Solusi Permasalahan Aplikasi Antrean Paspor Online


(Fasa Amelia) #1

Dengan diberlakukannya aplikasi antrian paspor online, ternyata tidak semudah yang dibayangkan, karena di lapangan masih banyak yang menghadapi beberapa kendala teknis dalam menggunakan aplikasi antrian paspor online.

Lalu kira-kira apa saja permasalahan yang dihadapi oleh beberapa pemohon yang hendak mengurus paspor atau perpanjangan paspor?

Traveller ada saran solusi? Yuk diskusikan disini!


(ahyarm) #2


Masalah 1 :
Tidak ada Email Verifikasi

Solusi :
Jika sudah melakukan pendaftaran biasanya terdapat sebuah email balasan berupa verifikasi. Namun ternyata beberapa pengguna sepertinya kurang teliti karena biasanya email verifikasi ada yang masuk ke dalam inbox namun ada pula yang masuk ke dalam kotak spam.



Masalah 2 :
Tidak Bisa Mendapatkan Kuota Antrean

Solusi :
Jika tidak bisa mendapatkan kuota antrian pada saat hari biasa, cobalah untuk memeriksa kuota antrian paspor online pada saat akhir pekan. Rajinlah memeriksa kuota antrian mulai hari Jumat pagi sampai dengan Minggu malam. Biasanya kuota antrian akan dibuka pada minggu pertama ataupun minggu kedua, namun itu pun sangat bergantung pada kebijakan kantor imigrasi masing-masing daerah.



Masalah 3 :
Tidak ada Email Balasan setelah Mendapatkan Jadwal

Solusi :
Jika memang tidak mendapatkan email untuk konfirmasi jadwal kedatangan untuk interview permohonan paspor, sebaiknya diperiksa terlebih dahulu melalui aplikasinya. Apakah sudah mendapatkan kode QR Code atau belum?

Cara untuk melihat atau mendapatkan QR Code sebetulnya sangat mudah. Yang perlu kamu lakukan hanya tinggal mengetuk pada kolom jadwal atau menekan kolom jadwal beberapa saat hingga muncul QR Code. Kolom jadwal hanya akan muncul jika sudah dipastikan mendapatkan nomor kuota antrean dari aplikasi antrian paspor online.