara yang disana sedang susah maka tidak diberikan bantuan yang sesuai. Harus diberikan penanganan yang memang tepat. Padahal, saat ini sudah begitu banyak akses yang bisa dilakukan untuk tetap menjalin kebersamaan.
Sudah seharusnya, sesama masyarakat saling menjalin keberagaman Indonesia. Jangan sampai, keberagaman yang sudah dibangun sejak dahulu menjadi rusak. Mulailah dengan beberapa hal diatas untuk tetap menjaga keberagaman di Indonesia.

BLACK LIVES MATTER
SAY NO TO DISCRIMINATION
END RACISM
TOLERANSI DAN MENGHARGAI RAS SANGATLAH PENTING.

#DictiousIsUs #SpeakingUpWithDictio

12 Likes

TOLERANSI DAN MENGHARGAI RAS SANGATLAH PENTING.
Kita tahu bahwasanya di Indonesia membentang dari Sabang sampai Merauke memiliki beragam suku, lingkungan, golongan, gender, ras, agama, budaya, bahasa, dan adat istiadat. Di antara ribuan pulau tersebut membentang lautan yang mencapai dua per tiga wilayah Indonesia. Maka dari itu Indonesia juga disebut negara bahari. Ini sesuai dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika, yang artinya meskipun berbeda-beda tetap satu jua. Di bandingkan dengan negara lain di dunia keragaman budaya di indonesia sangat bervariasi, unik dan lengkap karena di pengaruhi oleh dengan keadaan alam dengan kondisi geografis, flora dan fauna yang berbeda dengan negara lainnya.